Inilah Urutan 10 Negara Terkaya Di Dunia

0
138
Irlandia

Inilah Urutan 10 Negara Terkaya Di Dunia – Tentu anda sudah mengenal dengan pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg ataupun bos Microsoft, Bill Gates. Mereka berdua termasuk jajaran orang paling kaya di dunia dan berasal dari Amerika serikat. Amerika memang memiliki orang-orang terkaya di dunia seperti kedua nama tersebut. Akan tetapi, ternyata bukanlah negara terkaya di dunia.

Banyak faktor untuk menentukan peringkat kekayaan dari sebuah negara. Salah satunya dengan melihat PDB atau penghasilan domestik bruto perkapitanya. Sebuah negara dengan yang lainnya dibandingkan, dan disitulah akan ditentukan mana negara yang termasuk yang paling kaya di dunia.

Sebelumnya kita telah membahas :

Dilansir dari world population review, berikut ini 10 daftar negara terkaya di dunia:

1. Luksemburg

Inilah Urutan 10 Negara Terkaya Di Dunia

Peringkat pertama sebagai negara terkaya di dunia yaitu Luksemburg. Nama ibu kotanya sama dengan nama negara tersebut dan tergolong sebagai salah 1 negara dengan ekonomi paling stabil. Tidak hanya dari segi penghasilannya yang tinggi, namun juga pengangguran yang rendah. Di tahun 2017, pendapatan perkapitanya sebesar 106, 300 dan juga pendapatan domestik bruto yaitu USD 62, 73 miliar.

Walaupun letaknya terkurung di daratan Eropa, akan tetapi tingkat ekonominya stabil, inflasinya rendah, serta penduduknya berpenghasilan tinggi. Penduduknya sendiri termasuk sedikit hanya 594.130 jiwa. Sistem pemerintahannya monarki konstitusional dan kepala negaranya yaitu seorang raja.

2. Norwegia

Inilah Urutan 10 Negara Terkaya Di Dunia

Urutan kedua sebagai negara terkaya di dunia yaitu Norwegia. Negara yang berada di belahan Skandinavia tersebut kaya akan cadangan energi. Sumber daya alamnya sangat melimpah mulai dari minyak bumi, mineral, gas Alam. Norwegia juga sebagai negara penghasil gas alam dan minyak per kapita terbesar di luar negara-negara timur tengah. Pendapatan perkapita setiap tahunnya, yaitu USD 86, 362 atos berkisar Rp 1,2 miliar.

Norwegia juga dinobatkan sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia dari organisation for economic cooperation and development (OECD). Warga dunia berpendapat bahwa kehidupan terbaik ada di negara Norwegia. Memang, upah dan juga pendidikan di negara ini terbilang sangat tinggi. Bahkan, kehidupan aktif bisa mencapai usia 82 tahun.

3. Switzerland

Inilah Urutan 10 Negara Terkaya Di Dunia

Swiss menempati urutan ketiga negara terkaya di dunia. Swiss punya ekonomi stabil dan makmur dengan teknologi tinggi. Swiss berada di urutan kesembilan besaran produk domestik bruto dan urutan 36 berdasarkan dari keseimbangan kemampuan belanja. Pendapatan per kapita sebesar USD 83,832 atau berkisar Rp 1,1 miliar. Tingkat penganggurannya sangat rendah yaitu 1,7% sampai 4,4% tahun 2009.

Dalam hubungan internasional, Swiss juga dikenal sebagai negara netral. Banyak organisasi dunia yang markas utamanya ada di Swiss. Seperti halnya negara berdaulat lainnya, Swiss merupakan salah satu anggota PBB.

4. Irlandia

Irlandia

Menempati urutan keempat, ada Irlandia yang merupakan salah satu negara dengan populasi penduduk sedikit. Jumlah penduduknya sekitar 4 juta jiwa dan merupakan anggota uni Eropa. Negara ini termasuk salah satu yang paling maju dari segi pendapatan perkapita, yaitu sebesar USD 75.000 di tahun 2017.

Pendapatan domestik bruto sendiri yaitu USD 35,7 miliar. Industri kimia farmasi, perangkat keras maupun lunak komputer, olahan makanan dan minuman, alat kesehatan juga sebagai tulang punggung ekonomi negaranya. Di tahun 2017, Irlandia mengalami pertumbuhan ekonomi besar yaitu 7,8%.

5. Islandia

Islandia menempati urutan kelima negara terkaya dengan pendapatan perkapita USD 78.181 atau berkisar di angka 1,1 miliar. Ekonominya sendiri merupakan campuran yang terlibat di sistem perdagangan bebas. Panas bumi merupakan sumber energi utama di negara ini.

Islandia juga dikenal sebagai negara paling mahal di Eropa. Produk komersial di sana relatif lebih tinggi sebesar 56% dibanding negara Eropa lain. Jumlah penduduk sebesar 332.529 serta luas 103000 KM persegi menjadikannya sebagai negara dengan penduduk paling jarang di Eropa.

6. Qatar

Negara Qatar berada di urutan keenam dengan pendapatan per kapita sebesar USD 65.062 atau setara dengan Rp. 920 juta. Sebagai salah satu negara Timur tengah, tentu saja ekonominya ditopang oleh cadangan gas alam serta minyak urutan ketiga terbesar di dunia. Qatar juga termasuk negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia.

Selain itu, Qatar juga termasuk salah satu negara dengan indeks pembangunan manusia tertinggi diantara negara timur tengah lain. Dengan ekonomi yang sangat maju, tidak mengherankan jika mereka mencalonkan diri sebagai tuan rumah piala dunia 2022. Qatar sendiri memang merupakan negara Timur tengah pertama yang mengadakan kompetisi sepakbola terbesar di dunia itu.

7. Amerika serikat

Sebagai negara superpower, tentu saja Amerika serikat juga jadi salah satu negara terkaya di dunia. Meskipun penduduknya banyak yang jadi orang terkaya di dunia, namun negaranya hanya menempati urutan ke-7. Negara Paman Sam itu termasuk memiliki pendapatan domestik bruto yang stabil.

Pendapatan perkapitanya sebesar USD 64.906 atau berkisar Rp 900 juta-an. Amerika serikat adalah negara dengan kaya sumber daya alam, infrastruktur yang sangat maju, serta tingkat produktivitas masyarakatnya tinggi. Amerika merupakan negara dagang terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok.

8. Denmark

Negara negara terkaya di dunia berikutnya yaitu Denmark. Pendapatan perkapitanya adalah USD 63.434 atau disekitar angka Rp 890 juta. Ekonominya yang dianutnya adalah kapitalis pasar campuran. Pertumbuhan ekonominya sangat stabil dan mendorong tingkat lapangan kerja yang tinggi.

Pertumbuhan GDP di kisaran 2% dalam 2 tahun terakhir dan diperkirakan akan terus bertambah. tingkat pengangguran negara ini rendah, bahkan 2016 tahu, mereka mencatat titik pengangguran terendah dalam kurun 40 tahun terakhir, di luar tahun 2007 dan 2008.

9. Singapura

Urutan kesembilan sebagai negara terkaya di dunia ditempati Singapura. Jumlah penduduknya kecil dan sumber daya alam tentunya terbatas. Karena itulah, ekonomi Singapura bergantung di sektor perdagangan dan utamanya pada sektor jasa.

Kondisi ekonomi Singapura bisa dibilang sangat kuat dengan nilai GDP yaitu 390,1 miliar dolar Singapura serta GDP per kapitanya diangkat 71.318 dolar Singapura tahun 2014. Sektor ekspor terutama elektronik, kimia, serta jasa menjadi bukti bahwa Singapura adalah penghubung regional antar negara.

10. Australia

Urutan ke-10 sebagai negara terkaya di dunia ditempati Australia. Pendapatan perkapitanya sebesar USD 58.824 atau sekitar Rp 883 juta. ekonomi Australia termasuk terkuat di dunia dengan pertumbuhan ekonomi terus tumbuh selama hampir dua dasawarsa berturut-turut.

Kemampuan Australia di bidang ekonomi dalam beberapa tahun terakhir sangat kuat meskipun mendapat gangguan dari eksternal maupun internal. Bencana kekeringan, kebakaran hutan, krisis keuangan ekonomi dan Asia tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap kondisi ekonomi Australia.

Itulah daftar 10 negara terkaya di dunia. Berbagai negara tersebut memang juga bisa menjadi pembelajaran bagaimana mengelola ekonomi suatu negara. Kesuksesan negara tersebut tidak terlepas dari dukungan rakyatnya yang juga menyukseskan program di bidang ekonomi.

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here