Beberapa Jenis Ikan Lele Ini Bisa Diternakkan di Indonesia

0
197
jenis ikan lele

Beberapa Jenis Ikan Lele Ini Bisa Diternakkan di Indonesia – Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Ikan lele berkembang biak dengan telur dan terjadi secara massal pada awal musim hujan. Untuk diadalam negeri sendiri, ikan ini dibagi menjadi dua kategori spesies yaitu Clarias Batrachus dan Clarias Gariepinus.

Dari dua spesies tersebut, ada beberapa jenis lele yang dikategorikan sebagai bibit lele unggul diantaranya seperti: lele dumbo, lele sangkuriang, lele phyton, lele masamo dan lele mutiara. Dan setiap jenis ikan memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini penjelasannya beberapa Jenis Ikan Lele yang diternakkan di Indonesia:

1. Ikan lele Dumbo

Ikan lele dumbo memiliki ukuran badan yang lebih besar daripada ikan lele lokal. Beberapa orang mengatakan kalau ikan lele dumbo ini dihasilkan dari perkawinan silang dua spesies, yaitu ikan betina Clarias fuscus dari Taiwan dengan lele jantan Clarias mossambicus dari Kenya. Ikan lele dumbo memiliki ciri bintik hitam pada tubuhnya.

2. Ikan lele Sangkuriang

Ikan lele Sangkuriang merupakan jenis dari lele dumbo. Ikan lele sangkuriang ini merupakan perpaduan dari lele dumbo betina (induk betina generasi kedua) dengan lele dumbo jantan (induk jantan generasi keenam).

Baca juga:

3. Ikan lele Phyton

Ikan lele phyton memiliki ciri warna dan bentuk kepala hampir menyerupai ular Phyton. Bagian mulutnya kecil serta bentuk kepalanya pipih memanjang dengan warna yang cerah. Oleh karena itulah ikan ini disebut Jenis Ikan Lele Phyton.

4. Ikan lele Masamo

Ikan lele Masamo ini diproduksi oleh PT Matahari Sakti (MS) Mojokerto, Jawa Timur. Lele masamo merupakan hasil pengumpulan sifat berbagai plasma nutfah lele dari beberapa Negara, antara lain lele dumbo dan Clarias macrocephalus (bighead catfish) yang merupakan lele afrika dengan dikohabitasi di Thailand.

Dalam memulai beternak ikan lele, tidak hanya Jenis Ikan Lele saja yang perlu kita ketahui, namun juga bibit lele unggul yang perlu kita pilih dalam memulai ternak ikan lele. Pemilihan bibit lele unggul sangat diperlukan buat anda yang ingin memulai ternak ikan lele. Beberapa cara tips mudah memilih bibit lele unggul yang perlu diketahui:

  • Bibit lele unggul memiliki ukuran tubuh yang proporsional, tidak cacat, warna tubuh cerah dan mengkilap. Selain itu bibit lele sehat memiliki ciri gerakan aktif, tidak bergerombol di pojok kolam dan tidak bergantung
  • Memiliki ukuran lele seragam
  • Bibit lele dalam kondisi sehat
  • Perhatikan riwayat induknya. Induk sangatah berpengaruh dalam pemilihan bibit lele. Jika bibit lele yang berasal dari induk unggul, maka akan menghasilkan bibit lele unggul pula.

Tidak semua bibit lele unggul memiliki harga bibit yang mahal. Anda semua bisa mendapatkan bibit harga murah dengan beberapa tips berikut ini:

  • Melakukan survei kebeberapa tempat penjualan bibit lele.
  • Membeli langsung ke pusat pembenihan ikan lele untuk mendapatkan harga bibit lele yang murah.
  • Membeli bibit lele dalam jumlah yang banyak atau besar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Jenis Ikan Lele yang bisa diternakkan di Indonesia, ciri bibit lele unggul hingga cara mendapatkan bibit lele murah. Semoga info ini bermanfaat buat anda yang ingin memulai ternak ikan lele.

Jika anda suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share ke media sosial teman-teman melalui tombol share yang ada di akhir artikel ini. Berikan juga tanggapan anda mengenai artikel ini dengan mengisi kolom komentar yang ada dibawah.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here