Tips Menghindari Penipuan Kwitansi Kosong yang Wajib Anda Tahu

0
46
Penipuan Kwitansi Kosong korupsi

Tips Menghindari Penipuan Kwitansi Kosong – Dalam transaksi jual beli, sebenarnya penggunaan kwitansi kosong cukup lumrah terjadi. Walaupun kwitansi ini kerap diidentikkan dengan tindakan korupsi atau penipuan tapi banyak juga kegiatan jual beli kendaraan yang membutuhkan proses balik nama kendaraan. Salah satu contohnya adalah digunakan dalam persyaratan penggantian nama BPKB kendaraan.

Pengertian Kwitansi Kosong

Pengertian kwitansi kosong tentu saja sangat berbeda dengan pengertian kwitansi yang biasa dijumpai di masyarakat. Secara sederhana, kwitansi merupakan dokumen tertulis yang di dalamnya tertera berbagai informasi seperti detail produk serta besaran biaya yang harus dibayarkan oleh pembeli kepada penjual. Dengan kata lain, kwitansi merupakan tanda pelunasan pembelian.

Berbeda dengan kwitansi biasa, dalam kwitansi kosong tidak ada keterangan apapun mengenai produk dan harga yang harus dibayarkan. Hal ini tentu saja cukup berbahaya karena rawan digunakan terutama jika berupa kwitansi manual yang masih ditulis tangan karena rawan pemalsuan. Oleh sebab itu, mau tidak mau Anda harus memperhatikan tulisan yang ada di kwitansi dengan cermat agar terhindar dari penipuan.

Sayangnya, saat ini hal tersebut juga tidak banyak membantu. Banyak sekali pihak penjual yang mau menandatangani kwitansi kosong dengan berbagai alasan. Kebanyakan melakukannya karena khawatir akan sulit mendapatkan pemesanan dalam jumlah besar karena kebanyakan orang-orang yang menyalahgunakan kwitansi tersebut membeli dalam jumlah besar untuk kemudian dimanfaatkan guna kepentingan pribadi.

Baca juga:

Benarkah Invoice Adalah Nota? Kenali Perbedaan Keduanya

Bagaimana Menghindari Penyalahgunaan Kwitansi Kosong?

Meskipun memiliki manfaat tapi tidak bisa dipungkiri jika kwitansi kosong kerap disalahgunakan dan menjadi salah satu jenis korupsi kecil yang beredar di masyarakat. Salah satu bentuk penyalahgunaan yang paling sering dilakukan adalah menaikkan harga barang (markup) yang dipesan tanpa sepengetahuan pihak terkait. Hal ini kerap ditemui di berbagai perusahaan atau instansi pemerintahan yang pengawasannya cukup lemah. Namun, meminimalisir penyalahgunaan kwitansi tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Untuk melakukannya, berikut beberapa tips meminimalisir penyalahgunaan kwitansi kosong yang bisa digunakan.

Baca Juga:  Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Menarik untuk Segala Posisi

1. Memilih tempat terpercaya

Salah satu cara paling baik menghindari markup harga adalah memilih toko atau tempat yang memiliki reputasi bagus. Tempat seperti ini biasanya akan menolak memberikan kwitansi kosong tanpa alasan yang jelas karena tidak ingin menghancurkan kepercayaan pelanggan. Namun, jika sulit untuk menemukannya maka pilihlah tempat yang telah Anda kenal sejak lama. Anda bisa melakukan googling terlebih dahulu untuk mengetahui reputasi dari perusahaan tersebut.

2. Memilih toko yang menggunakan software akunting

Cara lainnya adalah dengan memilih tempat yang menggunakan software akunting. Saat ini telah banyak tersedia aplikasi untuk akuntansi yang akan mempermudah proses jual-beli secara otomatis. Biasanya, dengan sistem yang otomatis maka kwitansi yang diserahkan juga sudah tercetak secara otomatis sehingga bisa meminimalisir penipuan. Sayangnya, tempat yang menggunakan aplikasi tersebut masih sangat terbatas sehingga tidak bisa digunakan dimana saja. Seharusnya software akunting harus dimiliki oleh tiap pelaku usaha saat ini karena era digital yang terus berkembang secara pesat.

3. Menggunakan transaksi non-tunai

Penggunaan transaksi non-tunai seperti e-money, transfer antar bank dan sebagainya sudah semakin berkembang. Dengan penggunaan metode non-tunai tersebut selain pembelian tercatat secara otomatis Anda juga bisa memantaunya karena data transaksi bisa langsung dilihat dengan mudah. Sisi lain dari penggunaan transaksi non tunai adalah meminimalisir penggunaan kertas yang sangat merepotkan dan juga anda turut dalam program ramah lingkungan.

Perlu disadari jika penggunaan kwitansi baik manual maupun cetak memiliki berbagai keuntungan dan kelebihan masing-masing. Bagi penjual kwitansi manual tentu lebih mudah dan praktis karena tidak memerlukan alat khusus sehingga bisa lebih cepat. Namun bagi pembeli seperti Anda jelas kwitansi yang dicetak secara otomatis akan lebih bisa dipercaya karena tidak mungkin mengeluarkan kwitansi kosong.

Untuk kwitansi secara otomatis tentu ada modal atau biaya tambahan yang harus anda keluarkan untuk mengaplikasikan software yang ada dan anda perlu memberikan pelatihan khusu kepada para pegawai-pegawai anda untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Jadi entah itu manual atau otomatis, semua keputusan ada di tangan anda.

Baca Juga:  Peluang Bisnis Rumahan Usaha Souvenir Pernikahan

Bagi teman-teman pelaku usaha yang muslim, ada baiknya teman-teman mempelajari fikih ekonomi islam atau muamalah kontemporer agar transaksi yang kita jalankan selama ini tidak lepas dari kaedah-kaedah islam dan menghindari harta haram yang mungkin menimpa kita karena kurangnya ilmu serta kita berharap setiap transaksi dapat diberkahi oleh Allah subhana wa ta’ala. Salah satu website yang saya rekomendasikan jadi bekal anda untuk menuntut ilmu fikih muamalah kontemporer adalah pengusahamuslim.com.

Demikian pembahasan kita mengenai Tips Menghindari Penipuan Kwitansi Kosong yang marak terjadi di perusahaan-perusahaan Indonesia. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mencegah atau menghindarinya. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Kumpulan Skill yang Dibayar Tinggi yang Wajib Kamu Kuasai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here