Kenalkan HTC Desire 19+, Ponsel 4G Yang Menyasar Konsumen Kelas Menengah

0
205
review HTC Desire 19+

Idearmanto.com – HTC masih menahan waktu rilis global HTC Desire 19+ yang diperkirakan akan jatuh pada Bulan Juli nanti. Meski demikian, bocoran soal spesifikasi HTC Desire 19+ sudah dikemukakan bersamaan dengan HTC U19e yang dirilis lebih dulu ke pasaran.

Setelah diterpa kabar miring soal penjualan lisensi merek dagang kepada perusahaan lain, HTC akhirnya mengupdate daftar ponsel pintarnya dengan mengumumkan dua smartphone terbaru yang bertajuk HTC U19e dan HTC Desire 19+.

Baik HTC U19e maupun HTC Desire 19+, sama – sama sudah mendarat di etalase toko di Taiwan. Namun, bagi anda yang tinggal di luar Taiwan, maka anda harus bersabar menanti jadwal perilisan ponsel HTC tersebut ke pasar global.

Baca juga:

Khusus untuk HTC Desire 19+, kabarnya HTC akan merilisnya pada bulan Juli mendatang. Tertarik untuk membelinya ? Berikut ini akan dibahas mengenai spesifikasi lengkap HTC Desire 19+ sebagai bahan pertimbangan anda.

Spesifikasi Lengkap HTC Desire 19+

review HTC Desire 19+

Apabila dibandingkan dengan HTC U19e, HTC Desire 19+ hadir lebih superior dengan bentang layar lebih besar dan bobot lebih ringan. Layarnya berukuran 6.2 inci dengan resolusi 720 x 1440 piksel yang mendukung aspek rasio 18 : 9. Dihiasi dengan aksen waterdrop notch yang menyimpan sensor beresolusi 16 MP, layar HTC Desire 19+ terasa begitu nyaman ketika digunakan untuk menonton film.

Jenis panel yang digunakan adalah IPS LCD, membuatnya lebih boros daya ketimbang smartphone lain yang sudah menggunakan panel berjenis AMOLED atau OLED.

Meski lebih boros daya, layar HTC Desire 19+ bisa menampilkan gambar dalam tingkat kontras yang tinggi. Bahkan layar HTC Desire 19+ juga dapat meningkatkan kualitas gambar lewat tampilan warna yang lebih akurat dan konsisten. Hal tersebut juga tetap berlaku saat gambar dilihat dari berbagai macam sudut pandang.

Selain itu, layar HTC Desire 19+ juga tahan terhadap goresan dan benturan benda – benda kasar.

Performa Cukup Baik

review HTC Desire 19+

Smartphone ini menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dengan bantuan RAM 4 GB dan memori internal berkapasitas 64 GB. Meski begitu, ada pula varian lain yang memiliki konfigurasi lebih tinggi, yakni dengan RAM 6 GB dan memori penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Tak perlu khawatir, ponsel ini juga menyediakan slot memori eksternal yang membuatnya bisa digunakan untuk menampung lebih banyak data. Slot tersebut memungkinkan anda untuk melakukan ekspansi pada sektor penyimpanan hingga mencapai 1 TB.

Mengetahui bahwa aktivitas komputasi tak bisa berjalan mulus tanpa dukungan prosesor handal, HTC melengkapi produknya dengan chipset buatan Mediatek, yakni Mediatek MT 6765 Helio P35.

Chipset 12 nm yang ditanam dalam mesin HTC Desire 19+ tersebut didesain dengan arsitektur Octa Core yang terdiri dari 8 inti. Seluruh core-nya merupakan Cortex A-53 yang memiliki clock 2.3 GHz. Hal tersebut tentu membuat kinerja ponsel jadi lebih gahar dan minim lag.

Soal grafis, HTC Desire 19+ agak berbeda dengan HTC U19e yang mengandalkan GPU Adreno 616. HTC Desire 19+ justru mengandalkan PowerVR GE8320, yakni kartu grafis pasangan Mediatek 6765 Helio P35 yang memiliki kemampuan mengolah grafis tinggi.

Hal itu pula yang menyebabkan HTC Desire 19+ mempunyai cita rasa mirip iPhone. Pasalnya, GPU yang digunakan sama persis dengan GPU yang biasa digunakan pada produk Apple. Jadi, jika anda ingin membeli ponsel iPhone dengan harga terjangkau, HTC Desire 19+ bisa jadi salah satu pilihannya.

Borong 4 Kamera Sekaligus

Kamera yang dibawa HTC Desire 19+ jumlahnya cukup banyak. Di bagian belakang saja sudah tersemat 3 kamera yang memiliki resolusi 13 MP (wide), 8 MP (ultra wide), dan 5 MP (depth sensor). Masing – masing memiliki aperture f / 2.0, f / 2.2 dan f / 2.2.

Ketiga kamera tersebut sudah dilengkapi dengan mode HDR dan mode panorama yang dapat mengakomodasi kegiatan fotografi anda dengan baik. Fitur HDR (High Dynamic Range) akan membantu anda mendapatkan gambar dengan pencahayaan bagus.

Manakala anda memotret objek dengan mode HDR, kamera akan melakukan berbagai penyesuaian untuk mendapatkan kualitas pencahayaan yang baik.

Hal tersebut dikarenakan jangkauan HDR yang cukup dinamis. Sifat HDR yang dinamis tersebut akan membantu kamera mendapatkan hasil jepretan yang “seimbang”, baik dari segi komposisi warna maupun tingkat kecerahan.

Selain itu, agar kualitas gambar tidak mengalami penurunan saat diambil dalam kondisi minim cahaya, maka pada bagian punggung disematkan LED Flash yang berfungsi untuk memaksimalkan pencahayaan dalam kondisi tertentu. Alhasil, jepretan yang dihasilkan akan tetap terjaga kualitasnya meski diambil dalam kondisi minim cahaya.

Jika pada bagian punggung ada 3 buah modul kamera yang disusun berderet, di bagian depan justru hanya disematkan satu lensa kamera saja.

Kamera yang dibenamkan pada bagian belakang memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f / 2.0. Meski hanya berjumlah satu buah, namun lensa kamera tersebut bisa merekam video 1080 piksel dengan kecepatan 30 fps (frame per second).

HTC Desire 19+ juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang umum dijumpai pada ponsel – ponsel canggih lainnya, seperti Bluetooth 5.0, A-GPS, GLONASS, accelerometer, proximity dan kompas.

Untuk sektor keamanan, HTC Desire 19+ dibekali dengan sensor sidik jari yang terpasang di bagian belakang, tepatnya di bagian bawah kamera. Sensor tersebut akan merekam sidik jari anda dan menyimpan pola khas tersebut untuk dijadikan sebagai alat identifikasi.

Dengan demikian, ponsel anda akan aman dari sentuhan tangan – tangan jahil. Ponsel ini mendapat sokongan daya dari baterai Li-Ion berkapasitas 3.850 mAh yang ditanam pada bagian belakang ponsel. Baterai berkapasitas super tersebut akan membuat HTC Desire 19+ dapat digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Smartphone yang masih belum dilepas resmi ke pasar global tersebut kabarnya akan tersedia dalam beberapa pilihan warna, yakni Star Can Blue dan Jasmine White.

Taiwan jadi negara pertama yang penduduknya diberi akses untuk menggenggam ponsel ini secara langsung. Di Negeri Formosa, HTC Desire 19+ dengan varian RAM 4 GB dan kapasitas memori internal 64 GB dibanderol dengan harga kurang lebih 9.900 dollar Taiwan. Sementara, varian lainnya yang memiliki RAM 6 GB dan kapasitas memori penyimpanan 128 GB dibanderol dengan harga kurang lebih 10.990 dollar Taiwan.

Berdasarkan bocoran tersebut, anda bisa memperkirakan harga yang dipatok oleh HTC kepada konsumen yang berada di Indonesia. Pada varian 4 GB / 64 GB, HTC Desire 19+ mungkin akan dibanderol dengan harga kurang lebih Rp. 4,5 jutaan.

Sementara, harga yang diperkirakan untuk ponsel HTC Desire 19+ varian 6 GB / 128 GB ialah sekitar Rp. 5 juta atau lebih. Jika tertarik membelinya, anda perlu menunggu hingga HTC resmi merilisnya ke pasaran.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here