Peluang Bisnis Rumahan Usaha Souvenir Pernikahan

0
174

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Souvenir Pernikahan bisa dijadikan salah satu usaha sampingan dengan hasil yang lumayan menjanjikan. Bisnis souvenir juga tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Bisnis ini juga menjadi bisnis yang tidak ada matinya, selama manusia masih merayakan pernikahan, selama itu pula permintaan akan souvenir pernikahan akan terus ada.

Pengelolaan bisnis souvenir juga tidak terlalu ribet. Kita bisa dengan menyediakan sampel souvenir untuk dijadikan katalog tanpa harus stok barang. Target market dari usaha ini adalah calon pasangan yang ingin menikah. Setiap pasangan yang ingin menikah pasti berharap moment spesialnya tersebut menjadi yang paling indah dan istimewa dalam hidupnya. Nah, dengan souvenir yang akan diberikan kepada para tamu undangan akan menjadikan media bahwa pernikahan mereka akan selalu dikenang. Karena itulah, semakin unik dan menarik souvenir yang kita tawarkan akan semakin menambah nilai jual produk kita kepada calon pembeli.

Sebelumnya kita telah membahas :

Kreativitas dan kualitas menjadi hal yang penting di dalam bisnis souvenir pernikahan. Berikut ulasan bisnisnya.

Beberapa hal yang dapat kita persiapkan sebelum benar-benar terjun ke dalam bisnis souvenir pernikahan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Survey langsung ke lapangan mengenai tren souvenir yang sedang banyak dicari pelanggan. Kecendurangan tren souvenir pernikahan selalu berubah-ubah. Ikuti setiap tren yang ada, catat jenis-jenis souvenir yang paling laris dari waktu-kewaktu. Kita bisa ambil jenis produk yang paling banyak dicari dahulu.
  • Ikuti kursus atau pelatihan untuk membuat souvenir pernikahan. Cari berbagai informasi dan tutorial juga dari berbagai sumber, misalnya buku dan internet. Anda bisa mencari referensi di udemy.com.
  • Jangan lupa untuk mencari sumber bahan baku untuk membuat kerajinan usaha souvenir pernikahan kita. cari berbagai tempat yang menjual bahan baku souvenir, jangan hanya mengandalkan dari satu tempat saja.
  • Apabila kita ingin menjual souvenir hasil karya pribadi dan juga souvenir dari orang lain (kulakan dari orang lain), cari langsung dari pengrajin untuk menekan harga.Seleksilah dalam memilih souvenir, karena setiap orang pasti ingin yang terbaik di hari pernikahannya.

Pembahasan Strategi Bisnis 4P Untuk Peluang Bisnis Usaha Souvenir Pernikahan

Agar dapat melihan gambaran secara umum mengenai usaha souvenir pernikahan ini, berikut ini adalah pembahasan untuk strategi 4P atau bauran pemasarannya:

•    Product (produk)

Produk yang kita ambil adalah souvenir pernikahan. Namun karena jenis souvenir pernikahan yang banyak sekali, kita bisa memilih sesuai dengan pangsa pasar kita. Bila kita ingin membidik pangsa pasar kelas atas, maka produk kita sebisa mungkin se-ekslusif dan semenarik mungkin. Masalah harga tidak terlalu sensitif asal souvenir kita memang benar-benar berbeda dari souvenir pernikahan kebanyakan. Tapi bila kita ingin menyasar pangsa pasar kelas menengah bawah, faktor harga menjadi sedikit sensitif. Inovasi produk (terkadang) tidak terlalu diperhatikan. Artinya, kita bisa menjual berbagai souvenir yang umum dijual ditempat lain. Faktor pembeda dari kita dibanding tempat lain bisa melalui harga dan pelayanan.

•    Place (tempat)

Tempat yang bisa dipakai untuk usaha ini ada dua pilihan, yaitu offline dan online. Apabila kita ingin berjualan offline, pilihlah tempat yang strategis yang mudah terlihat orang. Tempat yang bisa memajang berbagai sample souvenir yang menarik akan lebih bagus. Buat tempat usaha yang agak terbuka atau dengan etalase kaca sehingga terlihat dari luar souvenir yang kita pajang. Ini adalah salah satu cara promosi yang gratis dengan membuat orang lain merasakan langsung (dengan indera penglihatan) dari berbagai produk kita. Hal ini dapat membuat ingatan akan usaha souvenir kita lebih tajam di benak orang.

Nah, apabila kita ingin berjualan secara online saja tanpa membuka toko pun juga tidak ada masalah. Asalkan ada tempat di rumah, walaupun posisinya berada di dalam gang pun juga tidak apa-apa. Karena berjualan online, toko kita sebenarnya berada di internet. Dengan promosi yang tepat, jualan online juga tidak kalah ramainya dengan toko offline. Bahkan potensinya bisa jauh lebih besar asal dikelola dengan baik karena pangsa pasar online yang tak kenal batas geografis. Kita juga bisa menggabungkan strategi penjualannya dengan membuat toko secara offline dan menjual juga dengan cara online. Dengan catatan, kita harus punya modal untuk sewa toko, ya kan? hehe..

Baca Juga:  6 Tanda Bahwa Karyawan Anda Senang atau Stres?

•    Promotion (promosi)

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan peluang bisnis souvenir pernikahan ini, misalnya :

  • Buat label kecil pada setiap souvenir yang kita bikin. Label kecil ini berisi identitas merek/usaha kita. Tapi jangan sampai label ini menggangu, perhatikan letak dan ukuran labelnya pada souvenir. Ini salah satu promosi yang efektif, karena souvenir pasti akan dibagi-bagikan kepada para tamu undangan pernikahan sehingga apabila ada yang berminat memesan produk souvenir pernikahan kita, bisa langsung mencari merek atau akun media sosial yang kita cantumkan di label tersebut.
  • Lakukan promosi melalui akun sosial media dan media internet lainnya. Untuk target pangsa pasar kalangan atas, promosi online bisa jadi salah satu alternatif yang baik.
  • Ikuti event pameran yang ada untuk mengenalkan produk souvenir kita.
  • Apabila ingin “menjemput bola”, surveylah orang-orang yang akan menikah di KUA. Mintalah ijin kepada petugas KUA untuk informasi siapa saja yang akan menikah. Tawarkan langsung souvenir pernikahan kita kepada para calon pasangan ini.

•    Price (harga)

Berikut ini bahasan mengenai analisa bisnis modal usaha souvenir pernikahan dengan penentuan harga tertentu:

1. Modal awal

Peralatan                      1.000.000

Jumlah                        1.000.000

Asumsi penyusutan peralatan dalam 1 tahun dengan nilai residu (sisa) adalah 1.000, maka biaya penyusutan 1.000.000-1.000 dibagi dalam 1 tahun menjadi 999.000/tahun atau 83.250/bulan.

2. Perlengkapan

Bahan baku                                         750.000

Plastik kemasan                                  100.000

Jumlah                                                850.000

3. Perhitungan laba rugi per bulan

Pendapatan (100 kodi x 25.000) = 2.500.000

4. Biaya-biaya

Biaya bahan baku                                  750.000

Biaya penyusutan peralatan                     83.250

Biaya plastik kemasan                                       100.000

Biaya lain-lain                                        100.000

Jumlah Biaya                                      1.033.250

Laba Bersih                                         1.466.750

Asumsi: tempat memakai aset pribadi (bisnis rumahan), sehingga tidak ada biaya sewa tempat. Apabila ada biaya sewa tempat atau perubahan harga yang lainnya, silahkan disesuaikan dalam perhitungan di atas kemudian harga souvenir pernikahan disesuaikan kembali supaya mendapatkan laba sesuai yang kita inginkan.

Analisa Swot Dalam Bisnis Rumahan Souvenir Pernikahan

Faktor Internal – Strengths (Kekuatan) & Weaknesses (kelemahan)

  • Produk yang unik dengan kualitas bagus
  • Pelayanan yang ramah
  • Harga bersaingUsaha yang belum dikenal
  • Keterbatasan ketrampilan untuk inovasi souvenir pernikahan
Baca Juga:  Terbongkar Bahwa Orang Malas Juga Bisa Sukses

Faktor Eksternal – Opportunity (peluang) & Threats (ancaman)

  • Produk souvenir tidak ada matinya
  • Banyaknya permintaan pada bulan-bulan (musim pernikahan) tertentu
  • Banyaknya pesaing
  • Pembatalan pesanan yang sudah proses produksi karena kekecewaan

Contoh Strategi Bisnis Usaha Souvenir Pernikahan Yang Bisa Dilakukan Dari Hasil Analisa Analisa SWOT

•    Selalu kontrol kualitas di setiap produk yang kita buat. Karena kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Siapa sih yang gak pengen memberikan souvenir terbaik di hari pernikahannya?

•    Layani setiap permintaan calon pembeli, karena setiap orang mempunyai keinginan yang berbeda-beda untuk hari spesialnya.

•    Sebisa mungkin tekan biaya produksi bila target pasar kita untuk menengah ke bawah karena mereka sedikit sensitif terhadap harga.

•    Lakukan promosi yang rutin baik secara offline maupun online untuk mengenalkan produk-produk kita.

•    Selalu bikin inovasi dengan mencari inspirasi baru untuk membuat souvenir pernikahan menjadi unik dan menarik. Sering-seringlah browsing di internet mengenai hal ini, atau bisa juga dengan hunting majalah-majalah yang berhubungan dengan bisnis ini.

•    Guna menghindari pembatalan pesanan souvenir, pastikan benar-benar di awal transaksi bahwa pembeli sudah benar-benar fix dengan souvenir pilihannya. Tugas kita selanjutnya adalah menjaga kepercayaan pembeli dengan memberikan kualitas produk yang terbaik. Kalau perlu, buat perjanjian di awal bahwa DP dibayarkan minimal 50% dari total harga.

Bisnis rumahan usaha aneka souvenir pernikahan sebenarnya memberikan peluang bisnis dengan modal kecil namun potensi keuntungan yang besar. Strategi promosi yang tepat, inovasi produk dan kualitas yang terjaga merupakan kunci dari kesuksesan usaha ini. Karena siapapun pasti ingin yang terbaik di hari yang paling istimewa, yaitu hari pernikahannya. Semoga ulasan tentang Peluang Bisnis Rumahan Usaha Souvenir Pernikahan ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin memulai usaha souvenir pernikahan. Salam sukses!

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here