Apakah Saat Ini SIUP Adalah Dokumen Yang Penting?

0
65
Apakah Saat Ini SIUP Adalah Dokumen Yang Penting?

Apakah Saat Ini SIUP Adalah Dokumen Yang Penting? – Surat Izin Usaha Perdagangan atau yang kerap dikenal dengan SIUP adalah surat izin yang wajib dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang melakukan kegiatan perdagangan berupa jual beli barang atau jasa. SIUP termasuk dokumen yang wajib dimiliki tidak hanya oleh pedagang atau perusahaan skala besar namun juga pedagang kecil dan UKM. Hal ini dikarenakan dengan memiliki SIUP, pelaku usaha bisa mendapatkan berbagai kemudahan serta bantuan dari pemerintah yang tentu saja akan sangat bermanfaat di saat situasi yang tidak menanti seperti ini.

SIUP adalah Dokumen Utama

Di saat pandemi seperti saat ini, pemerintah memberikan berbagai jenis bantuan kepada para pelaku usaha terutama UMKM untuk tetap bertahan. Namun, untuk mendapatkannya tentu saja prosesnya tidak mudah. Para pelaku usaha harus membuktikan legalitas dan kelayakan memperoleh bantuan dari pemerintah. Nah, disinilah SIUP memiliki peranan yang penting.

Secara sederhana, dengan memiliki SIUP suatu badan usaha telah memiliki izin serta legalitas sehingga lebih bisa dipercaya dibandingkan dengan pelaku usaha yang tidak memilikinya. Dengan SIUP, pelaku usaha akan mendapat bisa mengikuti lelang yang diselenggarakan oleh pemerintah serta memperlancar kegiatan ekspor impor. Hal ini tentu sangat penting mengingat sekarang banyak kebutuhan medis yang masih perlu didatangkan dari luar negeri karena belum bisa diproduksi di Indonesia. Disinilah momen anda dapat menaikan skala bisnis anda hingga ke luar negeri dimana hal ini merupakan impian semua umkm yang ada di tanah air kita.

Baca juga:

Tips Menghindari Penipuan Kwitansi Kosong yang Wajib Anda Tahu

Syarat Mendapatkan SIUP

Mengingat fungsinya yang mencakup legalitas usaha berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan, usaha yang memiliki kekayaan bersih di atas Rp 50 juta diwajibkan memiliki SIUP. SIUP sendiri terdiri dari 3 jenis yang disesuaikan dengan besarnya modal yang dimiliki oleh pelaku usaha. Secara umum terdapat SIUP kecil, SIUP menengah dan SIUP besar. Semua proses pembuatan SIUP bisa dilakukan secara gratis asalkan melengkapi persyaratan di bawah ini:

  1. Mengisi formulir permohonan
  2. Fotokopi surat izin tempat usaha
  3. Fotokopi izin gangguan
  4. Mengisi blangko isian SIUP
  5. Materai Rp 6 ribu sebanyak 2 lembar
  6. Melampirkan persyaratan tambahan (khusus sub bidang CV) yaitu berupa fotokopi akta pendirian, fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), neraca awal
  7. Sedangkan untuk perseroan terbatas (PT) atau Koperasi, ada 4 persyaratan tambahan lain berupa  surat keputusan Menteri Hukum (untuk PT) surat keputusan Menteri Koperasi (untuk koperasi) dan fotokopi KTP Komisaris dan Direktur PT atau koperasi.
Baca Juga:  Usaha Bisnis Pembenihan Ikan Mas di Lahan 1000m Persegi

Setelah melengkapi persyaratan, Anda bisa menyerahkan berkas-berkas tersebut ke Kantor dinas perdagangan atau kantor pelayanan perizinan setempat. Anda bisa menyerahkannya sendiri atau diserahkan oleh orang lain melalui surat kuasa yang ditandatangani oleh pemilik atau penanggung jawab perusahaan.

Untuk masalah biaya, sebenarnya hal ini masih cukup rancu. Umumnya biaya pembuatan SIUP berbeda-beda di tiap daerah tergantung dengan peraturan daerah masing-masing. Namun biasanya tarifnya tidak terlalu mahal. Sepengetahuan penulis, biaya pembuatan SIUP adalah gratis alias anda tidak dikenakan biaya sedikitpun. Namun jika anda tidak memiliki waktu dan kerepotan dengan pengurusan dokumen, anda bisa saja menggunakan biro jasa pembuatan SIUP karena pengurusan dokumen untuk admnistrasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan bisa lebih lama lagi apabila ada data-data dari anda yang perlu direvisi kembali.

Dari berbagai biro jasa yang saya amati pada halaman situsnya di internet, Pembuatan SIUP dengan biro jasa mematok biaya berkisar Rp 1,5 hingga Rp 4 jutaan dengan estimasi waktu memakan maksimal hingga 2 minggu.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda biasanya harus menunggu sekitar 1-2 minggu hingga SIUP jadi dan harus diambil sendiri ke kantor terkait. Sementara itu, untuk masalah masa berlaku mulai tahun ini pemerintah mengeluarkan aturan yang menghapus perpanjangan SIUP sehingga para pelaku usaha tidak perlu lagi memperpanjang SIUP tiap 5 tahun sekali. Hal ini tentu patut diapresiasi mengingat proses perpanjangan SUIP cukup merepotkan karena harus mengisi berlembar-lembar formulir.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui jika kepemilikan SIUP akan sangat membantu pelaku usaha terutama yang berkaitan dengan ekspor impor. Walaupun saat ini kegiatan perekonomian masih terbatas tapi dengan kepemilikan SIUP Anda bisa mendapatkan sedikit keringanan dalam menjalankan usaha. Untuk itu, kepemilikan SIUP adalah salah satu hal yang utama.

Demikian pembahasan mengenai Apakah Saat Ini SIUP Adalah Dokumen yang Masih Relevan untuk Anda Buat, semoga dapat menjawab pertanyaan yang ada di benak anda. Silakan share artikel ini ke media sosial rekan-rekan sekalian. Kalian juga bisa menanyakan hal-hal yang belum jelas dengan penjelasan diatas melalui kolom komentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga:  Kumpulan Skill yang Dibayar Tinggi yang Wajib Kamu Kuasai

Baca juga:

Benarkah Invoice Adalah Nota? Kenali Perbedaan Keduanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here