Manjakan Mata Anda dengan Wisata Pantai Bantol Malang Selatan

0
124
Wisata Pantai Bantol Malang Selatan

Wisata Pantai Bantol Malang Selatan – Terkenal dengan dataran tinggi dan wisata alam pegunungan yang terbukti menjanjikan, obyek wisata Malang tak hanya sampai disitu. Menelusuri kabupaten malang, tepatnya di selatan pusat Kota malang, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam yang berbeda 3600. Menjelajahi wisatawa Kabupaten Malang, pengunjung akan dihadapkan pilihan pantai-pantai yang rata-rata belum terjamah oleh tangan-tangan jahil manusia, seperti pantai bantol. Pantai ini memiliki akses yang mudah tetapi belum banyak wisatawan yang tahu keberadaanya. Berikut ulasan mengenai pantai bantol.

Wisata Pantai Bantol Malang Selatan

Pantai bantol dikenal seperti sekarang bukanlah secara tiba-tiba. Cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, pantai ini dulu ditemukan pertama kali oleh Bayan Diyat, seorang perantauan yang menemukan tempat ini dengan harta karun yang berlimpah di tahun 1950. Cerita rakyat ini akhirnya menyebar dari mulut kemulut, alhasil pantai ini dikenal sebaga surga buah dan kayu. Berbondong-bondong truk pengangkut mulai wara-wiri, menyebabkan jalanan rusak. Pada tahun 1990, pantai ini mulai digarap serius dibawah Perum Perhutani.

Lokasi pantai bantol berada di Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan donomulyo, Kabupaten Malang. Letaknya memang jauh dari Pusat Kota, kurang lebih enam puluh kilo meter jarak yang ditempuh untuk sampai di pantai ini. Akses menuju pantai bantol terbilang mudah bilai dimulai  dari Kota Malang, cukup mengikuti jalan besar arah pantai ngliyep, sebelum memasuki kawasan pantai ngliyep, anda akan menemukan pertigaan jalan, ambil kalan menuju kanan, sejauh tiga kilometer sampailah di Desa Banjarejo.

Google Maps : https://goo.gl/maps/DemgD5TTziN7rpKr5

Baca juga:

Memasuki jalan desa banjarejo, adventure dimulai. Jalanan yang rusak karena dilewati truk pengangkut, aspal yang berlubang, bahkan bercampur tanah dan bebatuan akan anda lewati sejauh lima kilometer. Untuk mencapai pantai bantol dengan selamat, alangkah baiknya anda menggunakan motor, terkecuali kendaraan yang mengantar anda adalah mobil offroad. Memasuki portal dan tempat parkir, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 5000 sebagai tiket masuk, dan Rp 5000 untuk biaya parkir.

Tips untuk berwisata menyusuri pantai ini yakni bawalah bekal yang cukup selama di area ini. karena setibanya di pantai dan hutan yang mengelilingi, jarang warung yang menjajakan jualannya.

Sesampainya di pantai bantol, pemadangan alami akan langsung menghilangkan letih dan lelah selama perjalanan menuju kemari. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga memudahkan pengunjung untuk berenang. Menyusuri kawasan pantai bantol,  terdapat hutan mangrove yang tidak besar, tetapi layak untuk dijadikan latar foto. Kembali lagi ke kawasan pantai, sejatinya panti ini berada di teluk yang dikelilingi oleh gugusan karang, bila air surut sejauh mata memandang terlihat bongkahan karang yang menghiasi pantai bantol.

Saat air surut, adalah sat yang tepat menikmati sunset yang memantulkan warna jingganya di ari yang jernih dan karang-karang. Tetapi bila pantai sedang pasang, ombak tak kenal ampun menyapu pantai bahkan seakan menenggelamkan gugusan karang.

Pasir pantai yang bercampur kecoklatan, tak menyurutkan pengunjung untuk berlama-lama dipantai yang masih sangat virgin. Di pantai ini juga terdapat danau air payau yang terletak berada di dalam hutan  mangrove. Asal-usul adanya danau di kawasan pantai ini merupakan muara sungai dari hutan jati sekitar pantai. Air danau payau ini aman dikonsumsi, karena sangat bersih dan jernih.

Selain itu, jika anda menyusuri lebih dalam lagi pantai bantol ini, anda akan menemukan Goa batu kapur. Tak heran terdapat goa, karena memang kawasan malang selatan terkenal dengan karst terbaik Pulau Jawa. Tidak hanya sampai disitu untuk pecinta olahraga alam, baik goa batu kapur atau pesanggrahan dijadikan tempat untuk latihan memanjat atau climbing.

Bonus bagi pengunjung yang mengunjungi pantai bantol, hanya dengan berjalan kaki pengunjung juga bisa menikmati pantai kedung celeng dan pantai pulodoro, yang masih dalam satu deret dengan pantai bantol. Kegiatan memancing juga dapat dilakukan di pantai ini, selain bisa juga membeli langsung ikan tangkapan petani, bagi mancing mania bila beruntung akan mendapatkan lobster yang berukuran besar.

Pantai ini memang dikenal degan hasil lobsternya, bila ingin yang praktis, pengunjung dapat membeli lobster berbagai macam jenis, seperti lobster warna, lobster kembang, sampai lobster macam yang terjual dengan kisaran harga mulai Rp 80.000 sampai Rp 100.000 per kilogramnya.

Itulah ulasan mengenai pantai bantol, yang terletak di selatan Kota Malang, Dengan sajian panorama yang berbagai macam tersedia, rasanya pantai ini sayang bila dilewatkan. Selamat mencoba.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here