Dimana Tombol Refresh untuk Mac seperti F5 pada Windows?

0
140
Tombol Refresh untuk Mac di keyboard

Dimana Tombol Refresh untuk Mac seperti F5 pada Windows? – Bagi kamu yang baru saja menggunakan sistem operasi Mac setelah sebelumnya terbiasa menggunakan Windows, banyak dari kamu yang bertanya akan hal semacam ini. Pada Windows kita terbiasa menekan tombol F5 untuk fungsi refresh pada browser, halaman situs, dsb.

Jika teman-teman perhatikan posisi F5 yang ada di keyboard Mac, tombol yang ada berfungsi sebagai pengaturan keyboard backlighting atau bahkan tidak perfungsi sama sekali. Tapi kamu tidak perlu khawatir, kali ini saya akan memaparkan kepada kamu bagaimana kamu tetap bisa melakukan refresh pada Mac sekalipun.

Pada artikel kali ini, kita akan menspesifikkan bahasan kita pada fungsi refresh di browser-browser yang biasa kita gunakan di Mac kita. 

Sebelumnya telah membahas :

Tombol Refresh untuk Mac pada Safari

Browser pertama yang akan kita bahas tentunya adalah Safari yang merupakan browser bawaan dari Mac OS. Untuk kamu bisa me-refresh atau reload halaman yang sedang kamu buka dengan Safari, kamu cukup menekan tombol Command + R sebagai pengganti F5 pada Windows yang biasa kamu lakukan. Untuk Safari ada satu tambahan fungsi yang bisa kamu gunakan untuk me-refresh halaman web di Safari tanpa melakukan loading cache sehingga web dapat diakses lebih cepat. Namun loading tanpa cache hendaknya dilakukan oleh developer atau pengguna yang mengerti dengan mekanisme browser.

Tombol Refresh untuk Mac pada Chrome

Kombinasi tombol yang digunakan untuk refresh browser pada Chrome sama halnya dengan Safari yang sudah dijelaskan diatas yakni Command + R. Ini berlaku untuk semua versi browser Google Chrome. Jika kamu ingin melakukan loading tanpa cache, kamu bisa melakukannya dengan cara menambah Command + Shift + R. Akan tetapi tidak semua orang membutuhkan loading tanpa cache ini.

Tombol Refresh untuk Mac pada Firefox

Wah kamu masih menggunakan browser Firefox di mac? Bagus karena tombol yang digunakan untuk refresh atau loading halaman web juga sama dengan dua browser yang sebelumnya sudah disebutkan yakni dengan cara menekan tombol Command + R. Ya, Command + R memang dibuat benar-benar sebanding dengan tombol F5 yang ada di keyboard pada umumnya selain kepunyaan Apple.

Bagaimana dengan Aplikasi Selain Aplikasi Browser? Apakah juga Bisa?

Beberapa aplikasi lainnya memang terkadang juga memiliki fungsi refresh, tombol Command + R juga bisa berfungsi pada aplikasi-aplikasi tertentu. Namun yang masih disayangkan fungsi refresh tidak dapat ditemukan pada Finder Mac atau Windows Explorer pada Windows.

Untuk kedepannya Insya Allah saya akan menulis beberapa fungsi tombol keyboard yang ada di Mac yang setara dengan fungsi yang ada di sistem operasi Windows seperti fungsi Print Screen, Delete, Alt, dsb.

Bagi pengguna Mac baru mungkin hal ini perlu waktu untuk membiasakan diri yang sebelumnya mereka telah terbiasa bertahun-tahun dengan sistem operasi Windows. Namun lambat laun, kamu akan menguasainya.

Demikian artikel sederhana ini dibuat, semoga bermanfaat bagi kamu yang telah membaca. Jangan lupa untuk bagikan kepada teman dan keluarga yang anda cintai. Selamat mencoba dan terima kasih.

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here