Mengenal Lebih Dekat Wisata Edukasi Museum Puspa Iptek Sundial

0
262
Mengenal Lebih Dekat Wisata Edukasi Museum Puspa Iptek Sundial
credit: @saefullah_14

Museum Puspa Iptek Sundial – Membicarakan tentang objek wisata edukasi, ibukota Jakarta memiliki museum PP Iptek yang berlokasi di area Taman Mini, sedangkan di Daerah Istimewa Yogyakarta juga ada Taman Pintar yang berlokasi tidak jauh dari Jalan Malioboro. Tidak mau ketinggalan, ternyata kota Bandung juga mempunyai wisata edukasi yang wajib anda kunjungi bersama anak anak.

Destinasi wisata yang diberi nama Puspa Iptek Bandung atau disebut Puspa Iptek Sundial ini berlokasi di Kota Baru Parahyangan. Sebagai area yang masih baru berkembang, Kota Parahyangan mempunyai potensi cukup besar untuk maju dalam memandang iptek.

Hal ini dibuktikan dengan didirikannya Puspa Iptek Bandung menjadi landmark Kota Baru Parahyangan. Nama Puspa Iptek Sundial sendiri adalah perpaduan dari istilah Puspa Iptek dan Sundial. Puspa adalah singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sementara Sundial memiliki arti sebagai jam matahari. Puspa Iptek Sundial ini diresmikan pada tanggal 11 Mei 2002. Berikut ulasan mengenai Puspa Iptek Sundial.

Daya Tarik Puspa Iptek Sundial

Latar belakang Puspa Iptek Sundial ini merupakan daya tarik utama dari museum ini. Perlu anda ketahui bahwa sebelum jam modern yang kita gunakan di jaman ini diciptakan, pada jaman dahulu orang orang menentukan waktu dengan menggunakan cara menandai bayangan suatu benda ataupun lubang jendela di dinding di mana bayangan itu jatuh, baik itu bayangan dari matahari atau bayangan bulan purnama.

Dari sinilah ditemukan pola pergerakan matahari yang dapat menunjukan waktu tertentu sebagai acuan kegiatan sehari-hari manusia pada saat itu. Pola pergerakan matahari yang dapat digunakan sebagai acuan waktu inilah yang saat ini kita kenal sebagai sundial atau jam matahari. Apabila anda penasaran atau ingin menunjukkan kepada buah hati anda bagaimana bentuk sundial ini, tidak perlu melakukan jauh, karena di Bandung ternyata terdapat jam matahari atau sundial terbesar di Indonesia.

Baca juga:

Gedung Puspa Iptek Sundial berdampingan dengan Gerbang Utama Kota Baru Parahyangan merupakan sebuah tatanan terpadu. Perpaduan hal itu menggambarkan refleksi konfigurasi dari bulan, bumi, dan matahari. Di gerbang utama gedung terdapat replika bumi yang dibuat dari batu utuh yang berdiameter 2 meter dengan berat kurang lebih hampir 12 ton. Batu berbentuk bulat tersebut dikelilingi oleh 12 tiang tinggi yang bermakna sebagai 12 bulan di sistem kalender.

Pada masing-masing tiang terdapat beragam hiasan kalender tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia juga mancanegara. Sementara bundaran dimana gedung Puspa Iptek Sundial terletak, melambangkan sang Matahari.

Bangunan gedung Puspa Iptek Sundial Parahyangan memiliki beragam warna yang mencolok dengan desain arsitektur gedung yang cukup unik. Keunikan dari bentuk gedung ini tidak dibangun secara asal-asalan namun ada fungsi dan maknanya. Gedung ini juga ditujukan untuk berfungsi sebagai sundial atau jam matahari.

Bentuk gedung yang unik, dengan modifikasi ukuran jarum membentang sepanjang 50 meter dengan tinggi mencapai 15 meter dari permukaan tanah sangat mencolok dipandang mata. Hal yang unik dari jam matahari atau sundial jam di Puspa Iptek Bandung ini telah mendapatkan penghargaan MURI sebagai jam matahari terbesar yang dibangun di Indonesia. Selain itu, menurut informasi yang beredar, sebenarnya sundial atau jam matahari ini merupakan yang paling besar di Asia Pasifik.

Museum ini selain yang menyimpan beragam alat yang berhubungan dengan iptek, museum Puspa Iptek Sundial Bandung ini juga mempunyai sekitar 120 alat peraga yang dapat dicoba oleh pengunjung untuk memahami konsep aplikatif dari aneka alat peraga tersebut.

Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak yang berkunjung ke tempat ini. Karena alat peraga di Puspa Iptek Sundial ini membutuhkan kemampuan berpikir, tempat ini lebih cocok bagi anak usia sekolah daripada usia pra-sekolah. Pada dasarnya di Puspa Iptek Sundial terdapat banyak sekali instruktur yang dapat menjelaskan juga membantu pengunjung dalam mencoba beragam alat peraga, akan tetapi apabila pengunjung disini terlalu banyak dalam satu waktu, maka instruktur nya pun tidak dapat melayani semua pengunjung.

Oleh karena itulah orang tua dapat berperan aktif dalam membantu anak anaknya untuk memahami fungsi alat peraga, karena di setiap alat peraga ada berbagai petunjuk yang tentunya akan sangat mudah dipahami oleh orang dewasa.

Selain memiliki dan menyediakan berbagai alat peraga, Puspa Iptek Sundial kota baru Parahyangan juga menyediakan bioskop 4 dimensi. Apabila anda memiliki banyak waktu luang tidak ada salahnya  bagi anda untuk turut menikmati bioskop 4 dimensi.

Akan tetapi bioskop 4 dimensi di Puspa Iptek Sundial merupakan sebuah gedung yang terpisah dari gedung sundial atau gedung jam matahari tadi. Bukan hanya itu, di Puspa Iptek Bandung ini terdapat beragam kegiatan sains harian antara lain demo sains serta observasi matahari menggunakan teleskop. Di luar gedung juga terdapat alat-alat peraga raksasa juga kandang kelinci dari beragam ras yang dapat diberi makan dengan biaya tambahan.

Macam-macam Alat Peraga di Puspa Iptek

Mengenal Lebih Dekat Wisata Edukasi Museum Puspa Iptek Sundial
credit: @nilanurrsyah_

Selain menyuguhkan sundial sebagai atraksi utama, Puspa Iptek Sundial juga menyajikan beragam peragaan ilmiah dengan konsep yang menarik, sangat jauh dari kesan membosankan yang selama ini menjadi momok dalam mempelajari ilmu eksakta, seperti kimia, fisika, juga biologi.

Beberapa alat peraga yang menarik untuk dicoba antara lain bangosong untuk mempelajari ilmu fisika mengenai bunyi, baskom air mancur yang menghasilkan “air menari” bila dipukul, uji konsentrasi dengan kursi berpaku, pengukur arus listrik pada tubuh manusia, sumur gravitasi dan sepeda gantung. Sepeda gantung Puspa Iptek merupakan salah satu alat peraga yang cukup populer di kalangan pengunjung.

Alat peraga sains yang cukup populer lain yang layak untuk dicoba yaitu Terapan Ilmu Gelombang Suara. Dimana dua orang duduk dengan dipisahkan sebuah  lempengan bulat yang berwarna kuning dan merah. Kemudian hanya dengan menggunakan lempengan tersebut, komunikasi antara dua orang tersebut pada jarak tertentu dapat terdengar tanpa dengan bantuan kabel maupun alat elektronik lainnya.

Ada juga peragaan “Try Science around the World”. Di situ terdapat perangkat komputer yang dihubungkan dengan internet juga perangkat lunak yang dapat memperlihatkan mengenai beragam percobaan teknologi dan ilmu. Dengan menggunakan alat tersebut, pengunjung dapat melakukan beragam eksperimen, sekaligus juga dapat melakukan petualangan ke berbagai ruang dan waktu dengan menu-menu khusus yang tersedia.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati edukasi di museum Puspa Iptek ini, anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000/orang. Akan tetapi apabila anda berniat untuk menikmati pertunjukan film 4 dimensi, anda dapat membeli tiket terusan yang sudah mencakup tiket untuk menonton film 4 dimensi dengan harga Rp 28.000,-/orang.

Jam Buka Puspa Iptek Bandung

Puspa Iptek Sundial buka mulai dari pukul 09.30 hingga 16.00. Apabila anda ingin berkunjung ke sini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena lokasinya tidak jauh dari gerbang tol Padalarang. Sekitar kurang lebih 5 menit dari gerbang tol, anda akan langsung dapat melihat gedung sundial jam matahari yang dari bentuk dan warnanya sudah menarik perhatian.

Map Puspa Iptek Bandung

Google Maps : https://goo.gl/maps/kQJQZ1apBqz5Gup67

Itulah sedikit ulasan mengenai salah satu tempat wisata di Bandung yang menyediakan wisata edukasi bagi anak anak anda. Yuk segera agendakan akhir pekan anda untuk menambah pengetahuan anak anak.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here