Liburan Seru dengan 23 Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Jogja!

0
219
Liburan Seru dengan Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Jogja!

Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Jogja – Hampir setiap wisatawan yang pernah berkunjung ke Jogja selalu merindukan kembali suasana nyaman dan kehangatan yang ada di Kota Gudeg, Yogyakarta. Banyak sekali wisatawan luar Jogja yang menjadikan Kota Yogyakarta sebagai destinasi berliburnya baik di akhir pekan maupun hari libur. Jika anda berkesempatan berkunjung ke Yogyakarta, tentunya anda harus mendatangi berbagai macam tempat wisata malam di Jogja yang menarik.

Tidak hanya wisata alamnya saja yang diunggulkan dari wilayah Yogyakarta, tentunya banyak sekali spot spot wisata malam yang bisa anda kunjungi bersama pasangan maupun teman teman dekat selama berada di Jogja. Sebut saja angkringan KR, angkringan Kopi Joss, Taman Lampion, Kawasan Wisata Malioboro, dan masih banyak lagi.

Ketika matahari mulai tenggelam, wisata Jogja tidak ikut meredup begitu saja. Bahkan, semarak Kota Gudeg baru saja dimulai saat hari mulai petang. Jangan buru buru pulang kerumah atau kembali ke penginapan begitu senja tiba. jelajahi berbagai macam wisata malam di Jogja yang menarik dan unik. Berikut ini terdapat ulasan mengenai rekomendasi tempat wisata malam di Kota Gudeg Yogyakarta yang menarik untuk disimak dan tentunya asyik untuk dikunjungi. Langsung saja, berikut ulasannya :

1. MALIOBORO

Liburan Seru dengan Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Jogja!

Malioboro merupakan ruas jalan paling legendaris dan tentunya paling ramai di Yogyakarta. Ruas jalan ini menjadi destinasi wisata malam Jogja Malioboro karena menyuguhkan keindahan dan kebersihan kawasan wisata belanja yang membentang dari Utara ke Selatan. Di sepanjang jalan Malioboro, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam pernak pernik, oleh oleh khas Jogja serta kompleks pertokoan yang dapat memuaskan hasrat berbelanja anda. Hiruk pikuk wisatawan dan interaksi manusia di sekitar ruas jalan Malioboro di siang hari pun sebenarnya tidak kalah menarik dan nyaman untuk dinikmati. Di jalan ini juga terdapat beberapa pengrajin batik yang sedang mencari nafkah dengan menjajakan kain batiknya dan pada momen-momen tertentu anda bisa mengikuti kegiatan melukis batik di pinggir-pinggir jalan yang tersedia.

2. ALUN ALUN KIDUL

Liburan Seru dengan Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Jogja!
credit: @corneliusferdianto

Seiring dengan matahari yang terbenam, alun alun Kidul Yogyakarta tentunya akan semakin ramai dikunjungi. Tidak hanya warga lokal saja yang berkunjung kesini, namun juga para wisatawan yang berasal dari luar Kota Yogyakarta. Di Alun Alun Kidul, anda bisa menyewa sepeda dengan ornamen menarik yang dikayuh bersama keluarga atau teman teman berkeliling alun alun sambil melihat kelap-kelip lampu yang ada pada sepeda tersbut. Tarif sewa sepeda tersebut cukup murah yaitu 15 ribu rupiah saja sekali putar. Di pinggir alun alun juga banyak pedagang yang menjajakan dagangannya dan anda bisa menikmatinya dengan duduk lesehan di kawasan alun alun. Berada di kompleks Keraton Yogyakarta, di alun alun ini terdapat dua pasang pohon bringin yang gagah. Bagi saudara-saudaraku yang Muslim jangan sampai mempercayai perkataan atau permainan yang mengandung kesyirikan seperti yang biasa dilakukan oleh orang yang awam dengan ilmu agama yaitu  sebuah permainan yang katanya jika bisa dilalui maka keinginan bisa terwujud.

Baca juga:

3. KAWASAN TITIK NOL KILOMETER

Liburan Seru dengan Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Jogja!
credit: @galantpr

Ingin berkunjung ke wisata malam Jogja gratis? Pergilah ke kawasan Titik Nol Kilometer Jogja yang berada di ujung jalan Malioboro. Di kawasan ini anda akan menemukan sejumlah bangunan peninggalan jaman Belanda yang disebut dengan loji. Di malam hari, banyak wisatawan yang sengaja duduk duduk di bangku taman yang telah tersedia sembari menikmati keromantisan malam Jogja ditambah dengan pendar kekuningan dari lampu sekitar kawasan Nol Kilometer. Di tempat ini pula terdapat banyak komunitas dan seniman kreatif yang menarik perhatian melalui ragam atraksi yang mereka tampilkan.

4. TAMAN PELANGI (TAMAN LAMPION)

Taman Pelangi terletak di halaman Monumen Jogja Kembali yang lokasinya tepat berada di samping Ring Road Jogja. Terdapat dua pintu masuk di lokasi wisata ini, yaitu Barat dan Timur. Jika anda masuk melalui pintu Timur, maka anda akan langsung disambut dengan lampion pelangi yang besar dan sangat unik. Ada banyak sekali lampion yang dibentuk macam macam benda, seperti kereta, binatang, benda antik, dan masih banyak lagi.

5. BUKIT BINTANG

credit: @damnti

Lokasinya ada di Jalan Raya Jogja-Wonosari tepatnya di Bukit Pathuk. Jika anda sedang menuju ke Gunung Api Purba, maka anda pasti akan melewati bukit bintang ini. direkomendasikan datang ke lokasi ini pada sore atau malam hari karena dari ketinggian sekitar 150 meter ini, anda akan disuguhkan dengan panorama gemerlap Kota Jogja yang romantis dan mempesona. Anda bisa mampir ke warung warung yang buka di pinggir jalan untuk memesan minuman dan makanan kecil sembari menikmati pemandangan Kota Jogja dari ketinggian.

6. MENIKMATI KISAH SENDRATARI RAMAYANA

Wisata malam Jogja anti mainstream tentunya ya menonton Sendratari Ramayana di Kawasan Candi Prambanan. Biasanya Sendratari ini digelar pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu malam sekitar pukul 19.30 hingga 21.30 WIB. Pada musim kemarau, Sendratari Ramayana digelar pada panggung outdoor dengan latar belakang Candi Prambanan yang gagah. Namun, saat musim hujan pertunjukan akan dipindah di Tri Murti Theater Indoor.

7. TUGU JOGJA

credit: @kangzanu

Landmarks Kota Jogja ini berada di persimpangan antara Jl AM Sangaji, Jalan Diponegoro, Jalan Sudirman, dan Jalan P. Mangkubumi. Tugu ini sejajar lurus dengan Gunung Merapi dan Kraton sehingga mendapat tempat yang istimewa. Di malam hari, akan banyak turis dan wisatawan yang berselfie di tengah tengah jalan atau tepat di depan tugu. Bahkan, banyak orang yang antri untuk foto berbackground tugu loh di persimpangan yang tidak pernah sepi ini.

8. SEKATEN JOGJA

credit: @voilajogja

Sekaten diadakan secara rutin ditiap tahunnya. Sekaten atau pasar malam sekaten bisa anda jumpai di Alun Alun Utara Jogja di malam hari. Di sekaten, anda bisa menemukan berbagai macam wahana permainan khas pasar malam yang menarik serta bermacam macam kuliner khas Jogja yang siap dicicipi.

9. SINDU KUSUMA EDUPARK

Liburan Seru dengan Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Jogja!

Di tempat ini terdapat bianglala yang berhiaskan lampu warna warni. Taman rekreasi terbaru di Jogja ini memang mempunyai ikon bianglala dengan ketinggian sekitar 48 meter. Dari puncak bianglala ini anda akan melihat indahnya panorama Kota Jogja. Sindu Kusuma Edupark (SKE) hanya buka sampai jam 9 malam, maka dari itu jangan sampai terlalu malam ya saat berkunjung ke tempat wisata ini.

10. MENIMATI KOPI JOSS DI ANGKRINGAN

Kopi jos enak

Belum ke Jogja jika anda belum mencoba Kopi Joss di Angkringan khususnya yang dekat dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. Tikar tikar sederhana dan lusuh selalu menghiasi sekeliling tenda angkringan serta keramaian pengunjung menambah semarak suasana di sekitar angkringan Kopi Joss ini. rasakan langsung sensasi rasa Kopi Joss khas Jogja yang rasanya tidak akan anda temukan di warung kopi lainnya.

11. PASAR SENI GABUSAN

Pasar Seni Gabusan yang terletak di Jalan Parangtritis km 9, Bantul, Yogyakarta merupakan salah satu dari sekian banyak tempat nongkrong malam di Jogja. Di tempat ini, terkadang menjadi lokasi untuk menyelenggarakan event budaya seperti Bantul Expo. Lokasinya strategis sehingga akan mudah ditemukan.

12. BENTENG VREDEBURG & INDISCHE COFFIE

Masih di kawasan Malioboro, benteng ini tampak megah dan mempesona di siang hari. namun, jika anda berkesempatan mengunjungi benteng ini di malam hari, anda tidak usah sedih karena di malam hari pun pemandangan benteng ini tidak kalah indah. Malah semakin syahdu dan romantis. Di dalam kompleks benteng ada kafe bergaya kolonial yang wajib dicoba oleh anda penyuka suasana klasik.

13. HUTAN PINUS PENGGER

Hutan Pinus Pengger merupakan wisata malam Jogja terbaru yang terletak di kawasan Hutan Pinus Pengger, Imogiri. Di tempat ini terdapat spot foto menarik layaknya sebuah sangkar burung yang diberi lubang di tengahnya lengkap dengan pemandangan kota Jogja dari ketinggian yang indah dan mempesona.

14. ALUN ALUN UTARA

Di Jogja ada dua buah alun alun, yaitu Alun Alun Utara dan Alun Alun Selatan. Keduanya merupakan ruang terbuka yang sangat luas dimana pada bulan tertentu alun alun ini dijadikan lokasi penyelenggaraan event tahunan berupa Sekaten Jogja. Lokasi ini dapat anda datangi dengan berjalan kaki dari Titik Nol Kilometer.

15. MENCICIPI MAKANAN KHAS DI ANGKRINGAN

Jogja identik dengan angkringan. Apalagi para anak muda Jogja dan mahasiswa yang menetap di Jogja, pasti akan sangat akrab dengan angkringan. Di angkringan, anda akan diajak untuk menikmati hangat serta harumnya aroma kopi yang disajikan bersama dengan camilan lengkap dengan teman teman dan komunitas. Ada banyak sekali angkringan di Jogja yang bisa anda kunjungi karena hampir di setiap ruas jalan terdapat sebuah angkringan.

16. PLENGKUNG GADING

Plengkung Gading disebut sebagai tempat romantis di Jogja malam hari. Tempat ini sebenarnya merupakan tembok pertahanan dari Kraton Yogyakarta yang letaknya di Selatan dekat dengan Alun Alun Kidul. Nama lain dari Plengkung Gading adalah Plengkung Nirbaya. Biasanya para wisatawan akan berjalan di atas plengkung dengan terlebih dulu menaiki beberapa anak tangga dan kemudian duduk duduk di ruang lapang yang ada di atas plengkung.

17. TAMAN PARKIR ABU ALI

Wisata malam Jogja 24 jam yang satu ini letaknya di dekat Stasiun Tugu. Mungkin anda akan bertanya tanya, apa yang akan dilakukan di taman parkir? Nah, di tempat ini anda bisa naik ke lantai paling atas dan menikmati pemandangan Kota Jogja sekitarnya dari ketinggian di malam hari. Pasti anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan yang sempat terlintas di benak anda tersebut.

18. GUNUNG API PURBA

Liburan Seru dengan Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Jogja!

Gunung Api Purba letaknya memang cukup jauh dari Kota Yogyakarta. Lokasi wisata yang sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara ini menyuguhkan sebuah panorama alam yang sangat indah dan menarik hati. Apalagi ditempat ini anda bisa camping bersama dengan rombongan dan tidur beratapkan ribuan bintang di langit dan gemerlap lampu Kota Jogja. Sungguh pengalaman yang sangat berkesan jika anda sempat berwisata malam di gunung ini.

19. CAMPING DI PANTAI YANG ADA DI GUNUNGKIDUL

Gunungkidul Yogyakarta dikenal akan kawasan pantainya yang indah dan menjadi lokasi favorit untuk beach camp. Nah, beach camp menjadi salah satu agenda wisata malam yang bisa anda lakukan di Jogja. Anda bisa menyewa tenda, membeli kayu bakar, dan mengajak teman teman dekat anda untuk camping di pinggir pantai sembari membakar ikan dan menyalakan api unggun. Pasti sangat berkesan dan membuat ketagihan. apalagi bagi anda yang berasal dari luar Kota Jogja dan jarang mempunyai kawasan pantai yang aman dan nyaman untuk dijadikan lokasi beach camp.

20. PASAR KLITHIKAN

Pasar Klithikan bisa menjadi alternatif tempat wisata malam di Jogja dimana anda akan menemukan berbagai macam barang murah dengan kualitas yang masih cukup baik. Anda bahkan bisa menemukan barang barang original di tempat ini dengan kondisi bekas namun layak pakai, meskipun tidak menolak kemungkinan adanya barang fake atau palsu yang dijual oleh para pembeli. Bagi anda yang budgetnya pas pasan, bisa nih berbelanja di Pasar Klithikan ini.

21. KAMPUNG TURIS PRAWIROTAMAN & KAMPUNG BULE SOSROWIJAYAN

Prawirotaman dan Sosrowijayan memang dikenal sebagai tempat singgahnya para wisatawan, apalagi wisatawan mancanegara. Di tempat ini banyak ditemukan penginapan penginapan berkonsep unik dan kafe kafe menarik dengan harga yang sangat terjangkau.  Prawirotaman berada di Jalan Parangtritis sedangkan Sosrowijayan berada di dekat Stasiun Tugu yang dikenal dengan sebutan Pasar Kembang atau disingkat menjadi Sarkem.

22. BERMALAM DI VILLA KALIURANG

Bagi anda yang masih bingung mencari wisata malam Jogja, datang saja ke Kaliurang dan sewa satu villa beramai ramai bersama keluarga, komunitas, maupun teman teman dekat. Wisata malam Jogja Kaliurang ini selalu ramai saat hari libur atau long weekend tiba. hawa sekitar Kaliurang yang dingin dan segar tentunya menjadi nilai plus dari kawasan wisata Kaliurang. Anda bisa memilih tarif villa di Kaliurang dari yang paling murah hingga yang paling mahal yang bisa disesuaikan dengan budget dan fasilitas yang diperlukan.

23. NONGKRONG DI ANGKRINGAN KR

Angkringan KR disebut juga dengan Angkringan Pak Jabrik, merupakan satu dari sekian banyak angkringan yang menjadi favorit wisatawan dan warga lokal. Angkringan ini terletak di teras kantor Harian Kedaulatan Rakyat yang berada di Jalan P. Mangkubumi tidak jauh dari Tugu Jogja yang fenomenal. Angkringan KR tidak pernah sepi pengunjung baik di hari libur maupun hari bisa. Wisata kuliner malam Jogja ini memang recommended untuk diatangi mengingat menu yang ditawarkan juga beragam dengan harga yang terjangkau. Angkringan ini kerap dijadikan lokasi untuk berkumpul komunitas komunitas yang ada di Kota Yogyakarta.

Itulah 23 rekomendasi tempat wisata malam di Jogja yang harus anda kunjungi saat memilih untuk berlibur atau berakhir pekan di Kota Yogyakarta. Tentunya setiap tempat mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri yang membuat anda ketagihan untuk kembali lagi ke lokasi tersebut.

Yogyakarta memang selalu mempunyai cerita khas tersendiri dan berkesan bagi setiap wisatawan karena setiap sudut kota Jogja menarik untuk diceritakan. Sekian ulasan mengenai wisata malam di Jogja yang berhasil dihimpun oleh tempatwisataindonesia.id, semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan memberi referensi bagi anda semua. Kedepannya, akan terus kami update mengenai perkembangan pariwisata di Yogyakarta yang istimewa ini.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here