Begini Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Untuk Skripsi

0
149
Begini Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Untuk Skripsi

Idearmanto.com – Membuat daftar isi misalnya untuk skripsi memang terlihat mudah, apalagi jika Anda mengetahui cara membuat daftar isi otomatis di Word untuk skripsi. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah membuat daftar isi yang bisa dilakukan dengan cara yang lebih praktis dan mudah.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word

Pada dasarnya cara membuat daftar isi otomatis di Word untuk skripsi cukup mudah karena Anda hanya perlu menentukan kalimat atau text apa saja yang akan dijadikan sebagai bagian dari heading, Microsoft Word hanya mengenal 3 heading saja. Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan singkat di bawah ini:

  1. Buka dokumen Word yang isinya akan Anda jadikan sebagai bagian dari daftar isi.Begini Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Untuk Skripsi
  2. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa dalam membuat daftar isi diperlukan kalimat atau text tertentu dalam dokumen yang dijadikan sebagai heading. Microsoft Word memiliki 3 jenis heading atau juga dikenal dengan sebutan level. 3 jenis heading itu ditempatkan pada posisi yang berbeda, heading 1 letaknya ada di posisi paling atas, heading 2 berada di bawah heading 1 sedangkan heading 3 ada di bawah heading 2.Begini Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Untuk Skripsi
  3. Setelah memahami posisi heading pada daftar isi, selanjutnya Anda perlu mempraktekkannya, dengan cara pilih kalimat atau text mana saja yang akan Anda jadikan sebagai heading 1. Saat Anda menjadikan text tersebut sebagai heading 1 maka warnanya akan langsung berubah menjadi biru, namun nanti Anda bisa menggantinya lagi dengan warna yang Anda inginkan.Begini Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Untuk Skripsi
  4. Selanjutnya, Anda juga perlu memilih kalimat atau text mana saja yang akan Anda jadikan sebagai heading 2. Sama seperti text yang dipilih untuk jadi heading 1, ketika Anda memilih text yang akan dijadikan sebagai text 2 maka warnanya juga akan berubah jadi biru dan fontnya pun akan menjadi lebih kecil, namun nanti Anda bisa menggantinya lagi dengan warna dan font yang sesuai dengan keinginan Anda.Begini Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Untuk Skripsi
  5. Setelah semua kalimat atau text yang ingin Anda jadikan sebagai heading 1 dan heading 2 sudah Anda tentukan, maka langkah berikutnya pindahkan kursor ke halaman pertama dokumen Anda, lalu klik tab references.
  6. Lalu pilih “table of contents” selanjutnya pilih salah satu dari “automatic table 1” atau “automatic table 2”. Lebih baik Anda pilih “automatic table 1” saja.
  7. Kemudian secara otomatis daftar isi akan langsung terbuat, sesuai dengan heading 1, heading 2 yang telah Anda tentukan tadi.
  8. Setelah daftar isi otomatis terbuat, Anda tinggal mengganti “Content” dengan tulisan “Daftar Isi”. Dalam tahap ini Anda juga bisa mengubah warna, ketebalan, jenis font yang sesuai dengan keinginan Anda.

Satu hal yang perlu diingat adalah, untuk membuat daftar isi secara otomatis Anda perlu untuk memahami bagaimana cara penggunaan heading yang tepat, sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan di atas. Jika Anda sudah benar-benar memahami fungsi dan tujuan pemilihan text yang digunakan sebagai heading, maka membuat daftar isi secara otomatis ini akan terasa lebih mudah.

Baca juga:

Itulah langkah-langkah membuat daftar isi secara otomatis untuk skripsi dengan cara yang mudah. Dengan cara tersebut, maka Anda tidak perlu lagi membuat daftar isi secara manual yang tentunya akan lebih merepotkan dan biasanya tampilannya pun tidak akan serapi daftar isi yang dibuat secara otomatis. Anda bisa membeli Microsoft Word di Shopee dan Tokopedia.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here