Liburan Seru dengan 28 Pilihan Tempat Wisata Di Trenggalek!

0
260
Liburan Seru dengan 28 Pilihan Tempat Wisata Di Trenggalek!

27 Pilihan Tempat Wisata Di Trenggalek – Trenggalek merupakan Kabupaten di Jawa Timur yang berlokasi di bagian selatan Pulau Jawa. Kabupaten Trenggalek berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo di bagian utara, Kabupaten Tulungagung di bagian timur, kabupaten Pacitan di sebelah barat, serta Samudra Hindia di sebelah selatan. Trenggalek memiliki kondisi topografi menyerupai Kabupaten Ponorogo, karena masih satu rangkaian Pegunungan kidul.

Kondisi tersebut menciptakan spot-spot wisata khas pegunungan yang indah. Tidak hanya itu, Kabupaten Trenggalek juga memiliki spot wisata lautan yang tidak kalah memesona. Dengan demikian, Kabupaten Trenggalek selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Penasaran kan, apa saja tempat wisata di Trenggalek yang wajib kalian kunjungi? Simak hingga selesai.

1. Angkringan Pohon Gunung Gemblung

Liburan Seru dengan 28 Pilihan Tempat Wisata Di Trenggalek!

Wisata Angkringan Pohon Gunung Gemblung merupakan sebuah bukit yang di kelola pemuda Durenan menjadi sebuah lokasi wisata. Saat ini, objek wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, dan sedang ngehits di media sosial. Angkringan Pohon menawarkan panorama keindahan alam dari ketinggian. Di sana, kalian dapat melihat hamparan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Selain itu, kalian juga dapat berselfie di beberapa spot foto yang telah disediakan oleh pengelola. Objek wisata ini berlokasi di Desa Kendalrejo, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

2. Bukit Gembes

Liburan Seru dengan 28 Pilihan Tempat Wisata Di Trenggalek!
credit: @waliwalak

Bukit yang satu juga sedang ramai di media sosial, bernama Bukit Gembes. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari atas bukit, wisatawan dapat melihat barisan mengelilingi Anda, dipadukan dengan panorama laut selatan yang menyegarkan mata. Di lokasi ini, kalian dapat berfoto di atas sebuah papan kayu yang disediakan pengelola, tentu saja sangat instagramable. Objek wisata ini memiliki suasana alam yang sejuk, dan menenangkan. Objek wisata ini berlokasi di Desa Masaran, Kecamatan Munjungan, Kebupaten Trenggalek.

Baca juga:

3. Rumah Apung Trenggalek

Liburan Seru dengan 28 Pilihan Tempat Wisata Di Trenggalek!
credit: @mbolangtrenggalek

Objek wisata yang satu ini Desa Tasik Madu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Destinasi wisata Trenggalek Rumah Apung menawarkan tantangan mengunjungi tempat wisata kuliner di Trenggalek yang terletak di atas lautan. Kalian dapat memesan berbagai menu olahan laut khas Trenggalek. Selain itu, pengunjung diperbolehkan untuk berenang di sekitar lokasi ini, asal tetap memperhatikan keselamatan. Objek wisata ini menawarkan sensasi yang jauh lebih menantang dari pada berwisata di bibir pantai. Tertarik untuk mencobanya?

4. Pantai Damas

Liburan Seru dengan 28 Pilihan Tempat Wisata Di Trenggalek!

Pantai Damas berlokasi di Desa Kranggandu, KecWatulimo, Kab Trenggalek, atau berjarak sekitar 53 Km dari pusat Kota Trenggalek. Akses jalan menuju wisata ini sangat mudah, kondisi jalan yang sudah baik, meskipun terdapat beberapa bagian aspal yang harus di benahi. Pantai Damas memiliki panjang 2 km, dan lebar 5,5 hektar. Kondisi ombaknya tidak begitu besar, sehingga relatif aman untuk dijadikan lokasi bermain air. Tarif masuk lokasi wisata ini sebesar 2.000 – 4,000 Rupiah. Wisata pantai di Trenggalek ini cocok kalian kunjungi bersama teman-teman terdekat.

5. Pantai Karanggongso

credit: @aperthok78

Pantai Karanggongso terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur, atau berjarak 52 Km dari pusat kota Trenggalek. Pariwisata Trenggalek ini menjadi salah satu wisata favorit bagi wisatawan yang sedang berada di Kabupaten Trenggalek. Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Karanggosong, wisatawan hanya dikenakan tarif masuk sebesar 5.000 rupiah untuk weekdays, dan 7.500 – 10.000 rupiah untuk weekend.

6. Pantai Prigi

credit: @maulanathalia

Tempat wisata di Trenggalek Jawa Timur ini berlokasi di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, atau berjarak sekitar 48 Km dari pusat Kota Trenggalek. Di lokasi pantai, Anda dapat melihat sebuah pelabuhan kecil yang sering digunakan sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan. Lain dari pada hal tersebut, wisata Pantai Prigi Trenggalek memiliki beberapa fasilitas pendukung, di antaranya persewaan ban, spot berenang, warung makan, persewaan perahu, bumi perkemahan, penginapan, lapangan tenis, auditorium, serta tempat parkir. Tiket masuk tempat wisata ini sebesar 5.000 rupiah pada waktu weekdays, dan 7.500 rupiah pada weekend.

7. Pantai Blado

Liburan Seru dengan 28 Pilihan Tempat Wisata Di Trenggalek!

Wisata alam Trenggalek ini bernama Pantai Blado. Pantai Blado berlokasi di Ds.Munjungan, Kec. Munjungan, Trenggalek, atau berjarak 49 km dari pusat Kota Trenggalek. Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang sangat memesona, airnya jernih dan suasanya nyaman. Ombaknya lumayan besar, sehingga relatif nyaman untuk dijadikan lokasi surfing. Pantai ini memiliki luas 25 hektar, dengan panjang garis pantai sekitar 3 Km. Di kawasan objek wisata ini, terdapat sebuah gardu pandang yang bisa digunakan bersantai, sembari melihat lanskap pantai yang memesona. Di bagian lain pantai, tersedia pula warung makan serta panggung terbuka yang kerap mengadakan acara di waktu-waktu tertentu.

8. Pantai Ngulung Wetan

Liburan Seru dengan 28 Pilihan Tempat Wisata Di Trenggalek!
credit: @dewi_ratnaning

Tempat wisata di Trenggalek ini bernama Pantai Ngulung Wetan. Pantai ini memiliki pesona alam yang masih asri. Pantai Ngulung Wetan berlokasi di Des.Ngulung Wetan, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek. Di sepanjang bibir pantai, ditumbuhi pepohonan kelapa yang rindang. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sunset yang romantis.

9. Pantai Ngadipuro

credit: @ilovetrenggalek

Objek wisata di  Trenggalek, Jatim ini bernama Pantai Ngadipuro. Pantai ini memiliki pesona alam yang indah. Pantai Ngadipuro berlokasi di Desa Craken, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek. Ombak di pantai ini relatif tenang, sehingga dapat digunakan untuk berenang. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Nelayan, karena menjadi lokasi para nelayan untuk mencari ikan. Tempat wisata Trenggalek terbaru ini terus mengalami pengembangan, guna memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang mengunjunginya.

10. Pantai Ngampiran

Obyek wisata di Trenggalek Jawa Timur ini menawarkan keindahan panorama alam yang mempesona. Pantai ini tergolong masih asri, karena belum banyak di kunjungi oleh wisatawan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis, bebatuan karang yang indah, serta hamparan pasir putih bersih yang cantik. Wisata Trenggalek pasir putih berlokasi di Desa Tawing, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, atau berjarak 4 Km dari Kecamatan Munjungan. Di lokasi pantai ini, anda dapat berenang dan memancing. Selain itu, pantai ini juga dilengkapi oleh fasilitas penginapan, hotel, warung makan, toilet, serta tempat parkir luas.

11. Pantai Konang

Objek wisata Trenggalek Jawa Timur berlokasi di Desa Ngebleng, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini memiliki lanskap yang indah, beda dengan pantai-pantai lainnya. Pantai ini memiliki panjang bibir pantai sekitar 1,5 Km, dan memiliki luas 11 Hektar. Di sepanjang bibir pantai, ditumbuhi oleh pepohonan kelapa yang eksotis untuk diabadikan dengan kamera. FYI, PantaiKonangjuga disebut sebagai kampung nelayan, karena menjadi lokasi para nelayan untuk mencari ikan. Ombak di pantai ini lumayan besar, sehingga lumayan berbahaya untuk dijadikan lokasi berenang.

12. Pantai Taman Kili-kili

Wisata pantai yang satu ini berlokasi di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Di pantai ini Anda bisa melihat panorama sunrise dan sunset yang romantis. Selain itu, tempat wisata terindah di Trenggalek ini juga menjadi lokasi penangkaran penyu. Terdapat sekitar 7 jenis penyu yang dibudidayakan. Tertarik untuk mengunjungi pantai ini?

13. Panorama Pantai Pelang

Objek wisata Trenggalek Pantai Pelang berada di Desa Wonocoyo, Kec Panggul, Kab Trenggalek, dan masih satu deret dengan Pantai Taman Kili-kili. Pantai memiliki panjang garis pantai sekitar 2 Km, dan memiliki luas mencapai 10 hektar. Pantai ini lumayan favorit bagi para wisatawan, karena memilik air terjun yang indah. Berdasarkan kepercayaan warga sekitar, air terjun ini memiliki khasiat awet muda. Selain itu, pantai ini sudah menyediakan fasilitas hotel, penginapan, bumi perkemahan, serta taman bermain anak. Harga tiket masuk pantai ini sebesar 8,000 rupiah per orang.

14. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

Salah satu tempat wisata Mangrove di Trenggalek bernama Hutan Mangrove Pancer. Obyek wisata ini berlokasi di Desa Kranggan, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, dan tidak jauh dari Pantai Prigi. Wisata mangrove Trenggalek ini memiliki panorama alam yang indah. Selain itu, wisata ini memiliki spot foto yang instagramable, bernama Jembatan Galau. Tertarik untuk mengunjungi wisata Trenggalek mangroveini? Biaya masuk objek wisata ini sebesar 4.000 rupiah per orang.

15. Hutan Kota Trenggalek

Wisata Kota Trenggalek ini bernama Hutan Kota Trenggalek. Lokasi ini memiliki pemandangan alam yang hijau, dan memiliki suasana yang menyejukkan. Hutan Kota Trenggalek juga menjadi spot favorit untuk menikmati sunset, tetapi harus berjuang terlebih dahulu untuk menaklukkan Gunung Jazz. Pemandangan dari atas bukit tersebut juga sangat memesona, kalian dapat melihat Kota Trenggalek dari ketinggian. Luar biasa.

16. Bukit Banyon

Tempat wisata Trenggalek selain pantai adalah Bukit Banyon. Lokasi wisata ini cocok bagi kalian yang memiliki jiwa petualang. Pemandangan dari puncak bukit ini sungguh memesona, bahkan sering dijuluki sebagai “Negeri di Atas Awan”. Suasana alamnya sejuk, serta kalian dapat melihat pesona sunset dan sunrise yang sangat romantis. Lokasi wisata ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek.

17. Gunung Gemblung Durenan

Gunung Gemblung Durenan merupakan wisata Trenggalek terdekat dan paling populer di kalangan pecinta alam. Lokasi wisata ini terletak di Desa Kendalrejo dan Desa Semarum, KecamatanDurenan, Kabupaten Trenggalek, atau berjarak 17 Km dari pusat kota Trenggalek. Gunung menawarkan keindahan panorama sunrise dan sunset yang romantis. Selain itu, wisata ini juga memiliki goa yang lumayan misterius, tertarik juga mengunjunginya? Objek wisata Gunung Gemblung memilki berbagai fasilitas pendukung, di antaranya Mushola, kamar mandi, dll.

18. Puncak Gunung Sepikul

Objek wisata Trenggalek yang satu ini bernama Gunung Sepikul. Gunung in memiliki pesona alam yang indah. Udaranya segar dan alami. Tebing-tebing curam menantang untuk di taklukkan. Lokasi ini cukup terkenal di kalangan para pecinta panjat tebing. Puncak Gunung Sepikul berlokasi di di Desa Watuagung, Kec. Watulimo, Kab Trenggalek. Objek wisata ini sangat cocok bagi kalian yang suka dengan tantangan.

19. Puncak Gunung Prongos

Bukit ini berlokasi di Desa Timahan, Kecamatan Kampak, Trenggalek. Bukit ini memiliki pemandangan dari ketinggian yang sangat indah, dengan ketinggian 550 mdpl. Selain itu, suasana alam di sini juga sangat sejuk, sangat nyaman untuk dijadikan tujuan refreshing. FYI, objek wisata ini dulunya merupakan bekas pertambangan batu gamping.

20. Goa Lowo

Goa ini berlokasi di Kabupaten Trenggalek. Objek wisata Trenggalek tersembunyi ini memiliki kedalaman Goa 2000 meter, dan masuk dalam kategori goa terbesar di Asia Tenggara. Goa ini dihuni oleh kelelawar dalam jumlah yang banyak, sehingga apabila kalian ke sana, kalian dapat mendengar suara-suara berdencit dari para kelelawar. Goa ini juga memiliki stalagmit dan stalaktit yang indah, sangat artistik. Goa Lowo merupakan lokasi wisata yang sudah dikelola dengan baik, sehingga sudah didukung oleh berbagai fasilitas pendukung, di antaranya mushola, taman bermain, rest area, foodcourt, dll. Tiket masuk lokasi wisata ini sebesar 5.000 – 7.500 ribu rupiah. Terjangkau bukan?

21. Goa Ngerit

Goa Ngerit berlokasi di Desa Senden, Kecamatan Kampak, Trenggalek, Jawa Timur. Trenggalek wisata ini sudah dikelola dengan baik, akses jalan menuju lokasi juga sudah bagus, meskipun di beberapa spot memiliki kondisi tanah yang licin.  Goa ini sudah didukung oleh pencahayaan yang cukup, sehingga wisatawan tidak perlu membawa perlengkapan pencahayaan tambahan. Objek wisata Goa Ngerit cocok sekali dikunjungi oleh kalian dan keluarga.

22. Goa Sriti

Goa Sriti menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Goa ini memiliki air terjun dengan aliran air yang jernih. Anda dapat menjelajahi goa ini menggunakan pelampung yang disediakan pengelola. Di atas goa ini, juga menjadi lokasi olah raga motocross dan downhill. Mengunjungi goa eksotis ini dapat menjadi pengalaman Anda yang tidak pernah terlupakan.

23. Kedung Maron

Objek wisata ini berlokasi di Desa Salam Wates, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah, terdiri dari bebatuan sungai berbagai ukuran, air sungai yang jernih, serta pemandangan sekeliling yang hijau. Objek wisata ini memiliki suasana alam yang segar, dan akan membuat Anda betah berlama-lama di objek wisata ini.

24. Coban Rambat

Objek wisata ini tergolong baru di Kabupaten Trenggalek. Tepatnya di Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek. Objek wisata Trenggalek air terjun ini cukup mudah dikunjungi karena memiliki akses jalan yang mudah dilalui.

25. Air Terjun Songgo Langit

Salah satu tempat wisata di Pule Trenggalek adalah Air Terjun Songgo Langit. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang tidak terbantahkan. Apabila dilihat, air terjun ini memiliki 4 tingkatan. Sekelilingnya ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang rindang. Lokasi  wisata ini sangat layak kalian dikunjungi di akhir pekan.

26. Jurug Waru Dongko

Objek wisata ini berlokasi di Desa Pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Tempat wisata di Trenggalek ini menawarkan pemandangan alam yang indah. Air terjun memiliki bentuk menyerupau daun waru, yaitu berbentuk hati. Selain itu, kalian juga dapat melihat tebing-tebing eksotis, berpadu dengan cekungan-cekungan bebatuan yang tidak kalah artistik. FYI, tebing-tebing yang mengelilingi objek wisata ini juga sering dijadikan lokasi panjat tebing. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki jiwa petualang.

27. Alun-alun Trenggalek

Alun-alun merupakan salah satu objek wisata di Trenggalek Kota. Lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terlebih lagi pada malam minggu. Di sini, kalian dapat menikmati suasana kota Trenggalek beserta hiruk pikuk-nya. Selain sebagai lokasi rekreasi, objek wisata ini juga menawarkan sensasi wisata kuliner Trenggalek yang lezat.

28. Pantai Congkrong

Pantai ini berlokasi di Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini dikelilingi pohon bakau yang rindah, dan kalian dapat berjalan di sebuah papan kayu yang instagramable.

Lengkap sudah artikel tempat wisata di Trenggalek ini. Terus kunjungi wisata Indonesia lainnya, seperti wisata Tulungagung, wisata Ponorogo, serta wisata Pacitan. Tetap jaga keselamatan dan keasrian alam Indonesia.!

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here