28 Rekomendasi Wisata Di Madiun dengan Banyak Wisata Alam yang Menakjubkan

0
230
Rekomendasi Wisata Di Madiun dengan Banyak Wisata Alam yang Menakjubkan
credit: @rhevalucky

28 Rekomendasi Wisata Di Madiun – Madiun merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang tidak berbatasan langsung dengan laut, serta menjadi jalur utama Surabaya – Yogyakarta. Kabupaten Madiun berbatasan langsung dengan Kabupaten Nganjuk di sebelah timur, Kabupaten Ponorogo di sebelah selatan, Kabupaten Ngawi di sebelah barat, serta Kabupaten Bojonegoro di bagian utara.

Kabupaten yang terkenal sebagai “Kota Gadis” ini menyimpan berbagai wisata alam yang mengagumkan. Selain itu, kabupaten ini juga menawarkan berbagai fasilitas wahana bermain yang tidak kalah seru dibandingkan kabupaten yang lain. Apa saja tempat wisata di Madiun yang harus kalian kunjungi?

1. Kampung Warna Madiun

29 Rekomendasi Wisata Di Madiun dengan Banyak Wisata Alam yang Menakjubkan

Sakah satu lokasi yang sedang hits di Instagram adalah Kampun Warna, yang berlokasi di Jl. Jatijajar, Gang III, Kelurahan Taman, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Kampung ini merupakan bentuk komitmen masyarakat untuk mengubah pemukiman kumuh menjadi sebuah lokasi pemukiman yang nyaman untuk ditempati.

Google Maps : https://goo.gl/maps/m8e2NQ4X1J2uqMmm6

2. Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo Kare

29 Rekomendasi Wisata Di Madiun dengan Banyak Wisata Alam yang Menakjubkan

Salah satu destinasi wisata Madiun terbaru adalah Hutan Pinus Nongko Ijo Kare, Madiun. Di lokasi yang Instagramable ini, pengunjung dapat menikmati beberapa fasilitas spot foto yang disediakan oleh pengelola, seperti kursi-kursi dari bambu, ayunan, papan kayu berbentuk “love”, dll. Lokasi ini memiliki pemandangan alam yang memesona, pengunjung dapat melihat hamparan pegunungan dan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Selain itu, suasana wisata Madiun hutan pinus ini sangat sejuk dan tenang, sangat cocok untuk dijadikan referensi wisata akhir pekan Anda.

Google Maps : https://goo.gl/maps/ETfCN2bYRkq8rmVR9

Baca juga:

3. Gunung Kendil Madiun

Rekomendasi Wisata Di Madiun dengan Banyak Wisata Alam yang Menakjubkan
credit: @semutliar_yogyakarta

Satu lagi objek wisata yang sedang ramai di Instagram, yaitu Gunung Kendil Madiun. Untuk menuju lokasi ini, wisatawan dapat harus menuju ke Desa Pilang Rejo, Kecamatan Wungu, Madiun. Tempat wisata di Madiun Jatim ini menawarkan pemandangan sunset yang sangat indah. Di sini, kalian dapat berfoto di atas papan kayu sembari menikmati waktu di kala senja.

Google Maps : https://goo.gl/maps/gUdVdhpVzR6daewy9

4. Gunung Wilis

Rekomendasi Wisata Di Madiun dengan Banyak Wisata Alam yang Menakjubkan
credit: @rhevalucky

Bagi kalian para pecinta alam pasti cukup familiar dengan gunung yang satu ini, yaitu Gunung Wilis. Gunung ini tidaklah terlalu tinggi, tetapi memiliki jalur pendakian yang cukup terjal dan menantang. Selama perjalanan, kalian akan disuguhi pemandangan alam yang memesona, barisan bukit-bukit yang berjajar rapi, langit yang bersih, serta pepohonan dan rumput-rumput yang terhampar luas, akan memanjakan mata Anda. Gunung ini memiliki beberapa puncak, dan rute perjalanan yang berbeda-beda. Apabila kalian memiliki kesempatan untuk mendaki gunung ini, jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan dan keasrian lingkungan ya.

Google Maps : https://goo.gl/maps/VCEYYKskVr8Eu4xM9

5. Air Terjun Seweru (Air Terjun Kedung Malam)

29 Rekomendasi Wisata Di Madiun dengan Banyak Wisata Alam yang Menakjubkan
credit: disparpora.madiunkab.go.id

Air terjun ini berlokasi di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun. Air terjun ini berada pada ketinggian 400 mdpl. Air Terjun Seweru menyuguhkan pemandangan alam yang masih sangat asri, airnya bersih, segar, dan dingin. Selain itu, Air terjun ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang terkesan misterius, ala hutan belantara. Untuk menuju objek wisata Madiun ini, kalian harus melalui jalan setapak sejauh 1 km. Meskipun trek yang dilalui cukup terjal, tetapi rasa lelah Anda akan segera terbayar ketika berhadapan dengan air terjun ini. Tertarik untuk menuju ke sana?

Google Maps : https://goo.gl/maps/E8jiW4XGZQEdNJkZ9

6. Air Terjun Krecek Ndenu

29 Rekomendasi Wisata Di Madiun dengan Banyak Wisata Alam yang Menakjubkan

Air Terjun Krecek Ndenu berlokasi di Desa Kepel, Kecamatan Grape, Kabupaten Madiun. Jalan menuju ke tempat wisata di Madiun Jawa Timur ini berjarak 20 km dari pusat Kota Madiun. Air terjun ini memiliki ketinggian aliran air kurang dari 20 meter, serta memiliki air yang lumayan dingin. Di lokasi ini, kalian bisa berdiri di bawah aliran air, sembari merasakan kesegarannya.

Google Maps : https://goo.gl/maps/rebPZUvSyVyyh9QGA

7. Air Terjun Banyu Lawe

Rekomendasi Wisata Di Madiun dengan Banyak Wisata Alam yang Menakjubkan
credit: @kotagadis.id

Air terjun ini juga berada di lereng Gunung Wilis, dan berlokasi di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Madiun. Tempat ini sangat eksotis, aliran air terjun sangat jernih, pepohonan dan rumput-rumput hijau menutupi kokohnya tebing, sehingga memberikan kesan natural. Wisata alam di Madiun ini cocok bagi kalian yang berusaha “mengasingkan” diri hiruk pikuk kota, karena lokasinya agak tersembunyi, serta memiliki nuansa tenang.

Google Maps : https://goo.gl/maps/zGMKgfXExXqSXABp9

8. Air Terjun Kucur

Tempat wisata di Madiun yang wajib dikunjungi ini berlokasi di Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Madiun. Air terjun ini cukup unik, karena memiliki 4 tingkatan aliran air, dengan ketinggian aliran utamanya sekitar 15 –  20 meter, dan sisanya hanya sekitar 2 – 3 meter saja. Perlu diketahui, air terjun ini sengaja di buat untuk mengatasi kekeringan desa-desa di sekitarnya.

Google Maps

9. Wisata Alam Grape

credit: @hardiansyah_iftiawan

Wisata Grape Madiun ini berlokasi di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Madiun. Wisata ini memiliki beberapa wahana, di antaranya bumi perkemahan, trek hiking, lokasi bersepeda dan spot panjat tebing. Selain itu, nuansa pedesaan yang ramah dan asri membuat objek wisata ini layak dikunjungi oleh kalian dan keluarga.

Google Maps : https://goo.gl/maps/ygudE2UmFjksJmFE7

10. Waduk Bening Widas

credit: @tanfamatesar

Waduk Bening Widas berlokasi di Dusun Petung, Desa Pajajaran, Kecamatan Sadaran, Madiun, atau berjarak 40 km dari pusat Kota Madiun. Waduk ini memiliki air yang jernih, serta disediakan beberapa fasilitas pendukung, di antaranya spot memancing, penginapan dan hotel, dan taman bermain. Objek wisata di Madiun ini memiliki nuansa yang asri, sejuk, dan ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Google Maps : https://goo.gl/maps/L3ycpN6ivFZybZ1o7

11. Waduk Kedung Brubus

credit: @al_tour_and_travel

Waduk Kedung Brubus berlokasi merupakan sebuah bendungan yang berfungsi sebagai sumber irigasi penduduk. Selain memiliki fungsi bidang pertanian, bendungan ini juga mulai difungsikan sebagai objek wisata Madiun. Waduk yang baru dibangun pada tahun 2008 ini juga menjadi batas alam antara Kabupaten Madiun dengan Kabupaten Bojonegoro. Waduk ini juga menjadi salah satu tujuan para pemancing dari berbagai daerah, karena terkenal memiliki ikan yang banyak. Waduk ini terletak di Kecamatan Pilangkenceng.

Google Maps : https://goo.gl/maps/Y9vJmtkCU5rZG69cA

12. Taman Rekreasi Wisata Umbul

taman rekreasi umbul
credit: @yuliaam_

Tempat wisata Umbul Madiun merupakan lokasi wisata peninggalan Belanda yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga tetap menjadi primadona masyarakat Madiun. Wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan, di antaranya roller coaster, kincir angin, biang lala, kora – kora, dll. Selain itu, tempat wisata di Madiun ini menyediakan berbagai fasilitas pendukung, di antaranya warung makan, kolam renang, sumber mata air belerang, serta kebun binatang mini. Lokasi wisata ini cukup unik, karena terletak di antara dua ajurang, sehingga panorama alamnya sangat mengagumkan. Taman Rekreasi Wisata Umbul berjarak 20 km dari pusat Kota Madiun, tepatnya berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Madiun. Tertarik untuk mengunjungi taman rekreasi ini?

Google Maps : https://goo.gl/maps/4sx65fNT6Ksyt5ec7

13. Dumilah Water Park

credit: @madiun.id

Wisata yang menawarkan keseruan bermain air ini bernama Dumilah Waterpark. Wisata Madiun dekat stasiun ini cukup mudah diakses karena berada di pusat Kota Madiun. Wisata ini memiliki beberapa wahana permainan air, di antaranya GameZone, Water Zone, Pujasera, dll. Selain itu, wisata ini juga memiki fasilitas pemancingan yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Wisata Madiun kota ini berlokasi di Jl. Slamet Riyadi No. 99, Klengen, Kota Madiun.

Google Maps : https://goo.gl/maps/qAYMS8vz9ZzbNKBv7

14. Sun City Theme Park Madiun

credit: @madiun.id

Wisata Madiun Baru ini berlokasi di Jl. S. Parman No., 8, Madiun. Di lokasi ini, pengunjung dapat merasakan sensasi permainan air yang sangat menyenangkan. Guyuran ember raksasa merupakan salah satu wahan yang menjadi favorit para pengunjung. Wisata ini masuk dalam kawasan Sun City Mall, yang menjadi pusat perbelanjaan masyarakat Madiun. Taman wisata keluarga ini layak dijadikan referensi liburan Anda ketika sedang berada di Madiun.

Google Maps : https://goo.gl/maps/Su93tn3TCiaQPyL16

15. Taman Wisata Tirtonirmolo Waterpark

credit: @waterparkgaluhtirtonirmolo

Satu lagi wahana air di Madiun yang layak menjadi referensi Anda untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, yaitu Taman Wisata Tirtonirmolo Waterpark. Lokasi wisata ini juga dilengkapi oleh beberapa wahana permainan, di antaranya kolam seluncur air (watersliding), kolam anak, kolam laba – laba, taman air, ember tumpah, dll. Lokasi wisata ini berada di Jl. Raya Ngawi – Madiun KM 7.

Google Maps : https://goo.gl/maps/i8WBPLYGFBk1XvUb8

16. Industri Brem

credit: @cemmilan_berkualitas

Salah satu wisata kuliner di Madiun adalah Brem. Brem merupakan makanan yang terbuat dari ketan hitam yang difermentasikan, kemudian sarinya akan diendapkan beberapa waktu. Brem ini memiliki tekstur yang lembut, serta dapat diolah menjadi minuman atau cemilan. Makanan ini sangat direkomendasikan kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Madiun.

Google Maps

17. Bumi Perkemahan Kare Kandangan

credit: @alfianfauzan

Salah satu wisata Madiun Jawa Timur yang masih tergolong baru ini menawarkan pemandangan alam yang sangat memukau. Pengunjung dapat melihat hamparan perbukitan yang biasanya ditutupi oleh awan tipis, sehingga memberikan kesan tersendiri eksotis. Lokasi wisata ini berada di Ds. Kandangan, Kare, Madiun, Jawa Timur. Bumi Perkemahan ini sangat cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki jiwa petualang.

Google Maps : https://goo.gl/maps/eBfrhh8xoC5cu839A

18. Wisata Kelen

credit: @tonykust

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Lokasi wisata terbaru di Madiun ini menawarkan pemandangan alam yang indah. Selain itu, kita dapat bersantai di sebuah spot foto bambu yang sangat instagramable.

Google Maps : https://goo.gl/maps/WrEP87Z8UG5m45r16

19. Wisata Alam Pesanggrahan

credit: @ayodolan

Wisata alam Madiun yang menawarkan pemandangan alam dari ketinggian. Kalian dapat berdiri di sebuah papan kayu untuk berpose berdua bersama pasangan a la film Titanic. Wisata ini di Desa Segulung, Dagangan, Kabupaten Madiun.

Google Maps : https://goo.gl/maps/jKoNjKhtMhzKB5iT8

20. Alun-alun Kota Madiun

credit: @carubanid

Wisata Kota Madiun ini tergolong familiar dan selalu ramai pada akhir pekan. Di Alun-alun Madiun, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas, di antaranya tempat duduk, joging trek, taman bermain, dll. Apabila kalian lapar, jangan lupa untuk mencicipi wisata kuliner Madiun yang dijual di Alun-alun Madiun, di antaranya Gado-gado, Nasi Pecel, dll. Lokasi ini berada di Jl. Merbabu, Mangu Harjo, Kota Madiun, atau bersebelahan dengan Masjid Agung Baitul Hakim.

Google Maps : https://goo.gl/maps/utuaEJFHdbEHMe7o8

21. Masjid Agung Baitul Hakim

Masjid ini berlokasi di sebelah barat alun-alun Madiun. Masjid Agung Baitul Hakim memiliki bangunan yang unik, yaitu memiliki 12 buah pilar penyangga yang posisinya miring. Selain itu, masjid ini juga berhasil memadukan arsitektur Jawa, Arab, dan Eropa.

22. Masjid Kuno Kuncen

Masjid Kuno Kuncen berlokasi di Jl. Masjid Raya, Desa Kuncen, Madiun.

23. Masjid Kuno Sewulan

Masjid ini berlokasi di Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Madiun.

24. Taman Kota Caruban

Wisata Kota Madiun ini merupakan sebuah taman yang didesain sebagai ruang terbuka hijau. Taman Kota Caruban ini berlokasi di Jl. Anggur, Purwosari, Wonoasri, Madiun.

25. Taman Bantaran Kali Madiun

Taman Bantaran Kali Madiun berlokasi di Desa Manguharjo, Madiun. Taman ini cukup populer di kalangan anak muda karena cukup nyaman untuk dijadikan lokasi nongkrong, sembari berbincang hangat. Perlu diketahui, Tama Bantaran Kali Madiun merupakan sebuah taman yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Madiun.

26. Taman Demangan

Taman Demangan berlokasi di  Desa Demangan, Madiun.

27. Kali Krangkeng Madiun

28. Telaga Sarangan

Salah satu tempat wisata Madiun dan sekitarnya adalah Telaga Sarangan. Untuk menuju ke Telaga Sarangan, wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh satu jam dari Pusat Kota Madiun. Suasana tempat wisata ini masih sangat asri, danaunya luas, dan memiliki air yang bersih.

Selain itu, udaranya juga cukup segar karena berada di Kaki Gunung Lawu. Selain suasana alam yang mendukung, kalian juga dapat menikmati speedboat. Hanya dengan harga sekitar 60 ribu rupiah, kalian dapat dengan puas menyusuri Telaga Sarangan. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke wisata Sarangan Madiun, dimohon untuk selalu menjaga kebersihan danau ya guys.

Bagaimana guys tempat wisata di Madiun yang sudah kami sajikan, sudah cukup lengkap bukan? Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan, serta menjaga kebersihan dan keasrian alam Madiun yaaa… Oh iya, jangan lupa juga untuk mengunjungi lokasi wisata Indonesia lainnya, beberapa di antaranya tempat wisata Magelang, tempat wisata Nganjuk, dan tempat wisata Ponorogo.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here