Tips Berkebun di Rumah: dari Sekedar Hobi hingga Raup Ratusan Juta

0
55
Tips Berkebun di Rumah: dari Sekedar Hobi hingga Raup Ratusan Juta

Tips Berkebun di Rumah: dari Sekedar Hobi hingga Raup Ratusan Juta – Disaat situasi pandemi yang masih berlangsung hingga artikel ini ditulis, banyak orang yang memanfaatkan situasi ini dengan hal-hal yang positif. Salah satunya adalah menambah skill atau keterampilan menanam tanaman sebagai mengisi waktu luang mereka selama dirumah saja.

Bagi yang jeli, keterampilan yang akan mereka kuasai nantinya dapat menghasilkan jika mereka dapat menghasilkan buah atau sayuran dari apa yang mereka tanam dengan baik. Jika ingin merambah ke ranah bisnis tentunya kita harus juga mengetahui jenis tanaman atau buah-buahan apa yang dibutuhkan masyarakat dan bagaimana cara efektif untuk berkebun di area yang kita miliki. Berita baiknya adalah kamu bisa menyalurkan hobi baru kamu dari rumah saja dan kamu dapat mempelajari tips sederhananya pada pemaparan dibawah.

Baca juga:

Tips Mudah Budidaya Ikan Cupang Yang Bisa Anda Coba Dirumah

5 Tips Berkebun di Rumah pada Situasi Saat Ini: dari Sekedar Hobi hingga Raup Ratusan Juta

Dari tips sederhana untuk menanam tanaman hingga kisah sukses seseorang yang menggeluti hobinya menanam hingga dapat meraup ratusan juta.

1. Tentukan Terlebih Dahulu Tanaman Mana yang Menarik Minat Kamu

Baik buah, sayur ataupun bunga yang ingin kamu tanam, hendaknya kamu memilih apa yang menjadi favoritmu. Kamu juga bisa memulai dengan menanam apa yang dibutuhkan oleh kamu dan keluarga.

Kebanyakan orang lebih menyukai sayuran seperti bayam, kangkung dan sawi. Untuk buah favorit orang-orang untuk berkebun dirumah adalah jeruk nipis, nangka, tomat, dll.

Jika kamu sudah menentukan tanaman favoritmu maka kamu dapat menyiapkan bibit tanaman tersebut. Bibit tanaman dapat kamu beli di penjual tanaman dan secara online di marketplace.

Baca Juga:  Cara Memilih Franchise yang Tepat Bagi Pemula

2. Lokasi Tanam Harus Terpapar Cahaya Matahari secara Optimal

Setelah mendapatkan bibit, kamu bisa mengalokasikan ruang kosong atau pekarangan rumah yang terkena cahaya matahari yang cukup untuk lokasi tanaman.

Salah satu spot yang paling optimal untuk tanaman mendapatkan cahaya matahari adalah atap rumah atau rooftop.

Tanaman jenis sayuran membutuhkan cahaya matahari dibandingkan buah dan bunga, sekitar 5-6 jam per hari.

3. Media Tanam yang Cocok dengan Jenis Tanaman yang Kamu Tanam

Setelah mendapatkan bibit dan area tanam, maka tahap selanjutnya adalah kamu harus mengetahui media tanamnya. Tanah adalah media tanam yang paling banyak digunakan orang-orang. Untuk beberapa tanaman, kamu juga bisa menanam dengan metode hidroponik yaitu dengan air. Selain air kamu juga dapat memanfaatkan arang sekam, rockwool, serbuk sabut kelapa, perlit, dsb.

Untuk penggunaan tanah, hendaknya kamu memilih tanah yang telah digemburkan.

Baca juga:

Berani Berbisnis Cara Mudah Budidaya Jamur Tiram agar Berhasil Panen

4. Lahan Sempit? Gunakan Dinding atau Instalasi Hidroponik Vertikal

Punya lahan yang sempit? eits, jangan berkecil hati dahulu karena kamu bisa menanam tanaman dari atas ke bawah. Kamu juga bisa membuatnya sendiri, sudah banyak tutorialnya di YouTube. Kamu juga bisa berkreasi indah dengan memanfaatkan dinding. Kamu bisa mencoba sistem multipot, sistem kantong, sistem lumut, dsb.

5. Penggunaan Kompos

Kompos bisa menjadi sumber nutrisi tanaman karena berfungsi sebagai tempat bertopangnya akar tanaman.

Dalam berkebun yang terpenting adalah anda dapat konsisten untuk menjaga dan merawat tanaman setiap harinya. Dikarenakan berkebun perlu proses yang tidak sebentar. Setelah tanaman panen anda bisa mengonsumsi atau menjualnya dan menjadikannya sebagai sektor bisnis.

Kisah Sukses Inspiratif Pebisnis Hidroponik

Kabul Pamudji, Warga Asal Semarang yang Banting Stir dari Pekerjaannya dan Berhasil Meraup Rp500 Juta dengan Hidroponik

Baca juga:

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Souvenir Pernikahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here