WhatsApp Tidak Bisa Simpan Foto atau Video di iPhone? Begini Cara Mengatasinya

0
118

WhatsApp Tidak Bisa Simpan Foto atau Video? Begini Cara Mengatasinya – Pada umumnya ketika menggunakan aplikasi media sosial favorit kita yakni WhatsApp, secara otomatis pesan yang masuk berupa foto atau video akan tersimpan di galeri foto atau camera roll iPhone kamu. Tentu fitur ini sangat menyenangkan bagi kebanyakan orang karena hal ini lebih menghemat waktu dibandingkan jika kamu harus mengunduh foto atau video yang ada satu persatu.

Namun ada kalanya pada iPhone yang kamu miliki, foto dan video yang ada di Chat WhatsApp tidak tersimpan. Jika kamu mengalaminya saat ini dan saya yakin sekali faktor inilah yang mendorong anda untuk membaca artikel sederhana ini. Tidak perlu khawatir dengan permasalahan yang ada karena cara atau langkah-langkah yang dikemukakan akan sangat sederhana namun akan mendetail sehingga ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Sebelumnya kita telah membahas :

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Simpan Foto di Galeri Foto iPhone

Berikut solusi pertama dengan mengaktifkan opsi Save to Camera Roll yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi :

Pertama, buka aplikasi WhatsApp yang ada di iPhone kamu.

Kedua, buka menu ‘Settings’ yang ada di pojok kanan bawah.

Ketiga, ketuk pilihan ‘Chats’ yang ada dibawah pilihan ‘Account’.

Keempat, hidupkan atau aktifkan pilihan ‘Save to Camera Roll’.

WhatsApp Tidak Bisa Simpan Foto atau Video di iPhone? Begini Cara Mengatasinya

Sekarang kamu dapat meminta lawan chat kamu untuk mengirimkan media berupa gambar atau video ke WhatsApp kamu. Jika cara diatas belum menyelesaikan masalah yang ada, maka silakan coba solusi kedua yang ada dibawah ini.

Berikut solusi kedua dengan mengubah pengaturan photo privacy yang ada di iPhone karena besar kemungkinan kamu secara tidak sengaja menonaktifkan pengaturan privasi yang ada sehingga foto dan video yang ada di WhatsApp tidak tersimpan secara otomatis :

Pertama, buka menu ‘Settings’ di laman Home iPhone kamu.

Kedua, scroll kebawah hingga kamu menemukan pilihan Privacy dan ketuk menu tersebut.

Ketiga, ketuk pilihan ‘Photos’.

Keempat, scroll kebawah dan ketuk pilihan aplikasi WhatsApp.

Kelima, pada layar berikutnya kamu akan diberi dua pilihan dari bagian ‘Allow Photo Access’. Pilih ‘Read and Write.

WhatsApp Tidak Bisa Simpan Foto atau Video di iPhone? Begini Cara Mengatasinya

Ketika kamu sudah mengikuti langkah-langkah diatas, silakan kamu close atau force close aplikasi WhatsApp di iPhone kamu. Lalu selamat! kamu telah berhasil menyimpan foto atau video yang kamu terima lewat pesan dari lawan chat-mu.

Jika kamu masih mengalami kendala, kamu bisa backup terlebih dahulu chat-chat yang ada di WhatsApp lalu menghapus aplikasinya. Kemudian kamu bisa mengunduh WhatsApp di App Store dan menginstall-nya kembali. Ketika kamu membuka WhatsApp, kamu akan diberikan pilihan untuk mengizinkan akses, maka kamu ketuk tombol ‘Allow’.

Begitulah tadi Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Simpan Foto di Galeri Foto iPhone. Semoga bermanfaat dan silakan untuk share artikel ini ke kerabat dan keluarga kamu agar mereka juga bisa mengetahui cara memecahkan masalah ini. Selamat mencoba dan terima kasih. Artikel ini terinspirasi dari tulisan yang ada di ioshacker.com.

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here