Analisa Peluang Bisnis Rumahan Usaha Sablon Kaos

0
169

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Sablon Kaos – menjadi salah satu peluang bisnis sampingan yang menjanjikan. Selain mudah dipelajari cara-caranya, usaha sablon kaos juga modalnya kecil dan terjangkau. Bisnis sablon pengelolaannya tidak terlalu rumit dan mempunyai resiko yang kecil. Keuntungan dari usaha sablon juga lumayan besar, bisa mencapai 50% dari biaya keseluruhan. Usaha sablon bisa dijadikan sebagai usaha rumahan apabila punya tempat yang cukup misalnya garasi.

Peluang usaha sablon kaos bisa mendapatkan permintaan yang melonjak tinggi pada musim-musim tertentu, misalnya waktu pemilu dan pilkada. Kebutuhan kaos sebagai indentitas partai dan calon-calon yang maju dalam politik pemerintahan sangat besar. Dengan banyaknya jumlah partai yang ada sekarang ini membuat usaha sablon kaos mempunyai prospek bisnis yang cukup bagus.

Konsumen usaha sablon pun cukup beragam, baik dari perusahaan, individu, instansi, maupun kepanitiaan sebuah acara. Pada waktu-waktu pergantian tahun ajaran baru, biasanya sekolah juga membutuhkan sablon kaos untuk seragam olah raga mereka. Apabila kita bisa menangkap peluang ini, maka usaha kita pun juga akan dapat berkembang dengan cepat.

Artikel sebelumnya :

Berikut Analisa Bisnis Tentang Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui dalam Peluang Bisnis Rumahan Usaha Sablon Kaos ini :

  • Persiapkan ketrampilan menyablon kita dengan baik tentang pemilihan warna, jumlah warna, ukuran dan lainnya. Ketrampilan kita dalam menyablon sangat mempengaruhi kualitas hasil sablonan kita. Semakin bagus hasil sablon kita, semakin puas pelanggan kita dan diharapkan mereka akan memesan kembali kepada kita. Ohya, pengetahuan kita tentang teknik sablon sebagai pemilik usaha penting, jangan hanya mengandalkan tenaga karyawan saja. Kita pun harus bisa mengontrol kualitas hasil sablon karena ini merupakan hal yang penting. Anda juga bisa menambah pengetahuan anda melalui YouTube.
  • Survey mengenai persaingan usaha sablon ini di kota kita. Berapa mereka menentukan harga sablonnya dan kualitas yang mereka berikan. Hal ini akan memberikan gambaran kepada kita bagaimana kita akan memberikan harga dan sampai sejauh mana kita menjaga kualitas hasil sablon kaos kita.
  • Calon pembeli sablon termasuk salah satu konsumen yang sensitif dengan harga. Karena itu, carilah penyedia bahan baku yang paling murah diantara penyedia yang lain untuk mengurangi biaya produksi sehingga harga sablon kita dapat bersaing dengan yang lain.
Baca Juga:  Peluang Bisnis: Tips Cara Penetasan Telur Ikan Gurami

Pembahasan Singkat Strategi Bisnis 4P Untuk Peluang Bisnis Rumahan Usaha Sablon

Guna memperjelas gambaran bisnis sablon, berikut ini kita bahas mengenai strategi mengenai bauran pemasaran (4P) mulai dari produk, tempat, promosi dan menentukan harga untuk mengetahui perhitungan laba rugi dari usaha sablon.

•    Product (produk)

Produk yang kita pilih tentu saja sablon kaos. Tentukankriteria-kriteria sablon yang bisa kita kerjakan. Apakah bisa 3 warna, atau baru melayani untuk warna hitam putih saja. Apabila modal cukup, kita bisa melayani sablon manual dan digital. Antara sablon manual dan digital mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Kelebihan sablon manual :

  • Warna sablon cenderung lebih awet, tapi tetap tergantung tinta yang kita gunakan. Semakin bagus tentu semakin awet
  • Sablon manual dapat memakai teknik timbul/busa
  • Biaya sablon bisa lebih murah untuk produksi dalam jumlah banyak

Kekurangan sablon manual :

  • Untuk sablon dengan warna yang banyak (warna-warni) hasilnya kurang maksimal
  • Membutuhkan proses pengerjaan yang lama karena memerlukan pembuatan film afdruk, penyablonan, penjemuran dan lainnya
  • Rata-rata sablon manual tidak melayani jumlah pesanan satuan, karena biaya sablon yang relatif tinggi. Ada minimal pesanan yang harus terpenuhi, bisa 12 pcs atau 24 pcs
  • Biasanya hasil sablonan akan sedikit rusak atau retak setelah dicuci dalam beberapa kali cucian

Kelebihan sablon digital :

  • Dapat menghasil warna yang lebih banyak (warna-warni) dengan hasil yang bagus
  • Proses pengerjaan relatif lebih cepat dengan mengunakan media kertas transfer (transfer paper)
  • Hasil sablon akan lebih cepat kering setelah pengepressan denga mesin press digital
  • Bisa melayani sablon kaos satuan tanpa minimal order

Kekurangan sablon digital :

  • Hasil dari sablon gambar/photo biasanya tidak lama dan cepat pudar tergantung pada kualitas kertas transfer dan tinta yang dipakai
  • Harga untuk sablon digital bisa lebih mahal karena biaya untuk kertas transfer dan investasi pada peralatan mesin sablon digital yang mahal
  • Jenis kaos yang bagus dipakai untuk jenis sablon digital hanya jenis kain tertentu, misalnya jenis kain katun combed. Hal ini karena jenis kaos katun combed akan menghasilkan laba yang lebih banyak daripada jenis kain yang lainnya seperti kaos bahan TC ataupun PE untuk menutupi biaya sablon yang tinggi
  • Luas area yang bisa disablon digital biasanya terbatas pada ukuran kertas transfer yaitu A4
Baca Juga:  Usaha Bisnis Pembenihan Ikan Mas di Lahan 1000m Persegi

Dari gambaran di atas, silahkan memilih produk sablon untuk usaha sablon kaos apakah akan menggunakan sablon manual atau langsung sablon digital.

•    Place (tempat)

Tempat yang bisa dipakai untuk usaha sablon sebenarnya tidak memerlukan lokasi yang strategis. Banyak usaha sablon kaos yang berada pada gang-gang sempit namun tetap ramai asal kita bisa melakukan promosi dengan tepat. Tapi bukan berarti lokasi yang harus berada di gang sempit, bila modal kita cukup, tidak ada salahnya kita membuka usaha sablon di lokasi-lokasi yang strategis.

•    Promotion (promosi)

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempromosikan usaha sablon kaos kita antara lain :

  • Lakukan penawaran dengan proposal secara langsung kepada perusahaan atau instansi-instansi yang masuk dalam target market kita. Sertakan contoh-contoh desain dan sample hasil sablonan dalam proposal tersebut.
  • Buatlah kartu nama yang bisa kita isi dengan akun-akun media sosial dan website kita.
  • Aktif dalam berpromosi melalui komunitas-komunitas yang biasa membuat baju seragam untuk kelompok mereka.
  • Buat penawaran kerjasama dengan anak sekolah atau mahasiswa fakultas dari suatu kampus untuk membuat kaos angkatan mereka.
  • Buatlah promosi melalui spanduk yang dipasang dalam lokasi strategis untuk target market kita dan juga brosur untuk dibagikan kepada target market sablon.

•    Price (harga)

Menentukan harga sablon kita lebih baik kita menilik terlebih dahulu berapa modal usaha  atau analisa bisnis untuk membuat usaha sablon kaos ini. Berikut adalah gambaran umumnya untuk usaha sablon manual :

1. Modal awal

Peralatan

Komputer                                            3.000.000

Printer                                                    700.000

Screen dan alat sablon                           500.000

Jumlah                                                4.200.000

Asumsi penyusutan peralatan dalam 4 tahun dengan nilai residu (sisa) adalah 1.000.000, maka biaya penyusutan 4.200.000-1.000.000 dibagi dalam 4 tahun menjadi 1.049.750/ tahun atau 87.479 /bulan.

Perlengkapan

Spanduk                                  100.000

Brosur                                     100.000

Alat tulis                                   50.000

Jumlah                                     250.000

2. Perhitungan laba/rugi per bulan

Pendapatan (500 pcs kaos x 7.000) = 3.500.000

Biaya-biaya

Biaya cat sablon                                     800.000

Biaya perlengkapan                                250.000

Biaya lain-lain                                        100.000

Jumlah Biaya                                      2.287.479

Laba bersih                                         1.212.521

Asumsi: tempat memakai aset pribadi (bisnis rumahan), sehingga tidak ada biaya sewa tempat. Apabila ada biaya sewa tempat atau perubahan harga yang lainnya, silahkan disesuaikan dalam perhitungan di atas kemudian harga sablon disesuaikan kembali supaya mendapatkan laba sesuai yang kita inginkan.

Analisa Swot Dalam Bisnis Rumahan Usaha Sablon Kaos

Baca Juga:  Peluang Bisnis Ayam Geprek yang Terus Menjadi Tren

Faktor Internal – Strengths (Kekuatan) & Weaknesses (kelemahan)

  • Harga yang bersaing
  • Pelayanan yang ramah
  • Kualitas sablon yang bagusUsaha yang belum dikenal
  • SDM yang perlu adaptasi

Faktor Eksternal – Opportunity (peluang) & Threats (ancaman)

  • Permintaan sablon masih banyak
  • Pesaing dengan alat yang lebih canggih

Pembayaran dari konsumen yang sering kali telat dari jatuh tempo

Contoh Strategi Bisnis Usaha Sablon Kaos Yang Bisa Dilakukan Dari Hasil Analisa Analisa SWOT

•    Keramahan dalam melayani calon pembeli bisa adalah faktor penting dalam usaha sablon. Konsumen pasti ingin hasil cetakan kaosnya terlihat bagus dan sempurna, karena itu layani dengan baik segala permintaan dari pelanggan

•    Cari informasi bahan baku dengan harga yang murah, pelajari teknik dalam sablon agar tidak terlalu boros dalam bahan baku sehingga dapat menekan biaya sablon

•    Sediakan juga jasa design untuk sablon. Miliki penawaran-penawaran design kaos yang khas yang bisa menjadi ciri usaha sablon kaos kita

•    Selalu lakukan kontrol terhadap kinerja karyawan, dan bimbing karyawan untuk bekerja dengan baik sesuai dengan job masing-masing.

•    Lakukan promosi dengan program-program tertentu untuk mengenalkan usaha sablon kita

•    Untuk menghadapi persaingan dengan pengusaha yang mempunyai alat lebih canggih, kita harus benar-benar mengandalkan kualitas hasil sablonan kita. Jangan sampai harga sablon kita sama dengan para pesaing, akan tetapi kualitas sablon kita kalah dengan mereka. Tentu saja para pelanggan akan meninggalkan kita nantinya.

•    Keterlambatan pembayaran dari pelanggan sedikit banyak akan mempengaruhi aliran uang kas usaha kita, untuk itu tidak ada salahnya untuk negosiasi untuk mendapatkan bahan kaos (bila melayani sablon sekalian penjualan kaosnya) di awal tapi dengan membayar belakangan. Atau bisa juga dengan bernegosiasi untuk memberikan DP yang lebih besar dari pelanggan kita di awal.

Peluang Bisnis Rumahan Usaha Sablon Kaos walaupun banyak pemainnya tetapi permintaan akan sablon tidak pernah sepi. Mempelajari teknik sablon menjadi hal yang sangat penting yang bisa mempengaruhi kualitas dan biaya produksi. Banyak pengusaha yang terbukti berhasil dalam mengembangkan bisnis usaha sablon ini. Jadi mengapa kita tidak bisa berhasil apabila ada seseorang yang sudah terbukti bisa berhasil. Semoga bermanfaat. Salam sukses!

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here