Langkah-Langkah Sebelum Memulai Usaha Sendiri

0
386
membangun usaha

Merintis usaha sendiri memerlukan kerja keras dan ketekunan sebelum menerjuni bidang usaha Anda wajib memahami langkah apa saja yang akan di jalani dalam merintis usaha sendiri agar Anda tidak mudah frustasi di tengah jalan, berikut hal hal yang Anda persiapkan sebelum Memulai Usaha Sendiri.

Menentukan Target Pembeli Di Pasaran

Sebelum Anda berinvestasi untuk memulai membuka usaha, ada baiknya Anda cari tahu apakah produk yang akan saya jual akan benar benar laku dipasaran, inilah salah satu hal penting yang harus Anda lakukan. Anda bisa melihat peluang bisnis apa saja beserta targetnya.

Anda harus mensurvei pasar dan seberapa banyak orang membutuhkan produk yang akan Anda jual nya nantinya. jangan hanya memasarkan barang ke teman atau kerabat Anda saja, ini bukan cara efektif untuk memulai usaha Anda perlu menemukan suatu produk yang banyak diminati konsumen dan menentukan pelanggan seperti apa yang Anda cari untuk membeli produk yang Anda sediakan. Contoh produk yang  banyak di minati orang seperti bahan makanan, pakaian, rumah makan dan properti.

Mempersiapkan Modal

Sebagai seorang yang akan membuka usaha sendiri, Anda wajib menyiapkan modal selain untuk kebutuhan hidup,bisa Anda lakukan dengan cara meminjam uang dengan saudara dan kerabat Anda. Hindari koperasi, perbankan untuk pinjaman karena Anda akan merasakan kejamnya bunga yang diberikan pada nantinya. Jika mampu dari tabungan Anda karena kemungkinan besar Anda menjadi satu-satunya investor untuk usaha Anda sendiri dan ini adalah cara yang sangat saya sarankan.

Anggaran usaha seperti kebutuhan pokok yang harus disiapkan, pada anggaran modal usaha bisa Anda catat seberapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk memompa bisnis Anda nantinya, ini adalah tanggung jawab yang wajib Anda jalani.

Kebanyakan usaha gagal karena anggaran untuk memeprsiapkan usaha itu terlalu sedikit, saya tak mencoba menakut-nakuti bukan juga untuk menyarankan Anda agar mengeluarkan banyak uang untuk investasi, namun menyampaikan agar anggaran yang Anda siapkan benar benar mampu untuk memulai usaha baru hingga berjalan.

Beriklan

Untuk memasarkan usaha baru, Anda wajib beriklan bisa dengan cara gratis ataupun iklan berbayar hal ini sangat penting karena akan mengenalkan produk yang Anda tawarkan ke banyak calon konsumen pada nantinya.

Cara gratis beriklan Anda bisa memulai dari media sosial seperti facebook, instagram, twitter, blogging dan juga melalui pesan instant di mesengger ponsel Anda minta bantuan kerabat dan teman-teman Anda untuk share kelebih banyak orang di dunia maya, ini adalah solusi cepat untuk menggunakan terknik marketing paling murah bahkan gratis. Untuk yang berbayar Anda bisa meminta bantuan jasa periklanan dari media cetak, pamflet, banner, radio maupun televisi.

Di era sekarang dimana perkembangan teknologi semakin cepat, Anda dituntut untuk beradaptasi mengikutinya, Anda harus paham yang namanya digital marketing dimana hal ini juga akan berimbas pada kebaikan bisnis Anda kedepannya. Sudah banyak pembelajaran digital marketing yang tersedia saat ini, contohnya digitalmarketer.id(bukan link sponsor).

Jika Anda tidak mempunyai waktu dan kerepotan dengan harus mempelajari digital marketing, alternatif lain Anda bisa merekrut sebuah tim yang memang didekasikan untuk hal itu, berikut berbagai posisi yang dibutuhkan:

  • Videographer, berfungsi membuat(create) dan mendokumentasikan iklan berbentuk video.
  • Photographer, berfungsi membuat(create) dan mendokumentasikan iklan berbentuk gambar.
  • Admin social media, berfungsi me-manage semua akun sosial media usaha Anda termasuk menjawab pertanyaan, kritikan dan keluhan customer.
  • Copywriter, berfungsi selayaknya seorang copywriter pada perusahaan-perusahaaan periklanan, tugasnya adalah menuliskan iklan semenarik mungkin yang bertujuan agar calon customer tertarik untuk melihat dan membeli produk yang Anda jual.
  • Advertiser, berfungsi sebagai jantungnya tim digital marketing karena bertugas mengiklankan konten baik di social media dan mesin pencari(baca: google) yang telah dibuat oleh anggota tim lainnya, ini adalah inti dari fungsi digital marketing tersebut.

Menahan Diri

Jika Anda kurang puas dengan keadaan saat ini, Anda harus meluangkan waktu dan mengakui diri bahwa Andalah satu-satunya orang yang bisa mengubah keadaan ini, artinya pangkal masalahnya ada pada diri sendiri.

Tidak ada gunanya menyalahkan presiden, bos di tempat kerja, atau anggota keluarga Anda. Perubahan hanya akan terjadi bila Anda membuat keputusan dan berjuang untuk mewujudkannya.

Perlu diingat dalam benak Anda, jangan sampai Anda tidak bisa berkembang ke arah yang lebih baik hanya karena berpikir Apa yang akan orang pikirkan terhadap diri Anda? Selama itu positif dan halal maka enyahkan pikiran itu jika Anda benar – benar ingin maju.

Gunakan waktu Anda sebaik mungkin untuk mempelajari ilmu-ilmu baru dan membangun relasi dengan para pelaku usaha agar Anda bisa bertukar pikiran dan mempunyai mentor serta rekan bisnis yang baik untuk usaha Anda nantinya.

Mengenal Diri Sendiri

Luangkan waktu untuk mengenal diri sendiri dan apa yang ingin Anda capai saat hidup didunia ini. sadari  kekuatan dan kelemahan Anda. pahami kepribadian Anda, usia, dan gaya bersosial Anda.Selain itu, dengarlah suara hati kecil Anda.

Sebagai manusia, kita mungkin sering mengabaikan intuisi kita, kita tahu apa sebenarnya terjadi dan kita rasakan kekurangan kita,explorasikan tujuan Anda dan perbaiki diri sendiri untuk menjadi lebih baik.ini wajib ya hukumnya untuk di perbaiki!!

Dekati orang-orang terdekat kita dan tanyakanlah kepada mereka serta minta mereka menjawab secara jujur apa pendapat mengenai diri Anda baik secara kepribadian maupun secara ketrampilan apakah memang memiliki bakat untuk memulai sebuah bisnis.

Namun yang saya perlu tegaskan bakat seseorang itu bisa diketahui apabila dia sudah mencobanya, jadi jangan takut untuk selalu mencoba karena kesuksesan itu sepaket dengan beribu-ribu kegagalan.

Rencanakan Hidup Yang Lebih Baik

Hal ini sangat disayangkan kebanyakan orang tidak memiliki rencana untuk menjadi lebih baik, alasanya klasik ialah mereka mengecewakan diri sendiri jika membuat rencana dalam hidup, ini bukan pemahaman yang benar, sebaliknya mereka bereaksi dari emosi dan ingin cepat cepat langsung memulai sebuah gagasan, dan hal ini sering membuat orang mudah menyerah di perjalanan menuju hidup lebih baik

Berbeda jika Anda menyusun rencana Anda akan mendapatkan kejelasan, fokus, dan rasa kepercayaan diri. Rencana tidak harus sempurna guys rencana bisa Anda siapkan sedikit demi sedikit yang penting Anda menjalankan nya.

Bisnis yang saat ini menjanjikan antara lain:

Demikianlah tadi beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum Memulai Usaha Sendiri. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda, salam sukses selalu !!.

Silakan bagi teman – teman yang ingin menambahkan tips untuk memulai usaha sendiri lainnya atau apabila ada sanggahan mengenai artikel ini, bisa menambahkan komentarnya di kolom komentar dibawah ini. Agar kedepannya tulisan yang saya sajikan bisa lebih baik.

Bagi Anda yang merasakan manfaatnya dan mempunyai akun sosial media, Anda bisa share artikel sederhana ini ke sosial media melalui klik tombol social media dibawah. Thank You.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here