Fakta Menarik VGA Laptop yang Penting Kamu Tahu

0
183
apa itu vga

Idearmanto.com – Tahukah Anda apa itu VGA? VGA atau Video Graphic Adapter ini pastinya sudah sangat sering sekali Anda dengarkan kata tersebut, sebab memang VGA biasanya akan dipasangkan pada sebuah komputer dekstop. Tetapi mungkin saja masih ada banyak diantara Anda yang tidak tahu fungsi dan daftar dari VGA. VGA sebenarnya memiliki fungsi yang bisa dibilang cukup vital sekali untuk urusan kinerja sebuah laptop atau komputer. Namun untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan berikut ini tentang fakta menarik dari VGA laptop yang pastinya penting sekali untuk Anda ketahui.

Fakta Menarik VGA Laptop yang Penting Kamu Tahu

Fungsi VGA Card

Pada dasarnya ada banyak banget fakta menarik dari VGA laptop yang penting sekali untuk Anda tahu, salah satunya adalah fungsi vital VGA Card. VGA atau yang juga disebut dengan Graphic Card maupun kartu grafis, atau bahkan juga disebut dengan Video Card ini memiliki fungsi untuk terjemahkan atau ubah sinyal digital dari PC, komputer, maupun laptop menjadi tampilan gafis di layar monitor. Fungsi dari VGA sendiri yakni berguna untuk terjemahkan output atau keluaran laptop ke monitor untuk menggambar maupun bermain game – game PC.

Baca juga:

Jenis VGA

VGA pada dasarnya dibedakan menjadi dua jenis, yakni VGA yang ditanamkan atau on board dan VGA eksternal maupun VGA yang terpisah. Khususnya nih untuk VGA on board sendiri pada dasarnya tidak diperuntukkan khusus untuk penggunaan gaming atau bahkan desain grafis, juga tidak bisa diupgrade. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh VGA dengan jenis ini adalah lebih murah dan cara merawatnya pun lebih mudah.

Sementara itu untuk VGA eksternal sendiri adalah VGA Card yang paling pas dipakai untuk memainkan game, mulai dari game ringan hingga yang berat sekalipun. Bahkan VGA ini pas buat Anda yang bekerja di dunia desain grafis sebab memang memiliki kemampuan yang jauh lebih baik lagi dibandingkan VGA on board. Tetapi sudah pasti harga yang ditawarka lebih mahal dari VGA on board. Sehingga jangan heran jika tidak semua PC, komputer, maupun laptop mendukung VGA dengan jenis ini.

Beberapa contoh VGA eksternal dengan kualitas apik adalah NVidia GeForce GT 1030 2GB, NVidia GeForce GTX 1080 Ti, dan AMD Radeon RX 560.

Memori VGA

Penting juga untuk Anda tahu bahwa pada dasarnya kartu VGA ini bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni ada DRAM atau Dynamic RAM, yang memang dibuat secara khusus untuk perangkat komputer pada tingkatan entry level, juga tak perlu kecepatan tinggi dan warna yang banyak. Ada pula EDO RAM yang paling banyak ditemukan di kartu grafik 64 Bit.

VRAM atau Video RAM dibuat khusus untuk PC, komputer, dan laptop kelas atas, seperti pada VGA yang memang dikonsentrasikan untuk urusan gaming dan desain grafis. SGRAM atau Synchronous Graphic RAM yang banyak dipakai di kartu grafis kelas tinggi yang pada dasarnya memiliki kemampuan 3D Accelerator. Terakhir ada RAMBUS, ini adalah memori yang biasanya digunakan pada mesin – mesin game. PC atau laptop yang menggunakan RAMBUS jumlahnya sangat sedikit sekali.

Bentuk Fisik VGA

Bentuk fisik VGA jika dilihat berdasarkan arsitektur sistem I/O Bus Peripheral bisa dibedakan jadi beberapa jenis. Misalnya saja seperti kartu VGA ISA, ini merupakan jenis kartu VGA yang dimasukkan di selot ekspansi ISA atau Industry Standard Architecture bus yang masih bersistem I/O 8 Bit maupun 16 Bit.

VGA dengan jenis tersebut saat ini memang sudah tak pernah dipergunakan lagi. Alasannya, selain memiliki kecepatan transfer data yang sangat lambat, penampilan kehalusan gambar juga kombinasi warna yang dihasikan pun sangat terbatas sekali. Tidak hanya itu juga ada kartu VGA PCI Express atau PCIe. Ini merupakan jenis kartu VGA yang biasanya akan dimasukkan di selot ekspansi PCIe atau Peripheral Component Interconnect Express bus, yang mana berangkaian seri sistem I/O dengan kecepatan transfer hingga 32 GByte/s.

Harga VGA

Jika berbicara mengenai harga memang sangat bervariasi sekali, yang demikian tersebut tergantung oleh kemampuannya sendiri. Contohnya saja ada Asus GT 210 1GB 128 Bit DDR2 yang ditawarkan dengan harga murah yakni hanya Rp 490 ribuan. Tetapi ada pula yang ditawarkan dengan harga sangat mahal, seperti Leadtex Quadro 5000 2.5GB 320  Bit DDR5 yang dibanderol sekitar Rp 18.8 juta rupiah.

Kami sarankan agar Anda tidak perlu menggunakan VGA yang super mahal tersebut untuk dapatkan PC atau laptop dengan performa terbaik. Cukup disesuaikan saja dengan kebutuhan, kemudian carilah VGA yang paling sesuai. Tapi rata – rata laptop dibeli dalam keadaan VGA sudah terpasang. Untuk melihat harga-harga VGA, silakan anda menuju marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang fakta menarik VGA laptop yang penting kamu tahu. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here