Yuk Rasakan Bagaimana Membuka Situs Favorit Anda di Browser Pertama pada Masa Tahun 90an

0
159
Browser pertama WorldWideWeb

Idearmanto.com – Bagi anda yang ingin merasakan Bagaimana Serunya Membuka Situs Favorit Anda di Browser Pertama pada Masa Tahun 90an, yuk disimak pemaparannya pada artikel kali ini.

Bagi anda yang lahir dan tumbuh kembang pada tahun 80an atau 90an tentu sebagian dari anda merasakan bagaimana yang namanya teknologi terlebih akses internet pada saat itu sangat terbatas dan hanya kalangan-kalangan tertentu yang dapat menikmatinya. Untuk teman-teman yang lahir pada era 2000an juga pasti penasaran dengan bagaimana rasanya orang tua kalian dulu bisa mengakses internet dengan sebuah browser. Selama ini kan kita hanya mengenal atau tidak asing dengan berbagai browser yang populer, sebut saja Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dll.

Sebuah organisasi di eropa yang berfokus pada penelitian tenaga nuklir yang dikenal dengan nama CERN telah mewujudkan keinginan anda dengan menghadirkan browser yang ada untuk pertama kalinya pada tahun 1990. Browser ini bernama WorldWideWeb yang mana merupakan kepanjangan dari WWW yang sering kita temui pada alamat sebuah website.

Baca juga:

Tentunya hal ini sangat cocok bagi anda penggemar di bidang IT seperti saya. Karena dari dulu sampai sekarang sebuah situs masih menggunakan bahasa HTML, jadi situs-situs yang anda kunjungi dengan WorldWideWeb ini dapat diakses dengan baik walaupun dengan tampilan ala kadarnya, sesuai dengan era teknologi pada saat itu.

Cara Mengakses Situs yang Anda Inginkan di Browser WorldWideWeb

Tanpa berlama-lama lagi mari kita amati langkah-langkahnya:

Pertama-tama browser favorit anda saat ini bisa Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, dll. Kemudian masukan alamat website ini https://worldwideweb.cern.ch/browser/ namawebsite.

Kemudian untuk membuka halaman baru dengan situs yang ingin anda tuju, pilih menu Document yang ada disisi kiri menu. Lalu pilih Open from full document reference, selanjutnya masukan alamat website yang anda tuju contohnya idearmanto.com, kemudian klik tombol Open dan selamat anda sudah bisa browsing situs favorit anda di browser pertama yang ada pada tahun 1990. Anda bisa lihat contoh nya pada gambar dibawah ini. Setiap link yang teman-teman buka dari situsnya, akan terbuka pada jendela baru(new window)

Browser pertama WorldWideWeb

Mengakses situs pada browser pertama dengan WorldWideWeb di zaman sekarang akan terlihat aneh dan konyol akan tetapi anda yang berlum pernah merasakannya setidaknya sekarang tahu bagaimana rasanya dan bagi anda yang beruntung dulunya pernah merasakan hal ini, anggaplah ini sebuah nostalgia 🙂

Hal ini sangat menyenangkan untuk mengakses browser pertama dimana browser ini masih bisa diakses dengan baik hingga saat ini(setidaknya saat artikel ini ditulis). Sebagai pengetahuan anda, kumpulan browser yang sempat ngetop pada masanya adalah seperti WorldWideWeb, ViolaWWW, Erwise, Netscape Navigator, Internet Explorer, dsb. Diantara browser yang saya sebutkan, saya yakin teman-teman sudah pernah mengakses sebuah website dengan aplikasi Internet Explorer.

Demikian pembahasan singkat kita kali ini mengenai Cara Mengakses Situs yang Anda Inginkan di Browser WorldWideWeb, Apakah anda terkesima dengan tampilan browser pertama atau anda menganggapnya hanya sebagai sebuah nostalgia para penggemar IT? Beritahu saya pendapat anda di kolom komentar dibawah dan share artikel ini jika anda menemukan manfaatnya dengan menekan tombol share yang ada dibawah.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here