Analisa Peluang Usaha Rumahan Bisnis Donat yang Menggiurkan

0
256
Analisa Peluang Usaha Rumahan Bisnis Donat yang Menggiurkan

Analisa Peluang Usaha Rumahan Bisnis Donat – Pada artikel ini kita akan membahas mengenai usaha rumahan bisnis donat dengan modal yang kecil. Donat adalah salah satu jenis makanan yang banyak digemari di indonesia Makanan ini bisa kita temui dengan mudah di berbagai tempat, termasuk di warung-warung sekalipun. Donat bisa dijadikan pengganjal perut karena sifatnya yang mengenyangkan, atau bisa juga dinikmati sebagai menu camilan saat kumpul-kumpul bersama. Hampir semua kalangan menyukai kue yang tengahnya berlubang ini.

Mendapatkan donat tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Harganya yang relatif murah dan terjangkau membuat makanan ini menjadi salah satu makanan favorit. Banyak pengusaha memilih untuk mengembangkan bisnis donat, karenanya donat saat ini menjadi variatif dan mempunyai aneka rasa. Alih-alih mengunakan tepung sebagai bahan dasarnya , ada juga donat yang berasal dari bahan dasar ketela.

Sebelumnya kita telah membahas :

Bisnis donat pun ada yang berkembang menjadi besar dengan gerai yang tersebar di mall kota-kota besar, yaitu dunkin donut dan J-co. hal ini membuktikan bahwa donat juga mempunyai peluang untuk berkembang dan menjadi sangat menguntungkan.

Berikut ini Analisa Peluang Usaha Rumahan Bisnis Donat, simak terus ya..

Sebelum kita memulai bisnis donat, ada ha-hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Diantaranya sebagai berikut :

  • Putuskan model bisnis donat kita apakah hanya memproduksi donat atau sekaligus menjadi penjual dan mendistribusikan ke warung dan toko-toko.
  • Cari informasi tempat yang menjual bahan baku untuk membuat donat. Cari beberapa alternatif tempat untuk cadangan bila tempat langganan kita kehabisan stok bahan baku.
  • Cari informasi mengenai cari pembuatan donat yang enak dengan rasa yang unik. Cobalah untuk membuat berbagai varian rasa donat. Perhatikan juga berapa lama donat kita bisa bertahan atau masa kadaluarsanya.
  • Cari tahu bagaimana perijinan untuk mendirikan usaha makanan, termasuk dari badan BPOM dan juga dinkes.
  • Rencanakan strategi pemasarannya.
Baca Juga:  Jangan Sampai Salah Kira, Amortisasi Adalah Hal Yang Biasa

Analisa Bauran Pemasaran (4p) Usaha Rumahan Bisnis Donat

Analisa bauran pemasaran atau yang biasa disebut dengan 4P akan kita gunakan untuk melihat gambaran umum bisnis donat ini. Mari kita bahas bersama-sama :

•    Product (produk)

Produk dalam bisnis rumahan kali ini adalah kue donat. Kita bisa membuat kue donat kita lain daripada yang lain dengan membuat diferensiasi dari varian rasa atau bahan baku pembuatan. Apabila mampu, kita bisa mengkreasikan donat selain dari bahan tepung. Beberapa pengusaha bisa membuat donat dari bahan ketela. Hal ini bisa kita tiru dan kembangkan sendiri. Bisa juga kita membuat donat dengan bahan tepung seperti yang lainnya, tapi kita buat ciri khas tersendiri. Misalnya donat yang lebih empuk, atau lebih mengembang dengan variasi toping kacang mede, cokelat vanila, strowberry, campuran keju dan cokelat dan yang lainnya. Pintar-pintarlah dalam membuat ciri khas donat yang kita miliki agar bisa bersaing dengan makanan yang lain.

•    Place (lokasi)

Kita bisa memakai rumah kita sendiri untuk dijadikan lokasi usaha bisnis donat kita. Apalagi kalau lokasi rumah kita dekat dengan area kampus atau kos-kos-an mahasiswa, hal itu akan lebih menguntungkan. Jadikan mahasiswa sebagai target market kita. Kita juga bisa memilih lokasi usaha yang dekat dengan perkantoran untuk area market kita. Tapi bila lokasi kita jauh dari area-area tersebut, paling tidak pilih lokasi yang tidak jauh dari perkotaan.

•    Promotion (promosi)

Berbagai promosi bisa kita lakukan untuk menarik minat pembeli bisnis donat kita. Diantaranya sebagai berikut :

  • Promosikan bisnis donat kita melalui media sosial dan website. Manfaatkan media sosial yang sedang ramai untuk mengenalkan produk donat kita. Informasikan semua hal yang berkaitan dengan bisnis donat kita mulai dari harga, bahan yang dipakai dan juga program-program penjualannya.
  • Apabila target market yang dipilih adalah mahasiswa, gandeng juga mahasiswa untuk dijadikan rekan bisnis donat kita sebagai pengecer donat di kampus. Berikan reward atau keuntungan yang menarik apabila berhasil menjual donat kita.
  • Lakukan juga promosi di koran atau majalah kampus. Kalau bisa buatlah majalah atau koran kampus tersebut mengulas bisnis donat kita.
  • Buat desain kemasan yang menarik dan higienis.
  • Pakai merek atau brand yang menarik sebagai identitas produk donat kita.
  • Ikutilah event-event yang diadakan di daerah kita atau dikampus untuk mempromosikan bisnis donat yang kita miliki.
Baca Juga:  Ide Bisnis Bagi Pasutri Yang Ingin Menjalankan Bisnis

•    Price (harga)

Salah satu cara menentukan harga produk donat kita adalah dengan melihat berapa biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat donat tersebut dan juga berapa laba yang ingin kita peroleh. Namun harus dilihat juga berapa harga donat yang ada di pasaran agar harga yang kita tetapkan tidak terlalu mahal. Apalagi bila target pasar kita adalah para mahasiswa, maka jangan terlalu mematok harga yang mahal.

Untuk analisa modal usaha rumahan bisnis donat, dengan asumsi harga donat Rp 1.500/donat maka akan diperoleh laba seperti berikut ini :

1. Modal awal

Peralatan

Renovasi tempat usaha                       1.500.000

Peralatan masak                                  2.000.000

Sarana transportasi (DP motor)          1.000.000

Jumlah                                                4.500.000

Peralatan usaha rumahan bisnis donat akan mengalami penyusutan (depresiasi) selama 4 tahun dengan nilai residu (sisa) sebesar 1.000.000 dengan menggunakan penyusutan metode garis lurus. Jadi biaya penyusutan pertahun 4.500.000 – 1.00.000 dibagi dalam 4 tahun menjadi 875.000 / tahun atau sama dengan 72.916 / bulan.

Perlengkapan

Bahan baku awal         1.000.000

Promosi                           100.000

Lain-lain                          300.000

Jumlah                        1.400.000

2. Perhitungan laba rugi perbulan

Pendapatan

Penjualan donat 1.500 x 150 buah x 30 hari6.750.000

Biaya-biaya

Biaya listrik                                            100.000

Biaya bahan bakar gas                           150.000

Biaya HPP bahan baku                       1.000.000

Biaya transportasi                                 300.000

Biaya kredit motor                                500.000

Biaya gaji karyawan 2 orang              1.200.000

Biaya perlengkapan                                400.000

Biaya penyusutan peralatan                     72.916

Jumlah biaya                                       3.722.916

Laba bersih                                         3.027.084

Asumsi: perhitungan di atas diasumsikan menggunakan rumah sendiri untuk lokasi bisnis donar, sehingga tidak ada biaya sewa lokasi usaha. Apabila ada perubahan harga bahan baku atau yang lainnya, silahkan disesuaikan dengan kondisi yang terbaru. Harga produk donat juga disesuaikan kembali untuk pendapatkan laba yang diinginkan.

Analisa Swot Bisnis Rumahan Usaha Rumahan Bisnis Donat

Faktor Internal – Strenght (Kekuatan) & Weak (Kelemahan)

  • Rasa donat yang enak dan bervariasi
  • Donat yang higienis
  • Usaha yang belum dikenal
  • Donat tidak tahan lama

Faktor Eksternal – Opportunity (Peluang) & Threat (Ancaman)

  • Donat disukai oleh semua kalangan
  • Kenaikan harga bahan baku
  • Persaingan dengan jenis makanan yang lain
Baca Juga:  Terapkan 5 Cara Ini Agar Tidak Gelisah Berangkat Kerja

Strategi Bisnis Rumahan Usaha Rumahan Bisnis Donat Yang Bisa Dilakukan Berdasarkan Analisa SWOT

Berdasarkan analisa SWOT di atas, ada beberapa strategi bisnis yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan usaha rumahan bisnis donat ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

•    Buatlah jaminan bahwa donat hasil produksi kita berkualitas dan higienis. Cari ijin dari dinkes dan BPOM untuk menambah keyakinan konsumen terhadap produk bisnis donat kita.

•    Terus berkreasi untuk menciptakan berbagai varan rasa yang baru agar konsumen tidak bosan dengan varian rasa yang ada. Ganti varian rasa donat yang sekiranya tidak terlalu diminati dengan varian rasa donat yang baru tersebut.

•    Saat melakukan penawaran ke warung-warung atau toko, buatlah sistem jual putus dan jangan membuat sistem konsinyasi. Karena kondisi donat yang tidak bisa tahan lama, sistem konsinyansi berpotensi merugikan kita. Demikian juga warung dan toko yang kita tawarkan pasti akan berpikir sama, karena itu buatlah penawaran harga yang menarik bagi para pemilik toko dan warung tersebut.

•    Cari terus produsen bahan baku untuk pembuatan donat yang baik dan harganya murah. Hal ini bisa mengurangi biaya produksi bisnis donat kita.

Peluang bisnis donat bisa menjadi bisnis yang menguntungkan dengan modal yang kecil. Kreasikan donat hasil produksi kita agar mempunyai ciri khas tersendiri dibanding dengan bisnis donat yang lain. Produk yang higienis menjadi hal yang wajib kita lakukan apabila kita bergerak dalam bisnis kuliner. Dengan kreatifitas dan semangat yang pantang menyerah, bukan tidak mungkin bisnis donat kita bisa berkembang sebesar dunkin donat dan J-Co. Demikian Analisa Peluang Usaha Rumahan Bisnis Donat dengan modal kecil, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Salam sukses!

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here