Budidaya Kelinci dengan Benar! Berikut Jenis Makanan Kelinci Anggora yang Baik dan Benar

0
228
budidaya kelinci

4 Jenis Makanan Kelinci Anggora – Kelinci Anggora memang menjadi favorit para pecinta hewan untuk dijadikan sebagai binatang peliharaan. Kelinci yang berasal dari negara Turki ini memang terbilang sangat indah karena bulunya yang halus dan lembut, juga cocok untuk anda budidaya sebagai bisnis.

Nah untuk menjaga kondisi tubuhnya, anda perlu memperhatikan asupan yang anda berikan untuk Kelinci Anggora. Makanan Kelinci Anggora biasanya sama saja seperti makanan kelinci lain. Kelinci adalah hewan yang doyan sekali makan, apa saja mau. Akan tetapi tak berarti semua makanan itu baik untuk si kelinci. Jenis makanan yang diberikan dengan tepat akan berpengaruh positif bagi tumbuh kembang kelinci anggora.

Nah sebagai panduan, berikut adalah Makanan Kelinci Anggora yang boleh diberikan :

1. Sayuran

Budidaya Kelinci dengan Benar! Berikut Jenis Makanan Kelinci Anggora yang Baik dan Benar

Sayuran atau hijauan adalah salah satu jenis pakan yang boleh diberikan kepada kelinci Anggora. Beberapa di antaranya adalah sawi, kangkung, lobak, caisim, wortel, daun singkong dan juga kol. Semua sayuran itu tak boleh diberikan dalam kondisi masih segar atau baru dipetik. Layukan dahulu sayuran itu dengan tujuan memperbesar kadar serat kasar dan juga menghilangkan getah dan mungkin juga racun yang terkandung dalam sayuran segar. Getah atau racun sangat berpotensi mengakibatkan kelinci Anggora mencret dan yang gawat adalah kejang-kejang yang berakhir dengan kematian.

Baca juga:

2. Rumput-rumputan

4 Jenis Makanan Kelinci Anggora

Rumput-rumputan adalah makanan terbaik bagi kelinci Anggora karena kaya dengan kandungan serat. Ada beberapa jenis rumput yang boleh diberikan pada kelinci Anggora di antaranya adalah rumput gajah dan juga jenis jenis rumput liar di alam bebas maupun tanah lapang. Rumput gajah merupakan jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh kelinci Anggora sebab biasanya rumput ini tak bercampur dengan tanaman lain. Bagian rumput gajah yang boleh diberikan adalah mulai pucuk hingga bagian tengah.

3. Biji-bijian

Kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi adalah alasan utama diberikannya biji-bijian ini untuk kelinci. Beberapa di antaranya ialah jagung, padi, kedelai, gandum dan kacang hijau. Namun perlu diingat bahwa sebelum diberikan kepada kelinci, biji-bijian itu harus ditumbuk atau digiling lebih dulu agar gampang dicerna oleh pencernaan kelinci.

4. Konsentrat

Makanan kelinci ini hanya sebagai makanan tambahan untuk kelinci yang melulu hanya diberi makan hijauan. Konsentrat ini berfungsi sebagai pengganti biji-bijian. Ada beberapa macam konsentrat yang bagus diberikan kepada kelinci yaitu bungkil kelapa, bekatul, bungkil kacang tanah, ampas tapioka, gaplek maupun ampas tahu. Namun tetap saja pemberian sayuran dan bijian sebagai Makanan Kelinci Anggora yang utama tak boleh ketinggalan.

Demikian jenis-jenis makanan Kelinci Anggora yang dapat anda berikan dengan porsi yang tidak berlebihan tentunya. Jika teman-teman memiliki jenis makanan kelinci lainnya, silakan tambahkan di kolom komentar yang ada dibawah. Jika artikel ini bermanfaat, silakan share di media sosial teman-teman dengan cara menekan tombol share yang ada di akhir artikel.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here