Rekomendasi 7 Tempat Makan Malam Enak di Banjarmasin

0
82
Rekomendasi 7 Tempat Makan Malam Enak di Banjarmasin
Credit: @rahmatsandii

Rekomendasi 7 Tempat Makan Malam Enak di Banjarmasin – Kota Banjarmasin yang dikenal dengan julukan kota seribu sungai memiliki beragam tempat wisata yang indah. Di bidang kuliner pun, kamu bisa menemukan makanan-makanan lezat yang menjadi ciri khas kota ini.

Pada kesempatan kali ini saya ingin menjawab rasa penasaran teman-teman tentang kuliner malam apa saja yang di rekomendasikan di Banjarmasin. Daftar makanan dibawah berdasarkan selera pribadi penulis yang sudah sejak kecil(28 tahun) berada di Banjarmasin.

Bagi saudara-saudaraku yang muslim, insya Allah daftar makanan enak di Banjarmasin yang saya sebutkan dibawah semuanya Halal.

Bagi teman-teman yang sedang berlibur atau ada urusan kerja di Banjarmasin, malam harinya kamu bisa mencoba kuliner enak ini setelah seharian keliling-keliling kota.

Baca juga:

10 Rekomendasi Hotel Murah di Banjarmasin yang Berlokasi Strategis

Wajib Coba 7 Tempat Makan Malam Enak di Banjarmasin

1. Rumah Makan Lontong Orari

Rekomendasi 7 Tempat Makan Malam Enak di Banjarmasin
Credit: @rahmatsandii

Lontong orari merupakan masakan tradisional khas Banjarmasin yang memang sudah melegenda di kota ini. Bentuk lontongnya bisa dibilang beda dari sajian-sajian masakan lontong lainnya, berbentuk segitiga besar dan pipih. Rasa kuahnya manis dan gurih dan seperti yang bisa kalian lihat pada gambar diatas kuahnya kaya akan santan.

Kuah lontong orari terbuat dari rebusan nangka, santan, dan rempah bikin rasanya jadi sangat khas.

Di Rumah Makan Lontong Orari, mereka hanya menyediakan tempat makan secara lesehan dan mengharuskan kalian untuk melepas sepatu saat memasuki tempatnya. Jadi pakailah alas kaki yang nyaman saja.

Untuk harga per porsinya berkisar mulai dari 20rban.

Bagi teman-teman yang penasaran dengan nama orari Kamu dapat mengunjungi tempat makan ini dari jam 9 pagi hingga jam 3 subuh.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Banjarmasin yang Super Lezat dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga

2. Waroeng Pondok Bahari

Rekomendasi 7 Tempat Makan Malam Enak di Banjarmasin
Credit: @pondokbahari

Warung yang buka 24 jam ini menyajikan masakan Banjar diantara lain nasi kuning haruan, soto banjar, gado-gado bahari, sop buntut, ketupat kandangan, pencok atau rujak buah, dll.

Warung makan ini berlokasi di dekat tempat wisata ikonik khas Banjarmasin yaitu siring sungai martapura. Jadi bagi yang telah puas mengelilingi siring, kamu bisa langsung mampir kesini.

Untuk per porsi makanan harganya masih terjangkau di kantong yakni rata-rata berkisar mulai dari 20rban.

Suasananya yang masih khas dengan tradisional seperti penggunaan kayu sebagai bahan utama bangunannya lengkap dengan ornamen-ornamennya membuat kamu serasa berada di rumah zaman dahulu atau rumah adat. Tempatnya yang cukup luas sehingga cocok bagi kamu bersantai dengan rombongan keluarga dan sahabat kamu.

Baca juga:

10 Makanan Khas Banjarmasin yang Super Lezat dan Rekomendasi Rumah Makan Beserta Harga

3. Nasi Itik Gambut Tenda Biru

Credit: @sasmitaedo

Kuliner khas Banjarmasin yang harus kamu coba lainnya adalah nasi itik gambut. Ada banyak tempat makan yang menjual nasi itik gambut di daerah Gambut namun sepengatahuan penulis, Nasi Itik Gambut Tenda Biru-lah yang paling terkenal akan kelezatannya.

Kalian akan merasakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan lauk yang disuguhkan mulai dari ikan haruan, telur, hati dan rempela.

Gak perlu khawatir juga dengan kantong bolong setelah makan disini 🙂 karena harga per porsinya hanya dibanderol belasan ribu saja.

Bagi kamu yang terburu-buru untuk mengerjakan aktivitas lainnya namun masih tetap untuk mau makan, tenang saja karena penyajian disini cepat makanan sudah dibungkus dengan daun pisang jadi bisa kamu bawa langsung dalam perjalanan atau tinggal makan ditempat.

4. Mie Bancir Agus Sasirangan

Rekomendasi 7 Tempat Makan Malam Enak di Banjarmasin

Credit: @miebancir_khasbanjar

Masakan Banjar yang satu cocok bagi anda yang gemar dengan masakan jenis mie. Mie Bancir ala Master Chef Agus Sasirangan ini telah banyak cabang nya di Banjarmasin. Penamaan bancir sendiri terinspirasi dari kata banci atau yang lebih dikenal waria. Banyak yang mengatakan dinamakan demikian karena disajikan dimasak antara setengah berkuah dan setengah mie goreng.

Baca Juga:  Inilah Makanan Khas Dengan Tusukan Besi Jogja

Cita rasanya agak asin dan lebih dominan manis khas masakan banjar. Untuk dimakan saat cuaca dingin malam sangat cocok, kuah kental yang di kasih sambal dan di peras dengan jeruk nipis.

Varian topping yang banyak serta level pedas yang bisa kamu pilih membuatmu puas setelah pulang dari makan Mie Bancir Agus Sasirangan. Harga per porsi dimulai dari 20ribuan.

5. Depot Bakso Sapi Pal Satu

Credit: @depotbaksosapipal1

Walaupun tempat makan satu ini tidak identik dengan masakan Banjar namun untuk kuliner malam di Banjarmasin saya yakin rasa makanannya cocok di lidah banyak orang. Menyajikan menu-menu makanan Indonesia seperti bakso sapi, gado-gado, rawon, soto, pangsit goreng dan masih banyak lagi.

Semakin malam semakin padat oleh pengunjung, yang disayangkan untuk ukuran tempat bisa dibilang kecil dan tidak jarang pengunjung harus antri untuk makan ditempat. Namun meskipun begitu, saya bisa bilang makanan yang ada sangat layak untuk anda mengantri.

Untuk masalah harga relatif menengah ke atas atau diatas rata-rata bila dibandingkan dengan bakso-bakso lain tapi sesuai dengan cita rasa yang ditawarkan.

6. Kedai Bunda Flamboyan

Credit: @viral.banua

7. Rumah Makan Ikan Bakar Haji Fauzan

Credit: @makananenakbanjar

Baca juga:

10 Daftar Franchise di Bawah Rp 5 Juta di Tahun 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here