Pahami 5 Hal Ini Sebelum Anda Menggunakan Co-Working Space

0
223
Co-Working Space

Pahami 5 Hal Ini Sebelum Anda Menggunakan Co-Working Space – Sekarang pilihan untuk mendirikan kantor memang menjadi sesuatu yang sangat sulit dipikirkan. Dengan harga tanah atau harga sewa yang sangat mahal, pebisnis menjadikan ruang kerja bersama sebagai pilihan dan alternatif. Dengan ruang kerja bersama, para pebisnis memang dapat bekerja dengan bebas tanpa harus mempertimbangkan harga mahal sebuah kantor. Untuk pebisnis dengan dana terbatas, ruang kerja bersama jelas merupakan pilihan yang tepat untuk menjalankan bisnis.

Tetapi karena sekarang ada banyak pilihan untuk ruang kerja bersama ini, kita harus pandai memilih ruang kerja bersama yang tepat. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang dapat Anda gunakan sebagai pedoman saat memilih ruang kerja bersama (co-working space) :

1. Lokasi Ruang Kerja

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih ruang kerja bersama adalah lokasi. Agar Anda mendapatkan dukungan yang baik dan produktif dalam menjalankan bisnis, Anda harus memilih ruang kerja bersama yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Pastikan juga bahwa ruang kerja bersama ini berada di lokasi yang mudah diakses dan strategis. Karena jika lokasi ruang kerja bersama ini sulit dijangkau dalam jarak dekat, Anda akan kesulitan mengaksesnya dengan kendaraan jika diperlukan. Jangan lupa area di sekitar ruang kerja bersama yang mendukung aktivitas kerja Anda. Dukungan dalam aktivitas kerja di sekitar ruang kerja bersama dapat berupa tempat makan, tempat ibadah, belanja dan sebagainya.

Baca juga:

2. Fasilitas Pendukung

Setiap ruang kerja bersama biasanya memiliki fasilitas yang disediakan untuk semua orang yang datang. Tidak hanya fasilitas yang mendukung pekerjaan, tetapi ruang kerja bersama tentu juga menyediakan fasilitas untuk kegiatan lain. Beberapa fasilitas pendukung penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih ruang kerja bersama adalah penyejuk ruangan, ruang rapat, koneksi internet cepat, loker pribadi dan mesin fotokopi atau printer. Tetapi jika ruang kerja bersama menyediakan lebih banyak fasilitas pendukung, tentu akan menguntungkan Anda lebih banyak. Karena semakin lengkapnya fasilitas yang ada di ruang kerja bersama, maka akan semakin membuat Anda semakin produktif dalam bekerja mengembangkan bisnis.

3. Suasana Lingkungan

Untuk dapat bekerja secara produktif, kenyamanan tempat, termasuk ruang kerja bersama, tentu sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika Anda bekerja di tempat yang tidak nyaman, Anda tentu tidak dapat bekerja secara optimal. Karenanya Anda tidak dapat bermain lagi dengan nyaman di ruang kerja bersama ini. Suasana nyaman ruang kerja bersama kami dapat ditemukan dari beberapa hal seperti keberadaan pendingin ruangan (AC), meja dan kursi yang nyaman, pencahayaan yang baik, desain kamar yang menyenangkan dan juga ketenangan suasana.

4. Komunitas Pengguna

Di ruang kerja bersama, akan ada beberapa orang yang datang dan bekerja di sana. Nah dari sini Anda yang ingin menjadi pengusaha yang hebat, Anda tidak bisa melupakan orang-orang yang datang ke sana. Anda harus tahu siapa orang-orang ini. Pastikan Anda berkenalan satu sama lain untuk dapat membangun hubungan bisnis. Bagi pebisnis, relasi atau jaringan bisnis ini memang sesuatu yang sangat penting. Nah, di sinilah Anda harus mengambil keuntungan dari situasi di ruang kerja bersama ini tidak hanya untuk ruang kerja, tetapi juga untuk membangun hubungan bisnis seluas mungkin. Seperti yang dilansir cnbcindonesia.com, banyak perusahaan start-up yang mengggunakan co-working space untuk mengakomodasi kebutuhan pekerja.

5. Layanan Manajemen

Ruang kerja bersama tentu saja manajemen yang mengaturnya. Dalam mengelola manajemen ruang kerja bersama ini dapat berdampak pada kualitas layanannya. Sekarang sebagai pengusaha yang tidak ingin sia-sia saat menyewa ruang kerja bersama, Anda juga perlu memperhatikan dan mempertimbangkan layanan manajemen. Pastikan layanan mereka kepada Anda sebagai pengguna ruang kerja sama terasa memuaskan. Kita dapat melihat layanan manajemen ruang kerja bersama dari sejumlah hal seperti keramahan, respons terhadap keluhan, atau layanan tambahan lainnya yang disajikan.

Itulah pembahasan mengenai Pahami 5 Hal Ini Sebelum Anda Menggunakan Co-Working Space. Semoga bermanfaat ya.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here