10 Tips Untuk Berjualan Bakso Dengan Untung Besar

0
49
tips untuk berjualan bakso

Bakso menjadi salah satu pilihan kuliner tradisional yang sangat populer di banyak kalangan. Potensi keuntungan dari bisnis kuliner ini juga sangat besar. Namun, bila kamu memutuskan untuk memulai bisnis kuliner ini sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal. Apalagi produk kuliner seperti ini memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat dibandingkan dengan produk lainnya. Bahkan, kamu juga bisa menerapkan inovasi secara berkala untuk mendapatkan hasil keuntungan yang lebih baik. Potensi bisnis produk kuliner seperti bakso ini akan dipengaruhi oleh persiapan dan kemampuan manajemen yang kamu miliki. Hal ini juga yang membuat kamu harus melakukan berbagai tips untuk berjualan bakso.

Baca juga: 10 Tips Pilihan untuk Memulai Bisnis Mie Ayam

Tips untuk Berjualan Bakso yang Harus Dilakukan

Ada beberapa pilihan tips untuk berjualan bakso yang harus kamu lakukan dengan baik. Masing-masing dari tips seperti ini memang memberikan pengaruh terhadap potensi bisnis yang akan kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga harus ingat bahwa bisnis seperti ini memang membutuhkan persiapan yang sangat matang. Semakin baik persiapan yang kamu lakukan maka nilai keuntungan yang kamu dapatkan juga bisa diprediksi. Seluruh rekomendasi tips sebaiknya dijalankan secara bertahap sehingga memberikan nilai keuntungan yang sangat baik. Berikut ini ada 10 tips untuk berjualan bakso yang bisa kamu coba sekarang juga seperti:

1. Persiapkan Modal

Modal memang menjadi hal yang sangat penting dari tips untuk berjualan bakso. Kamu harus ingat bahwa modal yang besar memberikan kemudahan untuk menjalankan bisnis. Namun, hal ini juga akan mempengaruhi nilai atau target keuntungan yang harus kamu dapaktan. Kamu tidak perlu khawatir karena bisnis kuliner tradisional seperti ini juga bisa kamu jalankan dengan modal yang tidak terlalu besar. Tentu saja perhitungan dari modal ini sesuai dengan seluru kebutuhan untuk menjalankan bisnis dalam waktu yang cukup lama. Apalagi penggunaan modal itu biasanya untuk pembelian bahan baku hingga sewa tempat.

Baca Juga:  Peluang Buka Franchise Martabak Mini Africa Waka-waka

2. Gunakan Bahan Baku Berkualitas

tips untuk berjualan bakso

Tips lain yang memang harus diperhitungkan adalah penggunaan bahan baku yang sangat berkualitas. Ada banyak pilihan bahan baku yang bisa kamu pertimbangkan. Misalnya saja bahan baku untuk daging harus berkualitas sangat baik. Hal ini akan mempengaruhi cita rasa bakso yang dihasilkan. Semakin baik kualitas dari bahan baku daging yang kamu gunakan maka rasa yang didapatkan juga akan semakin lebih baik. Selain itu, ada juga bahan baku lainnya seperti tepung hingga mie. Seluruh pilihan bahan baku ini harus masih dalam keadaan yang baik juga.

3. Berikan Variasi Menu Berbeda

Cobalah tawarkan variasi menu yang unik dan menarik. Bahkan, cara seperti ini dilakukan agar menu bakso kamu mudah dikenal oleh khalayak luas. Salah satu rekomendasi dari variasi menu yang ditawarkan seperti bakso jumbo. Ukuran dari bakso yang diberikan pada satu porsi akan lebih besar dibandingkan dengan ukuran reguler. Selain itu, kamu juga bisa memberikan tambahan isi pada bakso berukuran jumbo. Metode seperti ini juga akan membuat pelanggan mendapatkan rasa yang sangat unik. Beberapa isi dari bakso yang bisa dipertimbangkan seperti keju, olahan daging dan lainnya. Bahkan, kamu juga bisa mencoba untuk membuat menu bakso lobster yang saat ini sedang populer.

Baca juga: 10 Tips Memulai Bisnis Ayam Geprek dengan Modal Minim

4. Dukungan Sumber Daya

Bila kamu memiliki skala bisnis yang cukup besar tentu saja akan membutuhkan dukungan sumber daya. Biasanya hal ini akan berkaitan langsung dengan pelayanan kepada para pelanggan di warung bakso. Pelayanan yang cepat dan ramah akan memberikan pengaruh terhadap kepuasan para pelanggan. Apalagi bila para pegawai juga selalu tanggap terhadap kebersihan tempat akan menjadi nilai tambah. Hal ini akan menjadi penilaian penting bagi para pelanggan untuk mencoba datang kembali.

5. Tawarkan Harga Terjangkau

Sebenarnya ini adalah salah satu pilihan cara yang bisa kamu lakukan saat pertama kali mencoba untuk berbisnis. Kamu bisa menawarkan harga yang lebih terjangkau dari setiap menu. Bahkan, penawaran harga ini dianggap lebih murah dibandingkan dengan tempat lainnya. Cara ini untuk menarik perhatian bagi calon pelanggan baru untuk segera mencoba menu bakso yang sudah tersedia. Namun, penerapan harga dari setiap menu itu juga harus berdasarkan perhitungan bahan baku hingga biaya operasional. Hal ini memang dilakukan agar kamu tidak mengalami kerugian yang besar bila menjual porsi untuk waktu yang lama. Pastikan juga bahwa setiap harga yang ditawarkan pada menu itu sudah melalui riset dari tempat lainnya.

Baca Juga:  Tips Menghindari Penipuan Kwitansi Kosong yang Wajib Anda Tahu

6. Pilih Tempat Terbaik

Kamu harus ingat bahwa pemilihan tempat juga memberikan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan para pelanggan. Semakin baik dan strategis tempat yang kamu gunakan maka hal ini akan menjadi pertimbangan bagi banyak pelanggan. Namun, kamu harus ingat bahwa kondisi dari tempat itu juga harus bersih dan nyaman. Apalagi ini akan memberikan pengaruh terhadap seluruh pelanggan yang bersantap langsung di tempat itu. Perhitungkan juga lahan parkir bila diperlukan untuk kenyamanan para pelanggan.

7. Lakukan Branding Bila Diperlukan

Kamu bisa mencoba untuk melakukan branding dari bisnis kuliner bakso ini. Metode seperti ini memang dilakukan sebagai pengenalan dari seluruh varian menu. Bahkan, branding juga akan membantu kamu untuk mendapatkan nilai jual yang lebih baik secara bertahap. Konsep branding seperti ini bisa dilakukan dengan memberikan nama yang unik. Selain itu, kamu juga bisa membuat logo khusus yang menjadi bagian dari bisnis kuliner ini. Penerapan metode branding ini bisa dilakukan melalui sosial media atau kemasan khusus.

8. Gunakan Kemasan Khusus

Sebenarnya cara seperti ini dilakukan pada pemesanan untuk dibawa pulang atau melalui platform online. Kamu harus memiliki kemasan khusus untuk produk bakso ini. Kemasan ini bertujuan untuk menjaga kualitas dari bakso agar tetap tahan lama. Kemasan yang baik akan membuat cita rasa dari bakso tidak berkurang terlalu banyak. Selain itu, metode penerapan kemasan khusus ini juga bisa menjadi bagian dari branding. Pastikan juga bahwa kamu menggunakan material yang solid untuk produk bakso ini.

9. Manfaatkan Platform Online

Saat ini kamu akan semakin dimudahkan dengan penawaran produk kuliner melalui platform online. Ada beberapa pilihan platform yang bisa kamu gunakan seperti GoFood hingga GrabFood. Masing-masing dari platform online ini akan memberikan keuntungan yang cukup signifikan. Bahkan, bila kamu memberikan paket khusus melalui platform online maka akan membuat nilai omset semakin terus meningkat. Hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan nilai jual dan branding yang sedang kamu gunakan.

Baca Juga:  Peluang Bisnis Ayam Geprek yang Terus Menjadi Tren

10. Berikan Promosi Secara Berkala

Kamu memiliki peluang untuk memberikan promosi secara berkala. Promosi seperti ini biasanya melalui potongan harga dengan persyaratan tertentu. Biasanya pemberian promosi akan disesuaikan dengan hari khusus seperti peringatan hari kemerdekaan hingga hari raya tertentu. Lakukan cara ini untuk mendapatkan jangkauan target market yang lebih banyak lagi.

Baca juga: Analisa Peluang Usaha Rumahan Bisnis Donat yang Menggiurkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here