Tips Memilih Franchise yang Baik dan Wajib Kamu Ketahui Sebelum Memulai Usaha

0
258
info usaha franchise

Tips Memilih Franchise yang Baik – Untuk mendapatkan uang atau berinvestasi memang tidak mudah, kita membutuhkan banyak pertimbangan untuk dapat menganggap satu investasi lebih menguntungkan dari pada yang lainnya, selain itu ada juga faktor-faktor eksternal yang tidak bisa kendalikan yang dapat merusak peluang usaha kita. Bagi kalian yang ingin berinvestasi di franchisepun harus memperhatikan faktor-faktor tersebut, apalagi bagi kalian yang masih pemula dan belum memiliki pengalaman.

Kebanyakan orang terutama kaum muda menganggap memiliki franchise sangatlah mudah, dikarenakan franchise yang sudah banyak di daerah-daerah di Indonesia terutama pulau Jawa yang semakin berkembang. Tetapi perlu kalian ketahui, untuk memiliki franchise terdapat kesulitan-kesulitan tersendiri yang dialami pemilik, investor, atau mitra agar franchise dapat berhasil.

Franchise sendiri memang adalah konsep bisnis menarik dan menguntungkan khususnya di bidang makanan dan minuman. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu franchise, secara singkat bisnis franchise adalah konsep yang melibatkan para pihak seperti pemilik franchise (franchisor) dan para investor untuk membuat suatu kesepatakan kerja sama dengan perjanjian atau aturan yang harus dipatuhi, sistem ini sudah lama berkembang di Amerika dan saat ini sangat marak di Indonesia, terlebih lagi karena modal yang diperlukan tidak terlalu besar.

Ide franchise yang bisa dilakukan:

Bagi kalian yang memilik budget untuk membeli franchise kalian perlu memperhatikan beberapa faktor, setidaknya faktor bisa kalian kendalikan. Salah satu  tips memilih franchise yang baik adalah faktor modal yang diperlukan yang cukup krusial dalam investasi. Hal paling penting dari investasi adalah jangan melakukan investasi dengan uang utama, usahakan uang yang ada adalah uang berlebih atau tabungan yang tidak akan digunakan untuk kebutuhan utama. Faktor ini cukup sering diabaikan orang dikarenakan menganggap franchise pasti menguntungkan tanpa mempertimbangkan faktor lainnya. Dengan menggunakan modal yang tidak berasal dari kebutuhan utama sehari-hari kita, setidaknya kalian dapat mempersiapkan diri untuk kemungkinan terburuk dan tidak akan mengganggu kondisi finansial kalian.

Faktor kedua tips memilih franchise yang baik adalah kredibilitas dari franchise sendiri. Bagi kalian yang ingin berinvestasi tentu tidak ingin berinvestasi pada franchise yang baru muncul atau belum terlalu ramai. Kalian akan menginginkan franchise  yang sudah berdiri lama, terpercaya, dan dapat diandalkan saat kalian memiliki pertanyaan atau kesulitan. Maka dari itu, usahakan jangan berinvestasi pada bisnis franchise yang menawarkan modal yang murah, hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan yang seringkali terjadi ataupun franchise yang menjadi tidak menguntungkan dikarenakan orang-orang yang ragu atas kredibilitasnya.

Faktor ketiga tips memilih franchise yang baik adalah izin bisnis franchise secara legal yang diperlukan. Sebisa mungkin setelah kalian melakukan investasi, daftarkan outlet atau bisnis kalian ke pihak yang berwenang dan dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu masalah dari para wirausaha pada tahun 2019 ini adalah mengabaikan perizinan legal dari outlet-outlet yang ada. Bagi kalian yang belum tahu, perizinan bisnis waralaba sangatlah penting dan jika kalian tidak mendaftarkannya, bisnis franchise kalian dapat langsung bangkrut, tidak bisa berusaha lagi, bahkan pada beberapa kasus akan terjerat kasus hukum yang membuat kalian sebagai mitra mengalami kerugian yang cukup besar. Pastikan izin bisnnis waralaba kalian kepada pihak yang berwenang, lakukan sendiri tanpa perantara agar dapat tahu secara langsung ketentuan-ketentuan yang diperlukan.

Faktor keempat adalah coba gali informasi yang lengkap mengenai reputasi bisnis dan bagaimana pemilik franchise mengawali dan mengelola usaha franchise ini. Hal ini mungkin dianggap sepele bagi beberapa orang, tetapi start dari franchise sendiri harus kalian ketahui agar dapat mengetahui apakah bisnis waralaba yang kalian investasikan dapat bertahan lama di pasaran atau tidak, selain itu kalian juga dapat menerima masukan dan saran dari franchisor tentang bagaimana agar outlet dan franchise yang kalian kembangkan dapat sukses.

Faktor kelima tips memilih franchise yang baik adalah pemilihan lokasi yang tepat dan strategis, usahakan cari yang ramai dilewati oleh orang-orang. Sebagai referensi kebanyakan lokasi franchise yang cukup ramai adalah tempat seperti kampus, perkantoran, mall, pasar, ataupun minimarket.

Untuk kalian memaksimalkan omset dari usaha tentu kalian membutuhkan banyak konsumen yang datang atau setidaknya mengetahui adanya outlet franchise kalian di daerah konsumen. Pemilihan lokasi yang tepat juga sangat penting, mungkin tempat usaha kalian cukup ramai dan banyak dilewati orang-orang.

Tetapi seringkali lokasi yang ramai sudah ditempati franchise lain yang sudah ramai oleh langganan, sehingga outlet franchise tidak akan dikenali dan tidak menghasilkan keuntungan.

Faktor keenam  adalah mengetahui faktor risiko bisnis dari franchise. Setiap bisnis selalu memiliki risiko tertentu, tetapi franchise yang baik pasti memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan bisnis lainnya. Bagi kalian yang ingin membeli franchise, perhatikanlah tingkat kegagalan dari franchise, apalagi yang menyangkut franchise baru dan jangan hanya pikirkan return on investment yang kalian dapatkan saja.

Perhatikan juga tingkat pertumbuhan dan kegagalan dari franchise, jika franchise memiliki tingkat kegagalan mendekati 20% atau lebih, cari informasi lebih banyak lagi mengenai faktor kegagalan yang ada karena angka tersebut merupakan indicator franchise dapat menguntungkan atau tidak kedepannya.

Faktor ketujuh tips memilih franchise yang baik adalah menghindari franchise yang hanya memiliki satu produk. Dengan memiliki satu produk, berarti outlet bisnis juga hanya akan bergantung pada satu produk dan tidak punya alternative lain untuk membedakan atau memenangkan persaingan.

Hal ini juga dapat menjadi faktor penting bagi kalian untuk tidak langsung berinvestasi pada franchise yang sedang naik daun karena satu produknya yang sedang sukses, karena biasanya franchise tersebut hanya akan sukses dalam waktu singkat, tidak sesuai dengan kalian yang menginginkan franchise yang menguntungkan kedepannya.

Bagi kalian khususnya pemula, faktor kedelapan ini sangat penting yaitu menghindari franchise yang membutuhkan karyawan yang banyak. Bagi kalian yang memiliki modal yang terbatas, usahakan pikirkan terlebih dahulu faktor ini. Bagi seorang pemiliki bisnis, dengan banyaknya karyawan maka semakin banyak biaya seperti gaji dan tunjangan makan dan lain-lain yang harus dikeluarkan, apalagi franchise  yang mungkin tidak bisa memberikan penghasilan yang pasti kalian bisa mendapatkan penghasilan yang minus atau merugi.

Dengan banyaknya karyawan juga potensi adanya human error akan semakin besar, dikarenakan karyawan yang menjadi tidak fokus. Tetapi bagi kalian yang memiliki modal yang cukup dan pengalaman manajemen sumber daya manusia yang baik, tidak ada salahnya mencoba franchise berkaryawan banyak.

Faktor kesembilan adalah Lihat apakah franchisor memiliki Laporan keuangan yang baik dan benar. Sebagai seorang pemilik franchise tentu harus memperhatikan kinerja dan performa dari masing-masing franchise dan bagaimana perkembangannya. Selain itu dengan adanya laporan keuangan yang sudah tepat, kalian dapat menganalisis lebih lanjut mengenai tingkat kesehatan dari bisnis yang ada. Jika franchise tidak mau membagikan informasi laporan keuangan atau pengelolaannya, bahkan tidak mempunyai laporan keuangan, usahakan hindari franchise tersebut.

Demikianlah pembehasan mengenai Tips Memilih Franchise yang Baik dan Wajib Kamu Ketahui Sebelum Memulai Usaha, Jika teman-teman ingin menambahkan informasi franchise yang belum disebutkan diatas, silakan anda beri komentar di kolom komentar dibawah dan jangan lupa untuk share artikel ini ke akun social media kalian biar yang lain merasakan manfaatnya.

Artikel lainnya yang menarik :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here