40+ Daftar Referensi Tempat Wisata Di Boyolali Terlengkap untuk Liburan Seru Anda!

0
318
40+ Daftar Referensi Tempat Wisata Di Boyolali Terlengkap untuk Liburan Seru Anda!

Idearmanto.com – Tempat wisata di Boyolali yang terletak di propinsi Jawa Tengah sangatlah banyak dan jarang kamu temukan di daerah lainnya. Boyolali dulunya tergabung dalam Karesidenan Surakarta dan letaknya berbatasan langsung dengan wilayah Surakarta. Namun kini, wilayah penghasil susu terbaik di Jawa Tengah ini telah menjadi Kabupaten tersendiri dan menjadi sebuah daerah yang kaya akan potensi sumber daya dan potensi wisata.

Tidak kalah dengan beberapa tempat wisata Surakarta yang letaknya berdekatan dengan Kabupaten Boyolali, destinasi wisata di Boyolali sangat beragam mulai dari wisata alam sampai dengan wisata kuliner yang menggugah selera. Sebut saja susu sapi perah segar yang banyak dijual di sepanjang jalan yang ada di Boyolali. Susu sapi Boyolali bahkan seringkali disetorkan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di seluruh Indonesia.

Wilayah Kabupaten Boyolali dilewati sebuah jalan nasional yang menghubungkan wilayah Semarang dan Solo. Jalur alternatif Semarang-Solo via Boyolali memiliki kontur berbukit bukit dan berliku liku, khususnya di utara wilayah Kota Boyolali sampai dengan Kecamatan Ampel. Jalur tersebut melewati beberapa Kabupaten, diantaranya Boyolali, Magelang, dan juga Salatiga. Selain itu, sekarang sudah ada jalur tol S3 yang menghubungkan Semarang, Salatiga, dan Surakarta dimana jalur tesebut bisa mempersingkat jarak tempuhmu. Maka dari itu, jika kamu kebetulan bepergian ke Semarang dari Surakarta lewat Boyolali, kamu bisa mampir singgah ke wilayah Salatiga sebentar untuk menikmati beberapa wisata Salatiga yang cukup menarik.

Lantas, apa saja sih wisata di Boyolali yang menarik untuk dikunjungi? Mana saja tempat wisata di Boyolali yang katanya lain daripada daerah lainnya? Berikut ini kami berikan ulasan mengenai beberapa tempat wisata Boyolali yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. BUKIT GANCIK

40+ Daftar Referensi Tempat Wisata Di Boyolali Terlengkap untuk Liburan Seru Anda!
credit: @jateng_pesona

Tempat wisata di Selo Boyolali ini berlokasi di Dusung Selo Dhuwur, Desa Selo, Kecamatan Selo tepatnya di lereng gunung Merbabu. Di tempat ini terdapat sebuah gardu pandang dan spot selfie yang dibuat dari bambu yang disusun sedemikian rupa sehingga terlihat apik. Untuk tiket masuk ke Bukit Gancik cukup murah yaitu 5.000 rupiah saja per motor.

Google Maps : https://goo.gl/maps/nKuVUn1zwWD2

2. WISATA ALAM SUTERA

40+ Daftar Referensi Tempat Wisata Di Boyolali Terlengkap untuk Liburan Seru Anda!

Wisata Boyolali Alam Sutera termasuk destinasi wisata baru di Boyolali yang terletak di Dusun Pojok, Desa Samiran, Kecamatan Selo. Memang, Kecamatan Selo banyak menyuguhkan tempat tempat wisata baru yang bisa kamu kunjungi. Disini kamu akan disuguhkan sebuah panorama indah wilayah Boyolali yang dilihat dari dataran tinggi.

Google Maps : https://goo.gl/maps/D3vDoU5HMsw

Baca juga:

3. OMAH BAMBOO MERAPI

40+ Daftar Referensi Tempat Wisata Di Boyolali Terlengkap untuk Liburan Seru Anda!
credit: @explore.solo

Peta wisata Boyolali rumah bambu cukup mudah ditemukan, cukup gunakan aplikasi google maps ataupun waze dijamin kamu akan menemukan obyek wisata ini. Omah Bambu Merapi terletak di daerah kawasan jalur pendakian merapi via Selo. Terdapat gardu pandang sekaligus spot selfie tepat di belakang gardu pandang New Selo yang sudah terkenal sejak dulu kala.

Google Maps : https://goo.gl/maps/NDm2Z8MbiHM2

4. WATU BLEREK

credit: @jasmineardilaa

Objek wisata di Boyolali Jawa Tengah ini berlokasi Di Dusun Tegalsruni, Desa Samiran, Boyolali. Sebagaimana beberapa obyek wisata yang telah disebutkan sebelumnya, tempat ini juga menyajikan gardu pandang yang terbuat dari bambu dan sering dijadikan spot selfie oleh para pengunjung.

Google Maps : https://goo.gl/maps/qTQbdoiRga52

5. BUKIT KINASIH

credit: @us7865

Tempat wisata Boyolali terbaru ini sama dengan beberapa tempat wisata sebelumnya yang menyajikan sebuah gardu pandang dari bambu yang disusun rapi menjulang tinggi menawarkan keindahan panorama wilayah Boyolali dari ketinggian.

Google Maps : https://goo.gl/maps/ZjMt1rBsySk

6. TIKUNGAN CINTA

credit: @tikungan_cinta

Wisata Boyolali tikungan cinta sedang hits di kalangan kawula muda Boyolali. Gardu pandang dari bambu ini dihiasi dengan dekorasi berbentuk huruf T dan lambang love berwarna merah dan putih. Lokasi ini sering dijadikan spot selfie oleh para pengunjungnya dan cukup booming di sosmed instagram.

Google Maps : https://goo.gl/maps/fc8KBVfieb12

7. GARDU PANDANG SUROTELENG

40+ Daftar Referensi Tempat Wisata Di Boyolali Terlengkap untuk Liburan Seru Anda!
credit: @alzatrans

Terletak di Bukit Batur, Desa Suroteleng menawarkan keindahan panorama wilayah Kabupaten Boyolali dari atas pohon yang terletak di atas bukit. Kamu butuh nyali yang besar untuk dapat menghasilkan foto ciamik di lokasi wisata ini karena kamu harus menaiki anak tangga cukup tinggi dan duduk di pinggir papan kayu yang terletak di atas pohon.

Google Maps Suroteleng : https://goo.gl/maps/mZiGx9A571q

8. SPOT SELFIE JEMBATAN GANTUNG

credit: @tyansongep

Tempat wisata terkenal di Boyolali ini tidak dipungut biaya alias gratis. Sebenarnya spot selfie ini bukanlah tempat wisata, namun sebuah jembatan gantung penghubung yang menggantikan jembatan permanen yang telah hilang tersapu banjir lahar dingin. Lokasinya cukup strategis dan instagramable, tidak heran jika banyak wisatawan dan kawula muda yang datang ke lokasi ini untuk hunting foto.

Google Maps : https://goo.gl/maps/gFDET38G3652

9. LEMBAH GUNUNG MADU

credit: @pesonautaraboyolali

Daerah wisata Boyolali Lembah Gunung Madu layaknya sebuah taman kota yang cantik dan menarik. Berlokasi di Jalan Raya Simo-Klego, tepatnya di Desa Gunung Madu. Tempat wisata ini cukup luas dan udara sekitarnya masih sangat asri.

Google Maps : https://goo.gl/maps/UZMyFnk2Ewr

10. CAFE JOGLO

Masih berada di kawasan Lembah Gunung Madu, terdapat sebuah cafe yang menyajikan menu enak dan spot selfie kece yang instagramable. Coba mampir ke cafe ini dan unggah foto terbaikmu ke sosial media yang kamu punya, dijamin banyak orang yang bertanya letak tempat wisata tersebut di kolom komentarmu.  Oh iya, kafe ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 8 malam.

Google Maps : https://goo.gl/maps/TZq9sVfQLVo

11. DANAU TENGAH SAWAH

40+ Daftar Referensi Tempat Wisata Di Boyolali Terlengkap untuk Liburan Seru Anda!

Wisata Boyolali dan sekitarnya cukup banyak, salah satunya adalah Danau Tengah Sawah yang merupakan resto keluarga yang cukup menarik. Terletak di Dusun Menoro Desa Jembungan Kecamatan Banyudono, resto ini cukup mudah dijangkau dari seluruh penjuru Boyolali. Jam buka Danau Tengah Sawah mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 10 malam.

12. TAMAN ALAM SURAPATNA

Tempat wisata ini juga terbilang masih baru yang terletak di Desa Pantaran Kecamatan Simo. Suasananya masih sangat alami ditambah dengan gemericik air yang mengalir, sungguh eksotis dan menenangkan.

13. KEDUNG GORO

Wisata Boyolali Kedung Goro  terletak di Desa Bolo Kecamatan Wonosegoro.  Untuk dapat berenang di Kedung Goro ini tidak dipungut biaya sekalipun alias gratis. Bagi kamu yang kurang bisa berenang, sebaiknya berhati hati dan jangan main air sampai ke tengah ya karena Kedung Goro ini cukup dalam.

14. EKOWISATA TAMAN AIR TLATAR

Tempat wisata Tlatar Boyolali berlokasi di Dusun Gombol dan Dusun Tlatar. Untuk dapat menikmati beberapa wahana yang ada di ekowisata Taman Air Tlatar ini kamu cukup merogoh kocek sebesar 3000 rupiah saja per orang.

15. KAMPUNG AIR KRAGILAN BOYOLALI

Wisata Kampung Air Boyolali yang selanjutnya memang sedang terkenal. Terdapat beberapa fasilitas menarik yang melengkapi sensasi bermain air di kampung air ini. Tiket masuk ke lokasi wisata ini cukup murah, yaitu 5000 rupiah saja per orang.

16. AIR TERJUN SEMUNCAR

Terletak di Lereng Merbabu, air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 10 meter. Airnya cukup jernih dan segar. Kamu cukup merogoh kocek sebesar 5000 rupiah saja per orang untuk merasakan sensasi bermain air di air terjun Semuncar.

17. AIR TERJUN WATU ABANG

Selain destinasi wisata Boyolali Tlatar tempat bermain air, kamu bisa bermain air juga di sumber mata air di air terjun Watu Abang. Anak dari Air Terjun Semuncar ini mempunyai ketinggian sekitar 5 meter dan berlokasi di Kecamatan Ampel.

18. AIR TERJUN JUMBLENG

Satu lagi wisata air terjun di Boyolali yang terkenal yaitu air terjun Jumbleng yang berada di Sungai Sukuh, Dusun Kemuning, Desa Mudal. Untuk masuk ke lokasi wisata ini cukup membayar tiket masuk sebesar 2000 rupiah ke pihak pengelola yang merupakan warga masyarakat sekitar air terjun.

19. CURUG JUWANGI

40+ Daftar Referensi Tempat Wisata Di Boyolali Terlengkap untuk Liburan Seru Anda!

Meskipun harga tiket masuknya belum ditetapkan secara resmi, namun kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk merasakan sensasi bermain air di Curug Juwangi ini. letaknya di Kawasan Kecamatan Juwangi, Boyolali, Sesuai dengan namanya.

20. AIR TERJUN KEDUNG KAYANG

Objek wisata alam Boyolali yang satu ini sudah terkenal sejak lama. Untuk dapat mencapai air terjunnya kamu harus berjalan cukup jauh dari tempat parkir dan menuruni beberapa anak tangga yang cukup membuat berkeringat. Air terjun ini terletak di dua wilayah yang berbeda yaitu Desa Wonolelo dan Desa Klakah di dua kabupaten yang berbeda yaitu Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali. Maka dari itu, jangan kaget jika air terjun Kedung Kayang juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata Magelang.

21. KEDUNG THILENG

Obyek wisata ini masih baru dan tentunya suasana asri dan alaminya masih sangat terjaga. Kedung Thileng berlokasi di Kauman, Boyolali dengan harga tiket masuk yang belum ditetapkan secara resmi oleh pihak pengelolanya.

22. KEDUNG CINTA

Obyek wisata Boyolali Jawa Tengah berikutnya mempunyai nama yang cukup unik, yaitu Kedung Cinta karena terdapat papan berbentuk cinta yang bisa dijadikan spot foto bagi kamu yang narsis. Kedung Cinta berada di kawasan wisata Kedung Ombo dengan harga tiket masuk sebesar 10000 rupiah per orang dan retribusi parkir sebesar 3000 rupiah per kendaraan.

23. UMBUL TIRTOMULYO

Pemandian ala ala kerajaan ini berlokasi di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit. Airnya cukup jernih jadi kamu bisa selfie di dalam air dan mengunggah fotonya ke akun sosmedmu.

24. UMBUL PENGGING (PEMANDIAN TIRTO MARTO)

Wisata Pengging Boyolali juga mempunyai sebuah umbul atau tempat pemandian. Dinamakan Pemandian Tirto Marto, umbul ini mempunyai air yang juga jernih dan menyegarkan. Berenang di Umbul Pengging hanya dikenai tiket masuk sebesar 2000 rupiah saja per orang di hari biasa dan 3000 rupiah per orang di hari libur.

25. UMBUL LANGSE

40+ Daftar Referensi Tempat Wisata Di Boyolali Terlengkap untuk Liburan Seru Anda!

Tempat wisata di Boyolali yang gratis ini berlokasi di Desa Nepen, Teras, Boyolali. Layaknya umbul lainnya di Boyolali, air di Umbul Langse juga jernih sehingga kamu bisa berenang sembari selfie di dalam air.

26. WADUK CENGKLIK

Tempat ini sangat pas dijadikan spot untuk menikmati sunset di sore hari. Lokasinya berada di Desa Ngargorejo dan cukup mudah dijangkau dari seluruh penjuru Boyolali.

27. WADUK KEDUNG OMBO

Wisata air Boyolali yang satu ini masuk dalam 3 wilayah administrasi sekaligus, yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Grobogan. Meskipun panas, namun banyak anak anak muda yang hobi duduk santai di pinggir waduk sembari berselfie ria.

28. WADUK BADE

Tempat wisata di Boyolali Jawa Tengah ini cukup instragramble, tinggal ditambah sedikit proses editing agar tidak menghilangkan kesan keasliannya. Waduk Bade diresmikan oleh Mantan Presiden Soeharto pada tahun 1991 silam.

29. CANDI LAWANG

Tempat wisata menarik di Boyolali berikutnya berupa candi. Candi Lawang adalah salah satu candi di Boyolali yang mempunyai nilai sejarah cukup tinggi sehingga harus dilindungi dan dilestarikan. Terletak di Dusun Dangean, Desa Gedangan, Cepogo sebuah tempat yang banyak menghasilkan susu sapi perah.

30. RESTU WIJAYA WATERBOOM

Restu Wijaya Waterboom merupakan obyek wisata di Boyolali diserbu pengunjung di akhir pekan. Bagaimana tidak, inilah satu satunya waterboom yang mempunyai fasilitas dan wahana permainan air terlengkap di Boyolali. Letaknya berada di Jalan Simo-Bangak tepatnya di depan POM Bensin Simo yang berada di Desa Pelem, Boyolali.

31. PENDAKIAN GUNUNG MERBABU

Wisata Boyolali terkenal ini menjadi favorit para pendaki. Gunung Merbabu memang dikenal sebagai salah satu gunung dengan pemandangan puncak yang sangat cantik di Indonesia. Salah satu jalur pendakian resmi ke Gunung Merbabu terletak di Kecamatan Selo, Boyolali berdekatan dengan lokasi wisata Bukit Gancik yang telah dibahas sebelumnya.

32. GARDU PANDANG NEW SELO BOYOLALI

Obyek wisata Selo Boyolali berikutnya mempunyai landmarks yang terbilang baru berupa jejeran huruf bertuliskan NEW SELO layaknya jejeran huruf yang ada di Hollywood. Untuk menuju ke gardu pandang ini kamu harus lincah dalam mengendarai kendaraan karena jalannya terus menerus menanjak dan curam.

33. AGROWISATA SAPI PERAH CEPOGO

Cepogo dikenal sebagai salah satu daerah di Boyolali yang menghasilkan susu dari sapi perah terbaik di Indonesia. Ada banyak sekali penduduk yang memelihara sapi perah untuk diambil susunya dan disetorkan ke beberapa pengusaha di kota kota besar atau sekedar di jual di warung susu yang ada di sekitara Boyolali.

34. WISATA KULINER SAMBEL TUMPANG

Wisata kuliner Boyolali ini sangat enak, terbuat dari tempe busuk yang ditumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan bumbu bumbu lainnya seperti kencur, daun jeruk, dan bumbu lainnya. Jangan lupa tambahkan satu porsi nasi putih hangat sangat menyantap sambel tumpang ini agar lebih terasa nikmatnya.

35. ARJUNA WIJAYA BOYOLALI

Merupakan sebuah landmarks yang berada di bundaran Boyolali tepat di tengah kota. Patung ini berada di simpang lima Boyolali berdiri gagah dengan warna coklat keemasan. Tempat dimana patung ini berada sering dijadikan lokasi para anak muda Boyolali untuk nongkrong di sore maupun malam hari.

36. BROWN CANYON BOYOLALI

Tempat wisata terbaru di Boyolali ini berlokasi di sebelah utara wisata Kampung Air Kragilan. Dulu, brown canyon merupakan tempat penambangan batu golongan C. Lama kelamaan, tempat penambangan ini berubah menjadi tempat wisata yang instagramable dan banyak diburuh oleh pecinta fotografi. Eksotisme brown canyon Boyolali tidak kalah dengan Green Canyon yang ada di Amerika dan Brown Canyon yang ada di Semarang.

37. KAMPUNG LELE

Kampung Lele di resmikan oleh Gubernur Jawa Tengah yang menjabat kala itu, yaitu Bapak Mardiyanto. Sempat dikunjungi oleh Mantan Presiden SBY, kampung lele ini masih eksis sampai sekarang karena budidaya lelenya yang cukup baik dan kualitasnya unggul.

38. TIKUNGAN IRUNG PETRUK

Tempat wisata daerah Boyolali yang satu ini berada di Jalur Wisata Solo-Selo-Borobudur tepatnya di Desa Genting, Kecamatan Cepogo. Terdapat patung tokoh pewayangan bernama Petruk di tikungan ini dan tentunya tikungannya sangat tajam mirip dengan hidung Petruk sehingga dinamakan Tikungan Irung Petruk. Di pinggir tikungan ini tersedia beberapa tempat duduk dan warung kopi yang bisa dijadikan tempat untuk singgah sebentar sembari menikmati sejuknya udara dan indahnya panorama Boyolali-Solo dari ketinggian.

39. ALUN ALUN BOYOLALI

Alun Alun Boyolali berada di Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Boyolali. Alun alun ini sering dijadikan tempat rekreasi keluarga maupun tempat nongkrong para anak muda Boyolali di sore hari. terdapat 5 tempat ibadah yang berdampingan di dekat alun alun ini yang menandakan adanya kerukunan dan toleransi yang tinggi di Boyolali.

40. PENDAKIAN GUNUNG MERAPI JALUR SELO

Satu lagi tempat wisata di Boyolali dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi, yaitu pendakian Gunung Merapi via Selo. Kamu bisa memulai trackking mendaki ke puncak Merapi dengan terlebih dulu melapor ke basecamp yang terletak dekat dengan gardu pandang New Selo yang telah dibahas sebelumnya.

41. WISATA KULINER SOTO SEGER MBOK GIYEM

Tempat wisata kuliner di Boyolali yang enak adalah rumah makan Soto Seger Mbok Giyem. Salah satu warung soto Mbok Giyem yang cukup besar dan strategis di Boyolali terletak di jalur utama Boyolali Solo dekat dengan pusat kota Boyolali.

42. WISATA SENTRA KERAJINAN TEMBAGA

Jika ada tempat wisata di Ampel Boyolali berupa air terjun, di Boyolali juga terdapat sentra kerajinan tembaga yang berada di daerah Kecamatan Cepogo. Jika kamu sedang melewati sebuah daerah yang banyak terdapat gallerynya, maka kamu sudah masuk ke sentra kerajinan Tembaga Boyolali. Biasanya kerajinan mereka akan dijual ke seluruh Indonesia maupun diekspor ke mancanegara.

43. TAMAN TAMAN KOTA DI BOYOLALI

Tempat wisata baru di Boyolali cukup banyak, salah satunya adalah taman taman kota di Boyolali yang sedang dalam tahap pembangunan. Taman ini diharapkan dapat menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Boyolali yang dapat dimanfaatkan para warga masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan positif setiap harinya.

Masih banyak tempat wisata di Boyolali yang belum diulas seperti Bendungan Sidorejo, Wisata Pesanggrahan Pracimoharjo Paras, Agrowisata Samiran dan juga Agrowisata Sayur Selo.

Wisata Indonesia khususnya yang berada di Boyolali memang cukup banyak. Berbagai macam tempat wisata tersebut harus kita jaga kelestarian dan keindahannya agar bisa dinikmati pula oleh para generasi penerus. Sudah menjadi tugas kita bersama untuk selalu melestarikan budaya dan wisata yang dimiliki oleh daerah masing masing selama itu tidak melanggar Syariat.

Nah, wilayah Boyolali berbatasan langsung juga dengan Kabupaten Magelang. Jika kamu sedang melakukan perjalanan ke Boyolali, kamu bisa mampir sebentar ke beberapa tempat wisata Magelang yang dapat ditempuh sekitar 1 sampai 2 jam saja dari Boyolali dengan jalur berbukit bukit. Untuk lebih lengkapnya mengenai daftar tempat wisata di wilayah Indonesia, silahkan mampir ke website tempatwisataindonesia.id. Terimakasih sudah menyempatkan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here