Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Toko Mainan Anak Agar Tidak Salah Langkah

0
238
Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Toko Mainan Anak

Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Toko Mainan Anak – Peluang bisnis rumahan toko mainan anak-anak menjadi salah satu peluang bisnis dengan modal kecil yang menjanjikan. Setiap anak sifat dasarnya adalah selalu ingin bermain, sedangkan orang tua pasti ingin memberikan mainan yang bagus buat anaknya. Mainan anak merupakan salah satu alat bantu bagi pertumbuhan anak. Bahkan, permainan yang bagus bisa mendorong perkembangan aspek kognitif pada anak.

Mainan anak terus berkembang dari waktu ke waktu. Sekarang pun juga banyak tersedia permainan secara online atau game yang bisa di install di handphone. Akan tetapi, mainan anak yang nyata (bukan game) tidak pernah surut permintaannya.

Harga dan bentuk mainan yang tersedia pun juga semakin bermacam-macam model. Hal ini membuktikan bahwa usaha toko mainan anak masih terus berkembang dan diminati. Bahkan bisa dibilang, bisnis rumahan usaha toko mainan anak ini tidak akan sepi selama masih ada anak-anak karena mainan adalah suatu hal yang menarik buat mereka.

Sebelumnya kita telah membahas :

Berikut Ini Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Toko Mainan Anak, Simak Terus Ulasannya.

Sebelum kita memulai usaha toko mainan anak, ada ha-hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Berikut ini diantaranya :

•    Cari informasi mengenai berbagai jenis permainan anak-anak yang mendidik dan menarik. Banyak buku yang menyediakan informasi ini, kita juga bisa mencarinya dengan browsing dari internet.

•    Survey tempat-tempat distributor mainan anak-anak yang besar. Hal ini nanti akan sangat berpengaruh dalam persaingan harga mainan anak. Cari beberapa alternatif distributor untuk membuat perbandingan harga yang paling murah.

•    Survey jenis mainan dan setting dekorai ruangan dari toko mainan anak pesaing kita. Ambil sesuatu yang bagus alalu terapkan dengan sedikit modifikasi ke dalam toko mainan anak kita.

Baca Juga:  Jangan Sampai Salah Kira, Amortisasi Adalah Hal Yang Biasa

•    Persiapkan strategi bisnisnya.

Analisa Bauran Pemasaran (4p) Dalam Bisnis Rumahan Usaha Toko Mainan

Analisa bauran pemasaran atau 4P ini akan kita gunakan untuk melihat gambaran umum usaha toko mainan anak. Berikut ini pembahasannya :

•    Product (produk)

Produk dalam bisnis rumahan ini adalah berbagai macam variasi dan model mainan anak-anak. Dari berbagai jenis permainan anak ini kita harus selektif dalam memilih mana yang akan kita jual di toko mainan anak kita. pilih mainan anak yang edukatif atau mendidik dan menarik. Kita juga bisa membuat daftar kategori produk mainan kita berdasarkan jenis kelamin anak (mainan untuk laki-laki dan mainan khusus perempuan). Lebih bagus lagi bila kita bisa memilah kategori mainan sesuai dengan fungsinya. Misalnya jenis mainan yang membantu motorik kasar anak, jenis mainan yang membantu mengenal warna, huruf, binatang dan lain sebagainya. Dengan melakukan pemilihan produk mainan ini akan mempermudah orang tua anak untuk menentukan mainan yang cocok bagi perkembangan buah hatinya.

•    Place (lokasi)

Lokasi yang bagus untuk membuka bisnis bisnis rumahan usaha toko mainan anak ini adalah lokasi yang ramai dilewati orang, komplek perumahan dan pasar. Pastikan posisi lokasi usaha toko mainan anak kita mudah terlihat orang. Dekorasikan toko mainan anak dengan baik, jangan terlihat amburadul. Pastikan toko mainan anak kita nyaman untuk berbelanja. Jangan lupa untuk selalu membersihkan mainan agar tidak terlihat kotor. Karena target pasar usaha ini adalah anak-anak dan orang tuanya, menjaga kebersihan produk sangat disarankan agar mainan selalu terlihat bagus dan menarik di mata si anak.

•    Promotion (promosi)

Berbagai promosi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan toko mainan anak ini di antaranya:

  • Membuat banner usaha di depan toko kita. usahakan banner yang kita pakai terlihat jelas dan memakai nama usaha yang unik dan menarik. Misalnya toko grosir mainan anak pelangi, toko mainan anak edukatif pak ogah dan lain sebagainya.
  • Untuk awal-awal usaha, sebarkan brosur di perumahan sekitar lokasi usaha toko mainan anak kita. Berikan denah lokasi toko dan keunggulan-keunggulan toko mainan anak kita dibanding yang lain di dalam brosur kita.
  • Bila memungkinkan, jadilah sponsor di acara-acara tertentu yang diadakan warga sekitar. Misalnya saat perayaan hari kemerdekaan dan lain sebagainya. Pastikan acara tersebut akan banyak di hadiri oleh anak-anak dan orang tuanya.
  • Lalukan promosi melalui internet apabila kita juga menjual produk dengan online. Buatlah akun-akun media sosial yang ada dan juga website agar terlihat lebih profesional. Untuk memulai kamu bisa membuat akun marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dll.
Baca Juga:  Peluang Bisnis Bakso Celup, Modal Kecil Kerjaanya Juga Gak Ribet

•    Price (harga)

Harga yang akan kita tentukan untuk toko mainan anak-anak kita sangat berpengaruh terhadap penjualan. Pastikan berbagai jenis mainan anak kita harganya bisa menjangkau semua kalangan masyarakat. Hal ini karena orang tua biasanya membatasi jatah belanja untuk mainan anak, karena itu faktor harga akan menjadi hal yang sensitif. Memperoleh distributor mainan anak yang murah untuk kulakan menjadi hal yang sangat penting.

Sedangkan untuk modal usaha rumahan untuk toko mainan anak bisa dimulai dengan modal kecil. Berikut ini adalah contoh analisa modal usaha dan laba yang bisa diperoleh dari bisnis rumahan toko mainan anak:

1. Modal awal

Peralatan :

Etalase atau pajangan                            2.000.000

Rak lemari                                             2.500.000

Stok mainan anak-anak                         6.000.000

Jumlah                                                 10.500.000

Peralatan toko mainan anak akan mengalami penyusutan (depresiasi) selama 4 tahun dengan nilai residu (sisa) sebesar 1.000.000 dengan menggunakan penyusutan metode garis lurus. Jadi biaya penyusutan pertahun 10.500.000 – 1.00.000 dibagi dalam 4 tahun menjadi 2.375.000/ tahun atau sama dengan 197.196/ bulan.

Perlengkapan :

Plastik pembungkus dan lain-lain                   300.000

Jumlah                                                            300.000

2. Perhitungan laba rugi dalam satu bulan

Pendapatan 175.000 x 30 hari = 5.250.000

Biaya-biaya :

Biaya Sewa tempat                                 500.000

Biaya Listrik dan telepon                       300.000

Biaya upah karyawan                             700.000

Biaya HPP barang dagangan              1.000.000

Biaya Transportasi                                 300.000

Biaya Perlengkapan                               300.000

Biaya Penyusutan peralatan                   197.196

Jumlah biaya                                       3.297.196

Laba bersih                                         1.952.804

Asumsi: Apabila ada perubahan harga pokok produk atau yang lainnya, silahkan disesuaikan dengan kondisi yang terbaru. Harga produk mainan anak juga disesuaikan kembali untuk pendapatkan laba yang diinginkan.

Analisa Swot Bisnis Rumahan Usaha Toko Mainan

Faktor Internal – Strenght (Kekuatan) & Weakness (Kelemahan)

  • Lokasi usaha yang nyaman dan strategis
  • Jenis mainan anak yang edukatif
  • Pelayanan yang ramah
  • Usaha yang belum dikenal

Faktor Eksternal – Opportunity (Peluang) & Treatment (Ancaman)

  • Mainan anak-anak selalu dibutuhkan
  • Harga beli dan harga jual yang tidak stabil saat terjadi krisis
  • Pembatasan uang belanja mainan anak oleh orang tua
Baca Juga:  10 Tips Memulai Bisnis Ayam Geprek dengan Modal Minim

Strategi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Untuk Usaha Toko Mainan

Berdasarkan analisa SWOT di atas, ada beberapa strategi bisnis yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan bisnis rumahan usaha toko mainan anak ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

•    Dekorasi toko mainan anak kita agar menarik dan sesuai dengan dunia anak. Cat tembok dengan gambar-gambar kartun atau hewan-hewan supaya anak-anak menjadi betah. Lebih bagus lagi apabila bisa menata produk kita sesuai dengan kategori sehingga orang tua anak tidak kesulitan dalam mencari jenis permainan yang dibutuhkan untuk anaknya.

•    Selalu update jenis mainan anak dengan mainan terbaru dan populer. Semakin terbaru mainan anak yang ada di dalam toko kita, maka semakin bagus. Toko mainan kita bisa menjadi rujukan bagi orang tua untuk membeli mainan atau juga untuk mencari kado/hadiah.

•    Apabila memungkinkan, buatlah lomba-lomba edukatif untuk anak dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di sekitar lokasi usaha. Lebih baik lagi apabila alat perlombaan memakai jenis permainan dari toko mainan anak kita. Hal ini bisa menjadi cara promosi yang efektif karena anak akan merasakan pengalaman langsung produk dari toko mainan anak kita. Kegiatan lomba anak ini juga menjadi sarana positioning toko mainan anak kita, bahwa toko mainan kita menyediakan mainan-mainan yang edukatif dan berguna bagi perkembangan anak.

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Toko Mainan Anak menjadi salah satu usaha dengan modal kecil tapi cukup menjanjikan. Kuncinya adalah harga yang kita tawarkan bisa terjangkau oleh semua kalangan dan jenis mainan yang kita jual selalu update yang terbaru. Bila dijalankan dengan serius, bukan tidak mungkin toko mainan anak kita akan berkembang menjadi distributor mainan anak terbaru. Demikian ulasan bisnis rumahan toko mainan anak, semoga bermanfaat bagi pembaca. Salam sukses!

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here