Mengenal Keuntungan Dan Kerugian Dari Investasi Apartemen

0
65
Mengenal Keuntungan Dan Kerugian Dari Investasi Apartemen

Mengenal Keuntungan Dan Kerugian Dari Investasi Apartemen – Seiring dengan semakin mahalnya harga tanah dan hunian di perkotaan, investasi apartemen semakin diminati oleh kalangan masyarakat menengah ke atas. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung bahkan Yogyakarta banyak pengembang mulai berlomba-lomba menghadirkan properti yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat urban perkotaan yang menginginkan kenyamanan dan privasi. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam properti ini ada baiknya Anda menyimak kelebihan dan kekurangannya agar tidak menyesal dengan keputusan yang akan anda buat nantinya.

Kelebihan Investasi Apartemen

Salah satu alasan terbesar mengapa memilih investasi ini adalah modalnya yang cukup kecil jika dibandingkan dengan properti lain. Harga sebuah apartemen biasanya lebih murah dibandingkan dengan hara rumah tapak dengan luas dan lokasi yang hampir sama. Selain itu, karena lokasi apartemen yang kebanyakan berada di pusat kota dan mudah diakses kendaraan membuat nilai sewanya cukup menggiurkan dan bisa dijadikan sebagai salah satu sumber passive income yang menarik dan dengan jumlah yang tidak sedikit pula.

Baca juga:

Peluang Bisnis Yang Cocok Bagi Kalian Yang Introvert

Kekurangan atau Kerugian Investasi Apartemen

Resiko yang paling sering dialami calon investor biasanya adalah pembatalan proyek pembangunan. Biasanya, pengembang akan menawarkan unit apartemen kepada calon pembeli sebelum proyek tersebut dikerjakan. Jika pengembang yang dipilih bermasalah maka kemungkinan besar proyek akan gagal dan uang yang dibayarkan tidak akan kembali.

Walaupun cukup menggiurkan, sebaiknya Anda juga mengenal kekurangan investasi ini. Dalam beberapa kasus, beberapa calon investor harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk biaya rutin yang harus dikeluarkan tiap bulan. Hal ini dikarenakan fasilitas yang ada di apartemen seperti kebersihan, listrik dan semuanya diurus oleh pihak manajemen pengembang. Oleh sebab itu, sebelum memilih apartemen untuk investasi sebaiknya perhatikan berbagai hal termasuk latar belakang pengembang, pengelola dan resiko lainnya.

Tips Aman Investasi Properti Apartemen

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi jenis ini maka sebaiknya Anda juga perlu mengetahui tips aman berinvestasi apartemen. Sama seperti investasi lainnya, ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk menghindari kerugian yang cukup besar selama berinvestasi. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum berinvestasi pada apartemen:

Baca Juga:  Usaha Bisnis Pembenihan Ikan Mas di Lahan 1000m Persegi

1.  Memilih lokasi strategis

Walaupun sebagian besar apartemen berlokasi di tempat strategis dan mudah diakses, Anda perlu melakukan peninjauan langsung terlebih dulu. Teliti keberadaan fasilitas-fasilitas umum dan kawasan di sekitar lokasi untuk memperkirakan kenaikan harga properti untuk beberapa tahun ke depan. Usahakan pilih di lokasi premium dan dekat dengan pusat bisnis serta kawasan penting agar investasi Anda tidak-sia-sia.

2.  Fasilitas yang ditawarkan pengembang

Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan maka harga yang diberikan juga akan semakin mahal. Sebagai masyarakat urban yang sangat sibuk, keberadaan fasilitas penunjang seperti supermarket, tempat kebugaran dan hiburan tentu menjadi salah satu daya Tarik yang menggiurkan. Selain itu, fasilitas keamanan juga sangat penting untuk diperhatikan. Properti yang memberikan privasi dan keamanan yang baik kepada para penghuninya akan selalu dicari dan dihargai mahal oleh orang-orang yang membutuhkannya.

3.  Kenali track record pengembang dan pengelola

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pihak pengembang memiliki peranan penting dalam investasi properti. Pastikan pihak pengembang dan pengelola apartemen yang akan dibeli memiliki catatan yang baik dan tidak pernah terlibat sengketa hukum terutama soal sengketa tanah. Pastikan status tanah tempat properti dibangun sudah bebas dari sengketa serta pastikan sertifikat kepemilikan bangunan yang ditawarkan pihak pengembang. Ketiga tips di atas bisa Anda jadikan masukan jika baru pertama kali memulai bisnis properti terutama apartemen. Berbeda dengan rumah tapak yang bisa dibangun sendiri, apartemen dibangun dan dikelola oleh pihak lain sehingga Anda harus benar-benar tahu latar belakang perusahaan dibaliknya. Apartemen yang memiliki reputasi bagus apalagi dikelola oleh pihak yang berpengalaman tentu saja akan menjadi investasi apartemen yang sangat menguntungkan.

4. Perhatikan harga sebelum launching yang selalu lebih murah

Jika budget anda terbatas atau anda menginginkan untung yang lebih banyak, anda bisa mengincar apartemen yang belum selesai dibangun oleh developer. Tentunya harga sebelum dan setelah launching akan berbeda. Apartemen yan belum selesai cenderung lebih murah. Namun sebelum melangkah untuk membeli apartemen yang belum dibangun, balik lagi dengan poin nomor 2 yang telah dijelaskan diatas, anda harus mengenal dengan baik background dari developer atau pengelola apartemen, apakah mereka bisa dipercayai atau tidak.

Baca Juga:  Budidaya Kelinci dengan Benar! Berikut Jenis Makanan Kelinci Anggora yang Baik dan Benar

Demikian pembahasan kali ini mengenai seluk beluk untuk mulai berbisnis di bidang investasi apartemen. Apakah anda tertarik untuk melanjutkannya? beritahu saya di kolom komentar dibawah ya. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Peluang Bisnis Yang Cocok Diterapkan Di Kampung Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here