Waralaba DOKAR (Donat Bakar), Potensi dan Peluang Usaha Menjanjikan di Indonesia

0
498
waralaba dokar

Waralaba DOKAR – Pertama kali mendengar istilah dokar, mungkin yang terbesit dalam pikiran kebanyakan orang adalah sebuah moda transportasi tradisonal yang menggunakan hewan berupa kuda sebagai tenaga penggeraknya. Namun Lain hal nya dengan yang satu ini, dengan kreatifitas, inovasi dan sedikit sentuhan tangan dingin iwan abu shalih, pria asal Surakarta jawa tengah ini istilah dokar dipakai menjadi sebuah hal menarik yang bisa membuat setiap orang yang mendengar menjadi penasaran dan ingin mendatanginya. Iwan abu shalih menggunakan istilah dokar untuk menjajakan donat bakar hasil buatannya.

Ada hal yang berbeda dari donat ini dengan donat-donat biasanya. Pasalnya dalam proses penyajian, donat ini tidak digoreng akan tetapi dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan dan dikonsumsi oleh pelanggan. Unik bukan, donat ini juga diklaim lebih sehat karena tidak menggunakan begitu banyak minyak yang berpotensi menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh manusia ketika dikosumsi tidak sesuai aturan.

Sebelum berkembang hingga sekarang, iwan memang sudah mengeluti usaha donat dari tahun 2003. Semakin berjalannya waktu usaha iwan ini mengalami perkembangan yang pesat hingga puncaknya pada tahun 2008 iwan menemukan inovasi donat bakar dan memutuskan untuk menjadikan usahanya ini menjadi sistem waralaba agar bisa berkembang lebih besar lagi.

Tidak hanya anak-anak, donat bakar buatan iwan ini juga diminati hampir seluruh kalangan masyarakat di indonesia. Untuk memanjakan setiap pelanggan yang menikmatinya, donat bakar ini memiliki berbagai varian rasa. Ada sekitar 42 varian rasa yang diantaranya yakni sweety, jagung bakar, balado, sapi panggang, chocolatos, cappuccino, tinamizu, straw glaze, green tea, milky, durian, vanilla, strawberry, blueberry, lemonade, apple, caramel, coffee, choco rice pinky, pelangi, co straw, co blue, choco duri, double berry, co chip, berry chip, co kiss, co crunc, mimi lolo, milky ball, lemon ball, pinky ball, co cang, tea nut, co reo, berry reo, bon bon, cap keju, co keju, tiramond, burger, sosis, dan comond. Menurut iwan, kedepannya DOKAR atau donat bakar akan terus berinovasi dengan menambah varian rasa agar semakin menarik dan banyak peminatnya.

Yuk baca juga:

Untuk memperluas pasar DOKAR (donat bakar) miliknya, iwan abu shalih juga sudah dan membuka sistem waralaba untuk Franchise Dokar (donat bakar). Untuk menarik minat Franchise Dokar (donat bakar) ini, iwan menawarkan beberapa keuntungan dan potensi yang bisa didapat oleh Franchise nantinya, diantaranya yakni

Kelebihan waralaba, waralaba ini menawarkan produk yang unik dimana sebelum disajikan donat ini dibakar terlebih dahulu sehingga pelanggan bisa menikmati kelembutan dan kehanggatan donat, selanjutnya donat bakar ini juga dilengkapi dengan berbagai varian rasa yang mampu menarik perhatian banyak pelanggan. Tidak hanya itu, untuk satu buah donat bakar ini iwan juga memberi harga yang cukup terjangau yakni sekitar Rp.3000 – Rp.4000 saja.

Waralaba ini mudah dikelola karena tidak memerlukan keahlian khusus untuk bisa membuat donat bakar, karena nantinya para franchise akan diberikan pelatihan mengenai cara membuat donat bakar sesuai standard miliknya. Dengan waralaba ini, anda bisa menghemat biaya promosi karena waralaba ini didukung oleh sistem iklan bersama milik franchisor. Selanjutnya untuk mengantisipasi donat yang terbuang karena rusak atau tidak terjual, DOKAR (donat bakar) punya solusinya yakni dengan cara pemberian toping diakhir waktu ada pemesanan saja sehingga donat yang belum terjual bisa diawetkan dalam lemari pendingin agar bisa dijual lagi.

Waralaba ini juga memiliki pasar penjualan yang begitu luas dan diprediksi akan terus berkembang, hal ini membuat para franchise Dokar (donat bakar) tidak terlalu kesulitan dalam menjajakan donat bakar. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, waralaba DOKAR (donat bakar) ini memiliki potensi menjadi waralaba terbaik di Indonesia.

Untuk segmentasi pasar donat bakar ini, potensial dijajakan di area sekolah, pasar, rumah sakit, kantin, mini market, pusat perbelanjaan, children games area, dan tempat-tempat hiburan. Untuk bisa jadi Franchise Dokar (donat bakar), iwan menawarkan paket usaha dengan harga yang relatif murah yakni sebesar Rp. 7.500.000 saja.

Dengan paket usaha ini, Franchise Dokar (donat bakar) akan mendapat fasilitas berupa booth DOKAR, X-banner menu, lampu penerang, grill pan (wajan bakar), kompor gas 1 tungku, selang dan regulator, tabung gas 3 kg, saringan, parutan keju, 20 box sealware, 10 botol saos, daftar menu, 2 seragam DOKAR, pisau, 2 capitan, 2 lap kain, 100 kemasan Dokar, dan bahan training. Dengan segmentasi pasar yang cukup besar, waralaba Dokar (donat bakar) sangat cocok bagi anda pengusaha pemula.

Untuk syarat menjadi Franchise, DOKAR (Donat bakar) memberikan beberapa regulasi agar dalam menjalin kerja sama tidak ada yang merasa dirugikan. Untuk bisa menjadi franchise DOKAR (donat bakar), syaratnya tidak begitu susah. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi franchise Dokar (donat bakar) yakni diantaranya berjiwa pengusaha, bersedia kerja keras, memiliki komitmen untuk mematuhi standarisasi bisnis donat bakar, memiliki komitmen untuk turut serta mengembangkan brand/merek DOKAR, memiliki komitmen untuk membeli bahan baku dari DOKAR, bersedia investasi dan jujur.

Analisa biaya, untuk bahan tambahan referensi bagi para calon Franchise Dokar (donat bakar). Berikut coba kami gambarkan secara garis besar mengenai analisa biaya dan kemungkinan balik modal ketika anda bergabung di usaha waralaba DOKAR (donat bakar) ini,

Jika diasumsikan perhari donat mampu terjual 100 buah,

Jenis DonatQTY@ HargaJumlah Omzet
Donat 300050Rp. 3.000,-Rp. 150.000,-
Donat 400050Rp. 4.000,-Rp. 200.000,-
Total Rp. 350.000,-

 

Jika dengan harga pokok buat produksi donat

Bahan QTY@ HargaJumlah
Donat100Rp. 1.000,-Rp. 100.000,-
Toping100Rp. 550,-Rp. 55.000,-
kemasan100Rp. 500,-Rp. 50.000,-
Lain-lain100Rp. 200,-Rp. 20.000,-
TotalRp. 225.000,-

 

Penghasilan

Keuntungan perhari = Jumlah omzet – harga bahan produksi

= (Rp. 350.000,-) – (Rp. 225.000,-)

= Rp. 125.000,-

Keuntungan perbulan = Keuntungan perhari x 30 hari

= (Rp. 125.000,-) x (30)

= Rp. 3. 750.000,-

Kalkulasi balik modal = modal awal / keuntungan per bulan

= (Rp. 7. 500.000,-) / (Rp. 3. 750.000,-)

= ± 2 bulan

Dari gambaran diatas mengenai analisa biaya franchise Dokar (donat bakar), waralaba DOKAR (donat bakar) ini bisa dijadikan pilihan untuk berinvestasi mengingat waralaba ini juga sudah punya brand yang cukup besar dan kedepannya juga berpotensi menjadi waralaba dengan potensi keuntungan terbesar di indonesai.

Nah, ulasan diatas adalah sedikit gambaran mengenai waralaba DOKAR (donat bakar). Jika anda tertarik untuk menjadi franchise DOKAR (donat bakar), anda bisa menghubungi bapak iwan abu shalih (081.337.829.120 / 081.555.09109) selaku pemilik atau juga bisa langsung datang ke gerai yang berada di Jl. Fajar Indah Utama, Ruko No.6-7 Perum Fajar Indah Jajar, Laweyan, Surakarta-Jawa Tengah. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Anda bisa share artikel ini melalui tombol share social media yang tersedia dibawah. Saya juga menunggu ide-ide franchise yang anda ketahui untuk dapat saya tambahkan pada artikel berikutnya. Sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here