Tips Merekam Layar PC yang Mudah Pakai Shortcut dan Aplikasi, 100% Work!

0
169
Cara Screenshot layar pc

Idearmanto.com – Ada berbagai macam kebutuhan merekam layar PC. Utamanya mereka yang sedang memberikan informasi tentang tutorial tentang sesuatu yang berkaitan dengan PC tentu hal tersebut sangat dibutuhkan.

Untuk beberapa jenis laptop terbaru memang sudah terdapat fitur merekam layar PC secara langsung dengan mudah tanpa perlu aplikasi. Akan tetapi untuk laptop yang lama, tentu fitur tersebut masih belum dimiliki sehingga Anda masih harus menerapkan cara lama merekam layar PC.

Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam merekam layar PC adalah menggunakan shortcut dan aplikasi. Dijamin 100% work. Berikut beberapa tips merekam layar PC yang mudah pakai shortcut dan aplikasi yang dijamin 100% work. Check these out!

Tips Merekam Layar PC yang Mudah Pakai Shortcut dan Aplikasi 

Tips merekam layar MacOS (MacBook atau iMac)

Tips Merekam Layar PC yang Mudah Pakai Shortcut dan Aplikasi, 100% Work!
credit: support.apple.com

Tips merekam layar PC MacOS sekarang ini bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Anda tak perlu mengunduh aplikasi perekaman layar karena Anda harus bisa menggunakan shortcut untuk merekam layar MacBook atau iMac.

Anda bisa merekam layar dalam bentuk video dengan menekan tombol shortcut. Syaratnya, Anda harus sudah memanfaatkan macOS Mojaye. Pada versi sistem operasi terbarunya, Anda bisa menekan tombol Command + Shift + 5 yang dapat menampilkan semua pilihan dalam merekam layarnya.

Kemudian pada bagian toolbar, Anda nantinya tidak hanya akan melihat tools untuk screenshot saja. Melainkan Anda juga bisa melakukan screen recording. Dua buah icon pada bagian kanan pemisah pertama palet yaitu merupakan tombol pilihan dalam memulai perekaman layar. Pilihan dalam perekaman layar ini dapat digunakan juga dengan Anda ambil seluruh layar atau hanya sebagian saja.

Baca juga:

Tips merekam layar Windows

Tips Merekam Layar PC yang Mudah Pakai Shortcut dan Aplikasi, 100% Work!
credit: tekrevue.com

Apakah Anda butuh aplikasi merekam layar PC jika menggunakan Windows? Jika iya, Anda sebenarnya tidak butuh download software tambahan. Windows 10 sudah menyediakan tools bawaan yang Anda bisa gunakan untuk merekam layar.

Cara merekam layar Windows dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan fungsi game bar di bagian program Xbox yang sudah ada secara bawaan di Windows 10. Game bar ini tentu akan sangat memudahkan Anda dalam merekam layar Windows supaya bisa langsung di export dalam bentuk video dengan format MP4.

Dalam aktivasi game bar, Anda bisa tekan tombol kombinasi Win + G kemudian tekan tombol dengan icon lingkaran merah atau Win + ALT + R untuk secara langsung merekam seluruh layar. Fitur yang satu ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat secara langsung video tutorial atau merekam suatu permainan video game.

Akan tetapi jika laptop atau PC Anda adalah versi lama yang belum tersedia fitur rekam layar secara langsung, Anda bisa memanfaatkan aplikasi perekam layar PC. Beberapa aplikasi perekam layar PC yang bisa Anda manfaatkan diantaranya yaitu :

Aplikasi Camtasia

Tips Merekam Layar PC yang Mudah Pakai Shortcut dan Aplikasi, 100% Work!
credit: techsmith.com

Camtasia sudah menjadi pemain di ranah aplikasi perekam layar macOS sejak lama jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang lain. Camtasia menawarkan lebih banyak fitur jika dibandingkan dengan yang lain juga.

Selain Anda bisa merekam apa yang dilakukan di layar, aplikasi yang satu ini juga memiliki suatu fitur berupa edit video dengan berbagai macam ekstra fitur yang bagus tersemat didalamnya. Apa saja yang Anda ingin rekam mulai dari game, Adobe Premier, Photoshoop sampai dengan PowerPoint dapat dilakukan dengan menggunakan Camtasia.

Cara melakukan perekaman layar dengan menggunakan aplikasi Camtasia sendiri tidak terlalu kompleks karena tampilan antarmuka yang sangat simple dan intuitif. Camtasia dibanderol dengan harga sebesar USD 249 namun Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari.

Aplikasi TinyTake

credit: tinytake.com

Jika bicara tentang sebuah aplikasi sederhana untuk merekam layar, TinyTake merupakan sebuah aplikasi yang patut Anda pertimbangkan. Fiturnya mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan dan menjadi sangat mudah digunakan.

Proses merekam layar dengan TinyTake juga sangat mudah. Jadi setelah Anda membuat akun didalamnya, Anda bisa secara langsung merekam layar hanya dalam beberapa kali klik saja. Anda dapat memilih area yang ingin Anda rekam dan kemudian klik tombol Start. Maka TinyTake akan segera melakukan apa yang sudah Anda perintahkan.

Aplikasi TinyTake dapat Anda gunakan secara gratis. Akan tetapi jika Anda ingin fitur yang jauh lebih lengkap seperti anotasi atau merekam lebih dari 5 menit maka Anda bisa menggunakan versi pro dengan harga sebesar USD 29,95.

Aplikasi Icecream Screen Recorder

credit: icecreamapps.com

Icecream Screen Recorder merupakan sebuah aplikasi yang dapat merekam seluruh bagian layar komputer Anda. Dengan Anda gunakan Icecream Screen Recorder, Anda bisa merekam permainan video game yang tentu membuat video presentasi atau tutorial seputar komputer melalui antarmuka yang intuitif.

Icecream Screen Recorder juga dapat mengeksport video hasil rekaman dengan format MP4, MKV atau WebM yang Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa tips merekam layar PC yang mudah dipakai dengan shortcut dan aplikasi. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Teman-teman bisa menambahkan aplikasi perekam lainnya yang menjadi favorit anda dengan memberitahu saya di kolom komentar dibawah yaa. Silakan share juga artikel ini di media sosial teman-teman dengan klik tombol share yang ada diakhir artikel ini. Sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here