Pesona Eksotisme Air Terjun Tiu Teja Lombok

0
191
wisata Air Terjun Tiu Teja Lombok

Idearmanto.com – Eksistensi Gunung Rinjani di Pulau Lombok membuat kita kagum dengan berbagai macam keindahan alam yang ada disana, salah satunya adalah berupa air terjun yang memukau. Di Kabupaten Lombok Utara, anda dapat menemukan air terjun Sendang Gile, air terjun Tiu Kelep, dan air terjun Kerta Gangga. Sedangkan di Kabupaten Lombok Tengah anda dapat menemukan air terjun Benang Stokel dan air terjun Benang Kelambu. Dan di Kabupaten Lombok Timur anda akan disuguhkan dengan eksotisme air terjun Otak Kokok dan air terjun Jeruk Manis yang terkenal.

Masih sangat banyak tempat wisata di Lombok berupa air terjun yang terletak di lereng Gunung Rinjani berketinggian 3726 mdpl ini dan semuanya membentang dari ujung Lombok Utara hingga Lombok Timur. Namun, keterbatasan akses menuju ke lokasi air terjun serta masih minimnya fasilitas publik yang tersedia membuat berbagai air terjun indah yang tersembunyi tersebut sepi pengunjung.

Salah satu wisata air terjun di Lombok yang sedang dikembangkan menjadi lokasi wisata baru adalah air terjun Tiu Teja di Lombok Utara. Air terjun ini meramaikan khasanah pariwisata di Pulau Lombok selain pantai pantai pasir putihnya yang mempesona. Bagi anda yang hobi ber-adventure di alam bebas, maka air terjun Tiu Teja adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Meskipun Pulau Lombok dikenal hingga ke mancanegara dan dipromosikan sebagai surga eksotisme keindahan taman bawah laut serta gugusan pulau pulau berpasir putihnya yang menawan, namun keberadaan dan keindahan alam air terjun yang ada di sekitarnya tidak kalah menarik untuk anda kunjungi.

INFORMASI UMUM TENTANG AIR TERJUN TIU TEJA

Wisata air terjun Tiu Teja mempunyai ketinggian sekitar 50 meter dengan lebar sekitar 10 meter. Air terjun ini berada di tengah tengah hutan yang masih sangat asri dan ditumbuhi dengan pepohonan hijau yang daunnya lebat dan rindang. Di sekeliling air terjun Tiu Teja dihuni oleh satwa liar berupa monyet berekor panjang yang mempunyai nama latin Macaca fascicularis dan juga lutung hitam.

Baca juga:

Letak air terjun Tiu Teja berada di tengah hutan dengan akses yang masih terbatas. Untuk dapat menikmati keasrian air terjun dan alam sekelilingnya ini membutuhkan skill tertentu karena adanya beberapa tantangan yang tidak ringan. Sayangnya keasrian dan keindahan panorama air terjun ini dicoreng oleh pengunjung yang tidak mengindahkan aturan tentang larangan membuang sampah sembarangan.

Pada musim hujan, air terjun Tiu Teja mempunyai debit air yang cukup deras mengalir sempurna di kedua sisinya karena memang air terjun ini terdiri dari dua terjunan air yang berdampingan di sebelah kiri dan kanan. Namun, saat memasuki musim kemarau, debit air di air terjun ini akan sedikit berkurang dimana terjunan air yang ada di sebelah kiri sering kali hanya mengalirkan sedikit air saja.

LOKASI AIR TERJUN TIU TEJA LOMBOK

Google Maps : https://goo.gl/maps/W9PC77r2Hxn

Air terjun Tiu Teja berlokasi di Desa Santong Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Lokasi air terjun Tiu Teja berada sekitar 80 km diukur dari pusat kota di Mataram Lombok yang merupakan ibu kota Propinsi Nusa Tenggara Barat. Air yang mengalir di air terjun Tiu Teja berasal dari Danau Segara Anakan yang ada di Puncak Gunung Rinjani.

Kawasan air terjun ini berada sekitar 3 km dari Desa Santong dan dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua sampai ke area parkir yang menjadi gerbang obyek wisata tersebut. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda empat, harus rela turun di batas desa dan trackking sejauh kurang lebih 2 km karena jalan menuju air terjun Tiu Teja tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Ada dua jalur alternatif yang bisa anda lewati untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini, pertama melawati Senggigi dengan pemandangan laut yang indah dimana anda bisa mampir sebentar di Pantai Nipah sembari mengisi tenaga dengan makan ikan bakar. Atau anda juga bisa melalui jalur Puncak Pusuk yang didominasi alam pegunungan yang asri dan menyegarkan.

Rute menuju air terjun Tiu Teja cukup mudah dilalui meskipun butuh skill dan kemampuan khusus serta kewaspadaan dalam menghadapi jalanan yang sempit dan curam. Pengunjung akan diajak untuk menuruni jalan yang cukup curam sejauh 300 meter, namun jangan khawatir karena sekarang sudah dibuatkan anak tangga permanen yang memudahkan akses para pengunjung untuk mencapai air terjun.

PANORAMA DI AIR TERJUN TIU TEJA LOMBOK

Setelah melakukan perjalanan selama 15 menit, anda akan sampai persis di depan dua aliran air terjun Tiu Teja yang indah. Kelelahan menuruni anak tangga seketika akan sirna dan terbayar lunas dengan keindahan Air terjun Tiu Teja ini. keunikan lain dari air terjun ini adalah ketika mendapat sinar matahari, seketika akan muncul sinar pelangi diantara biasan titik titik air yang meluncur dari bibir air terjun.

Gambar air terjun Tiu Teja yang dihiasi biasan sinar pelangi di berbagai sosial media membuatnya menjadi viral dan terkenal di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Akibat sering terlihat pelangi di sekitar air terjun, akhirnya masyarakat setempat menamakan air terjun ini dengan nama Air Terjun Tiu Teja yang artinya air terjun pelangi.

Di bawah air terjun Tiu Teja Santong Lombok Utara ini terbentuk sebuah kolam alami selebar 10 meter persegi dengan kedalaman sekitar 1 meter yang dapat digunakan untuk berenang oleh pengunjung. Bias air yang turun dari ketinggian serta tebing tebing batu yang terdapat disekelilingnya membuat sekitar air terjun ini dipenuhi dengan lumut karena lembap.

Meskipun jalur air terjun Tiu Teja terbilang cukup ekstrim, namun tidak pernah menyurutkan niat para pengunjung yang penasaran akan eksotisme dan keindahan dari Air Terjun Tiu Teja ini. Air terjun ini juga bisa menjadi spot hunting foto bertema alam terbaik yang bisa anda peroleh di Pulau Lombok Utara.

HAL YANG PERLU KITA SADARI

Sempat terlihat beberapa sampah berserakan di sekitar jalur trackking menuju air terjun ini, namun pihak pengelola tidak bosan bosan mengingatkan pengunjung untuk selalu menjaga keasrian hutan dan kebersihan lingkungan sekitar air terjun.

Keberadaan hutan di sekitar air terjun ini mempunyai peranan penting bagi kehidupan masyarakat sekitar karena adanya pohon yang lebat, tanaman yang rindang, berbagai satwa yang menghuni hutan serta air terjunnya menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sosial mereka.

Eksistensi air terjun Tiu Teja Indonesia tentunya menambah eksotisme wisata yang ada di Indonesia, khususnya wisata alam yang ada di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Pesona alam dari air terjun Tiu Teja akan menambah rasa cinta dan kebanggaan kita semua terhadap keindahan alam dan ragam pariwisata di Indonesia.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here