HTC U19e, Jadi Awal Kebangkitan Atau Keterpurukan ?

0
228
HTC U19e review

Idearmanto.com – Vendor asal Taiwan, HTC Corporation, masih belum menyerah dari persaingan ketat pasar smartphone dunia. Hal tersebut bisa dilihat dari keputusan nekad HTC meluncurkan produk teranyar, HTC U19e, beberapa waktu lalu.

Bulan Juni jadi awal kebangkitan bagi HTC. Pasalnya, perusahaan multinasional tersebut sempat dianggap kalah setelah lama tak terdengar kabarnya.

Persaingan bisnis smartphone memang berat dan membuat HTC terus terpuruk beberapa waktu belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan, HTC sulit bersaing dengan pabrikan smartphone premium seperti Samsung dan Apple.

Baca juga:

Bahkan produk HTC juga tak diunggulkan ketika bersanding dengan produk buatan vendor asal Tiongkok, Xiaomi. Entah apa yang salah dengan produknya, namun kali ini perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1997 tersebut kembali dengan membawa 2 smartphone teranyar yang bernama HTC U19e dan HTC Desire 19+.

Spesifikasi Lengkap HTC U19e

HTC U19e review

Berbekal Chipset Tangguh Snapdragon 710

Ponsel kelas menengah ini dibekali dengan chipset buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 710.

Meski bukan chipset terbaru, namun chipset 10 nm tersebut dirancang dengan efisiensi tinggi untuk dapat mengakomodasi teknologi AI (Artificial Intelligence) dengan cukup baik.

Bahkan, chipset ini memiliki performa tak jauh beda dengan Snapdragon 800. Perbedaan di antara keduanya begitu tipis, sehingga chipset ini lebih dikenal sebagai chipset penengah antara chipset papan atas seperti seri 800 dengan chipset di bawahnya seperti seri 600.

Snapdragon 710 membuat HTC U19e tidak cepat panas meski frekuensi pemakaiannya tinggi. Pasalnya, chipset ini terdiri dari 8 inti dimana 2 diantaranya dikhususkan untuk menangani aktivitas komputasi tinggi sementara sisanya dikhususkan untuk menangani aktivitas komputasi rendah.

Dengan demikian, HTC U19e dapat bekerja secara seimbang untuk menghadirkan performa minim kompromi tanpa membuat penggunaan daya menjadi boros.

Hal tersebut juga jadi alasan HTC U19e mampu melibas game – game mobile berat, seperti Asphalt 9, PUBG Mobile, dan lain sebagainya.

Desain Inovatif Dan Warna Menarik

HTC U19e review

HTC U19e membawa panel layar berjenis OLED berukuran 6 inci dengan resolusi 2.160 x 1.080 piksel. Sayangnya, bentang layar yang cukup lebar tidak dibarengi dengan rasio aspek yang menjanjikan karena HTC U19e masih menggunakan rasio aspek 18 : 9.

Namun, dari segi proteksi, ponsel ini telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass pada bagian permukaan layarnya. Tak hanya itu, HTC U19e juga didukung dengan teknologi imaging HDR10 yang sifatnya open source. Itu artinya, anda bisa menikmati hampir semua jenis konten gambar dalam standar tinggi.

Teknologi tersebut akan membantu ponsel menampilkan gambar berkualitas dengan tingkat kecerahan bisa mencapai 4.000 nit dan kedalaman warna hingga 10 bit.

Kelebihan lain ponsel ini ialah memiliki bobot yang cukup ringan. Bobotnya tak seberapa berat, hanya sekitar 180 gram dengan ukuran dimensi 156.6 x 75.9 x 8 mm, membuatnya cukup nyaman untuk digenggam menggunakan satu tangan. Cangkangnya juga terlihat keren karena terbuat dari material kaca yang berbalut bahan aluminium frame.

Ponsel ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Extraordinary Purple dan Modest Green. Uniknya, pada varian warna Extraordinary Purple, ponsel ini memperlihatkan komponen internalnya lewat desain transparan yang diaplikasikan pada bagian punggung.

4 Kamera Yang Tawarkan Resolusi Tinggi

HTC U19e review

Ada total 4 kamera terpasang di bagian depan dan belakang HTC U19e. Dua kamera yang dibenamkan di belakang membawa resolusi sebesar 12 MP dan 20 MP dengan aperture f / 1.8 dan f / 2.6. Dengan tambahan LED flash, gambar yang dihasilkan pun akan cukup mulus.

Sementara di sisi depan, kamera tak kalah unggul. Membawa resolusi sebesar 24 MP dan 2 MP dengan aperture f / 2.0 dan f / 2.2, kamera – kamera tersebut akan membantu anda mendapatkan hasil selfie yang berkualitas.

Tak hanya berfungsi sebagai penangkap bayangan, kedua kamera depan HTC U19e tersebut juga berfungsi sebagai protektor yang bekerja beriringan dengan fitur pengaman ponsel, Face Unlock yang menerapkan teknologi Iris Recognition.

Dari segi grafis, HTC U19e ditopang dengan Adreno 616 yang memiliki performa cukup baik dengan proses rendering cukup cepat. Kinerjanya bahkan 35 persen lebih tinggi dibanding GPU Adreno 512.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari konvensional yang ditempatkan di bagian belakang. Ada pula audio jack 3.5 mm yang bisa anda gunakan untuk memasang earphone.

Fitur HTC U19e juga tidak hanya terbatas pada Face Unlock dan pemindaian sidik jari saja, melainkan juga fitur konektivitas Bluetooth 5.0 dan NFC (Near Field Communication) yang bisa anda manfaatkan untuk berkirim file dengan perangkat lain dari jarak dekat.

Konfigurasi RAM dan Memori Penyimpanan Level Tinggi

HTC U19e membawa konfigurasi RAM 6 GB dan memori penyimpanan internal sebesar 128 GB yang membuatnya terasa halus ketika mengerjakan aktivitas berat.

Jika membutuhkan ruang penyimpanan lebih, anda bisa menambahkan kartu memori eksternal (Micro SD) hingga kapasitas 1 TB pada slot yang telah disediakan.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 9 Pie yang dilapisi dengan UI (User Interface) HTC Sense yang dikembangkan oleh HTC sendiri. Bagi anda yang belum pernah mencoba menggunakan produk HTC, User Interface HTC Sense ini mungkin akan terasa sedikit berbeda.
Masalahnya, HTC Sense menawarkan sekitar 7 homescreen yang bisa anda kustomisasi sendiri untuk mengatur berbagai pintasan aplikasi dan widget.

Selain itu, ada pula widget SMS yang akan menampilkan isi perpesanan anda lengkap dengan foto pengirim.

Apabila foto pengirim disentuh maka hal tersebut akan memunculkan beberapa opsi sederhana seperti reply yang memungkinkan anda untuk mengirim balasan, call untuk membuat panggilan telepon, dan email untuk mengirim surel.

Kapasitas Baterai

Didukung dengan baterai berkapasitas jumbo, yakni 3.930 mAh, ponsel ini siap dibawa naik gunung tanpa berbekal power bank. Menariknya, baterai yang diusung juga didukung dengan fitur pengisian daya cepat yang dikenal dengan istilah Qualcomm Quick Charge 4.0.

Fitur ini memungkinkan anda untuk melakukan pengisian daya dalam waktu yang cukup singkat. Misalnya saja, 5 menit pengisian sudah cukup untuk membuat smartphone bertahan hingga 4 jam lamanya ( dalam keadaan stand by ).

Pengisian baterai menggunakan adaptor Quick Charge 4.0 juga jauh lebih efisien ketimbang teknologi Quick Adaptor sebelumnya, yakni Quick Adaptor 3.0.

Kelebihan lainnya ialah baterai tidak akan cepat panas karena suhunya jauh lebih stabil. Baterai akan memiliki suhu lebih dingin 5 derajat (dalam celcius) ketimbang baterai lainnya saat sedang di charge dengan arus besar.

Di Taiwan sendiri, HTC U19e dibanderol dengan harga cukup tinggi yakni sekitar 14.990 dollar Taiwan atau senilai Rp. 6.8 juta. Bagaimana, anda tertarik membelinya?

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here