Cara Mengunci dan Menambahkan Password pada Notes iPhone atau iPad Anda

0
166
lock iPhone notes

Cara Mengunci dan Menambahkan Password pada Notes iPhone atau iPad – Para pengguna iPhone dan iPad tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bawaan dari iOS yakni Notes. Semua yang anda catat dalam iPhone atau iPad anda akan bergelut pada aplikasi satu ini. Ketika anda memiliki kumpulan catatan penting seperti daftar password akun yang anda miliki, diary pribadi anda, dokumen super rahasia, catatan kesehatan, dan sebagainya. Anda tentu ingin sekali mengaja kerahasiannya agar tidak diketahui oleh orang lain. Anda ingin mengunci dan menambahkan password pada Notes.

Bagi anda yang belum tahu dengan cara tersebut, saya akan bahas secara lengkap mengenai hal tersebut kali ini. Teman-teman akan bisa menetapkan satu password untuk semua catatan yang ada atau anda juga bisa menetapkan macam-macam untuk catatan yang berbeda pula. Akan tetapi perlu diingat cara ini sedikit rumit sehingga anda perlu menyimaknya dengan seksama, maka dari itu saya akan melengkapi langkah-langkah yang akan saya sebut dengan gambar-gambar di tiap langkah agar anda tidak kebingungan.

Baca juga:

Cara Mengunci dan Menambahkan Password pada Notes iPhone atau iPad

Tanpa panjang lebar lagi, mari kita ikuti caranya sebagai berikut:

Pertama-tama buka aplikasi Notes di iPhone atau iPad anda, lalu pilih catatan yang ada atau buat catatan baru jika anda belum memiliki catatan yang ingin dikunci kemudian simpan catatan tersebut. Kedua, pada halaman catatan atau note anda, tekan tombol Share.

Kemudian akan muncul beberapa pilihan dan anda pilih Lock Note.

Cara Mengunci dan Menambahkan Password pada Notes iPhone atau iPad Anda

Jika anda belum pernah membuat password untuk Notes sebelumnya maka anda akan diminta untuk membuat password dan hint atau petunjuk untuk anda mengingat passwordnya. Perlu menjadi perhatian bagi anda semua, password yang anda akan masukan menjadi password untuk semua note yang anda kunci nantinya. Jadi hendaknya anda benar-benar menyimpan dan mengingat password ini.

Cara Mengunci dan Menambahkan Password pada Notes iPhone atau iPad Anda

Jika sudah memasukan password, tahapan berikutnya adalah mengunci note ini dengan cara menekan tombol gembok seperti yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Maka kini, setiap kali anda membuka catatan anda pada aplikasi Notes yang ada di iPhone atau iPad anda akan muncul tulisan “This note is locked“. Untuk membuka catatan anda tekan View Note dan masukan password yang sudah anda buat sebelumnya.

Catatan-catatan yang anda beri password akan memiliki tanda gembok disisi judul catatan tersebut. Jika satu saja anda membuka kunci dari catatan tersebut maka catatan lain juga akan terbuka, jadi anda tidak perlu untuk membuka kuncinya satu persatu.

Cara Mengunci dan Menambahkan Password pada Notes Mac

Bagi anda pengguna Mac, anda bisa ikuti cara-cara yang mudah sebagai berikut

Buka aplikasi Notes anda di Mac, lalu pilih catatan yang ingin anda tambahkan password. Lalu klik kanan dan pilih Lock Note. Kemudian anda akan diminta untuk memasukan password yang diinginkan. Jika sudah, akan ada lambang gembok disisi kiri catatan anda.  Klik tombol gembok yang ada diatas catatan anda lalu pilih Close All Locked notes untuk mengunci semua catatan yang ada.

Cara Mengunci dan Menambahkan Password pada Notes iPhone atau iPad Anda 6_

Bagaimana dengan Cara Mengubah Password yang Sudah Ditetapkan?

Mudah sekali teman-teman dan bisa dilakukan kapanpun anda mau. Pada iPhone atau iPad anda buka menu Settings lalu scroll kebawah dan pilih Notes. Kemudian pilih Password dan tekan opsi Change Password. Pada halaman Change Password, anda akan diminta untuk mengisikan password lama dan baru serta petunjuk bagi anda untuk mengingat password, jika suatu saat anda lupa dengan password yang telah anda buat.

Untuk Pengguna Mac, buka aplikasi Notes anda dan pilih Preferences, lalu pilih opsi Change Password. Seperti cara pada iPhone dan iPad sebelumnya, anda harus memasukan password lama, dan membuat password baru. Anda bisa kunjungi MacWorld untuk pembahasan yang lebih mendalam dengan bahasa Inggris.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Cara Mengunci dan Menambahkan Password pada Notes iPhone atau iPad Anda. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here