Tutorial Mudah Membuat Cover Makalah Dengan Microsoft Word

0
196
Tutorial Mudah Membuat Cover Makalah Dengan Microsoft Word

Tutorial Mudah Membuat Cover Makalah Dengan Microsoft Word– Masih banyak yang menganggap bahwa aplikasi Microsoft Word hanya dapat digunakan untuk mengetik dokumen, padahal aplikasi sejuta umat ini memiliki banyak kegunaan lain, salah satunya membuat cover atau sampul. Bila Anda sedang memerlukan sampul—terutama untuk makalah, maka Anda cukup mempraktekkan cara membuat cover makalah di Microsoft Word dengan mudah dalam ulasan berikut ini.

Tutorial Pembuatan Cover Makalah

  1. Buka jendela aplikasi Microsoft Word pada PC Anda, jalankan.
  2. Arahkan kursor ada tab ‘Insert’, kemudian klik.Tutorial Mudah Membuat Cover Makalah Dengan Microsoft Word
  3. Perhatikan deretan opsi di pojok kanan atas, Anda akan melihat pilihan ‘Cover Page’. Silakan klik.
  4. Ketika Anda menekan opsi ‘Cover Page’, maka akan muncul tab khusus yang berisi aneka pilihan desain yang disediakan secara gratis oleh pihak Microsoft.Tutorial Mudah Membuat Cover Makalah Dengan Microsoft Word
  5. Pilih dengan menekan desain yang Anda kehendaki untuk digunakan sebagai sampul makalah Anda. Jadikan topik atau materi makalah untuk bahan pertimbangan agar mendapatkan desain yang berkorelasi.
  6. Desain cover tersebut akan langsung ditambahkan pada lembar kerja.
  7. Selanjutnya, Anda perlu melakukan proses editing, di antaranya tentang ukuran, font yang digunakan, gradasi warna sampul, serta yang paling penting adalah informasi pada cover.
  8. Simpan desain buatan Anda untuk kemudian dicetak bersama dengan bagian lain makalah. Gunakan kertas yang lebih tebal dan berkualitas bagus dalam mencetak sampulnya.Tutorial Mudah Membuat Cover Makalah Dengan Microsoft Word

Baca juga:

Cara Menambahkan Desain Template Cover di Microsoft Word

Desain-desain yang disediakan oleh pihak Microsoft merupakan template default yang mungkin bagi Anda terasa terlalu simpel. Opsi editing yang disertakan pada template siap pakai tersebut juga sangat terbatas. Bila Anda ingin mendapatkan lebih banyak template sampul alternatif, ada tiga hal yang dapat Anda lakukan :

a. Aktifkan opsi ‘Enable Content Updates from Office.com’. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan update aneka desain template terbaru secara berkala yang membuat opsi untuk sampul makalah Anda turut menjadi lebih banyak. Namun dari cara yang satu ini Anda tidak dapat berharap banyak karena desain yang ditawarkan kurang lebih sama, terlalu konvensional hingga terasa kaku.

b. Dari cara membuat cover makalah di Microsoft Word dengan mudah, langkah kedua yang dapat dilakukan bila merasa tidak puas dengan template yang tersedia adalah dengan mengunduh desain dari pihak ketiga. Cukup dengan mengetikkan ‘template cover page Microsoft Word’ pada mesin pencarian, Anda akan mendapatkan banyak rekomendasi situs untuk mengunduh aneka desain sampul unik.

c. Cara terakhir adalah mengembangkan kreativitas Anda untuk membuat sendiri desain template sampul makalah sesuai keinginan. Prosesnya pun tidak rumit. Anda cukup masuk ke tab ‘Insert’ 🡪 ‘Cover Page’, lalu pada kolom rekomendasi template, lihat sudut bawah dan klik menu ‘Save Selection to Cover Page Gallery’.

Setelah itu, akan muncul sebuah dialong ‘Create New Building Block’. Anda diwajibkan untuk melakukan edit isi boks dialog tersebut, mulai dari ‘name’—berisi judul dari makalah dan informasi terkait lain, ‘gallery’—di mana Anda dapat menambahkan desain cover impian, ‘description’—tujuan pembuatan cover, sedangkan untuk ketiga opsi lainnya biarkan saja. Setelah Anda klik OK, maka sampul makalah buatan Anda siap digunakan.

Tidak sulit bukan mengikuti tutorial cara membuat cover makalah di Microsoft Word dengan mudah di atas? Dengan membuat sendiri sampul dari makalah, selain mendapatkan kepuasan, Anda juga tidak perlu menggunakan jasa profesional ataupun khawatir makalah yang dikerjakan akan mendapat nilai buruk hanya karena cover yang tidak menunjang. Jangan lupa untuk membeli Microsoft Word yang asli ya agar kita bisa menikmati semua fitur yang ada di aplikasi tersebut. Anda bisa cek Tokopedia dan Shopee untuk membelinya.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here