Liburan Lagi dengan Daftar Rekomendasi Taman Di Jogja Yang Harus Kamu Kunjungi

0
113
Yuk Liburan Lagi dengan Melihat Daftar Rekomendasi Taman Di Jogja Yang Harus Kamu Kunjungi
credit: @progomoto

Daftar Rekomendasi Taman Di Jogja – Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan sebuah daerah istimewa setingkat propinsi yang berasal dari peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dengan Negara Kadipaten Pakualaman di masa lalu. Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikenal dengan singkatan DIY berlokasi di bagian selatan Pulau Jawa dan mempunyai batasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah serta Samudera Hindia di bagian selatan. DIY mempunyai luas wilayah sekitar 3.185,80 kilometer persegi yang terdiri dari satu kotamadya dan juga empat Kabupaten yang terbagi lagi menjadi 78 wilayah Kecamatan serta 438 wilayah Desa dan Kelurahan.

Wilayah yang mempunyai berbagai macam potensi daerah mulai dari potensi alam, potensi budaya, dan kekayaan sumber daya ini dikenal sebagai Kota Pelajar karena banyaknya sekolah dan Universitas favorit yang berlokasi di Yogyakarta. Sebut saja beberapa Universitas terkemuka seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Islam Indonesia. Hal ini membuat Yogyakarta menjadi salah satu destinasi para pelajar untuk menuntut ilmu. Tidak heran jika di beberapa daerah di wilayah Yogyakarta banyak ditemukan orang orang yang berasal dari luar wilayah Yogyakarta untuk menuntut ilmu maupun bekerja.

Sebagai sebuah daerah istimewa, tentunya Yogyakarta mempunyai kekhasan yang membedakannya dengan daerah lainnya. Dari struktur Pemerintahan, Yogyakarta dipimpin oleh seorang Gubernur yang merupakan Sultan DIY dan dipilih tidak melalui pemilihan umum, melainkan melalui warisan layaknya sebuah kerajaan. Keistimewaan lainnya adalah adanya beberapa peraturan perundang-undangan daerah yang juga dikhususkan bagi wilayah DIY layaknya perundang-undangan yang mengatur wilayah Aceh.

Wilayah yang kental dengan wisata budaya dan adat istiadatnya ini senantiasa menjadi destinasi favorit para wisatawan baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Ada beberapa tempat wisata Jogja yang tidak pernah absen mendapat kunjungan dari para wisatawan, sebut saja Kawasan Malioboro, gugusan pantai di sepanjang Laut Selatan yang cantik dan menawan, serta taman taman di Jogja yang enak dijadikan tempat bersantai.

Yogyakarta memang tidak begitu luas wilayahnya, jika dibandingkan dengan propinsi lain di Indonesia. Namun, hampir di setiap wilayahnya mempunyai potensi wisata yang cukup unik dan menarik. Seiring berjalannya waktu, daerah wisata ini senantiasa mengalami perkembangan yang signifikan menyusul dengan semakin banyakanya pengguna sosial media yang rajin membagikan informasi wisata di akunnya.

Berbicara mengenai wisata Jogja, pada artikel ini tempatwisataindonesia.id akan memberikan tambahan informasi mengenai beberapa taman di Jogja yang menarik untuk dikunjungi di hari libur maupun akhir pekan. Langsung saja, berikut top list taman di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi saat memilih untuk berlibur di Daerah Istimewa Yogyakarta.

1. TAMAN PINTAR YOGYAKARTA

Yuk Liburan Lagi dengan Melihat Daftar Rekomendasi Taman Di Jogja Yang Harus Kamu Kunjungi
credit: vika_verza

Taman Pintar di Jogja memadukan konsep wisata dan edukasi yang cukup menarik. Di taman pintar, kamu bisa menemukan beberapa wahana yang terdiri dari teater 3D, wahana bahari, serta berbagai wahana lainnya yang bisa menambah wawasan buah hati. Taman pintar buka mulai pukul 9 pagi sampai dengan 4 sore dan berdekatan dengan kawasan Shopping yang menjual banyak sekali buku buku murah di Yogyakarta. Di tempat ini juga ada gong yang sangat besar serta air mancur yang berbentuk terowongan yang dapat kamu jadikan spot foto menarik.

Google Maps : https://goo.gl/maps/TC9BivRfknJ2

2. TAMAN SARI YOGYAKARTA

Yuk Liburan Lagi dengan Melihat Daftar Rekomendasi Taman Di Jogja Yang Harus Kamu Kunjungi
credit: @markseananigan

Taman Sari di Jogja konon katanya merupakan tempat pemandian yang digunakan oleh para putri raja di masa lalu. Bangunannya begitu artistik dan menarik meskipun catnya sudah pudar dan usang termakan oleh waktu. Lokasi wisata ini juga kerap dijadikan spot foto yang paling populer karena begitu cantik dan menawan.

Google Maps : https://goo.gl/maps/9DYt9fjxHin

3. TAMAN BERMAIN AIR JOGJABAY

Yuk Liburan Lagi dengan Melihat Daftar Rekomendasi Taman Di Jogja Yang Harus Kamu Kunjungi
credit: @wisatasleman

Taman bermain di Jogja yang terbilang baru ini terletak persis di sebelah utara Stadion Internasional Maguwoharjo, Depok, Sleman. Jogjabay menyuguhkan berbagai macam permainan air yang seru layaknya sebuah waterboom di daerah lainnya. Salah satu wahana yang paling diunggulkan di Jogjabay adalah kolam ombak dimana pengunjung akan merasakan sensasi dihantam ombak padahal sedang berada di kolam. Fasilitas lainnya yang disediakan juga cukup lengkap. Sekarang, Jogjabay mampu menggeser tempat wisata lainnya yang lebih dulu populer di Yogyakarta.

Google Maps : https://goo.gl/maps/zqAYanZLqnz

Baca juga:

4. TAMAN LAMPU SKE (SINDU KUSUMA EDUPARK)

credit: @tiansheptianie

Terletak di Jalan Jambon, Kecamatan Mlati, taman lampu ini merupakan destinasi wisata terbaru di Yogyakarta. Ada kurang lebih 18 tema lampu yang ditampilkan dan dapat dijadikan tempat yang cantik untuk berswafoto. Tema tema lampu tersebut terdiri dari couple, jembatan, dan ada juga yang bertemakan laut dengan latar belakang lampu berwarna biru. Taman lampu SKE selalu ramai oleh pengunjung baik di hari biasa maupun hari libur.

Google Maps : https://goo.gl/maps/AjJog34qKuv

5. TAMAN PURBAKALA DI GUNUNG API NGLANGGERAN

Yuk Liburan Lagi dengan Melihat Daftar Rekomendasi Taman Di Jogja Yang Harus Kamu Kunjungi

Taman di Jogja yang cukup unik merupakan sebuah kawasan yang mempunyai bentang alam sangat indah. Menurut sebuah penelitian, kawasan ini merupakan gunung purba yang terbentuk dari magma yang membeku sekitar 60 juta tahun silam. Kamu harus mendaki untuk dapat menyaksikan panorama Jogja lantai dua dari atas sini. Lokasi taman ini juga bisa kamu jadikan tempat berkemah dengan suasana alam yang berbeda. Puncaknya dikenal sebagai Gunung Gede dan bisa kamu capai dengan trackking selama kurang lebih 1 jam.

Google Maps : https://goo.gl/maps/rXSjdhoY1TG2

6. TAMAN SUNGAI MUDAL

credit: @progomoto

Di Taman Sungai Mudal, pengunjung akan dimanjakan dengan 3 pemandangan alam sekaligus, yaitu taman bunga yang cantik, air terjun yang jernih serta sungai yang airnya menyegarkan. Sudah pasti kamu akan betah berlama lama bermian di Taman Sungai Mudal yang terletak di daerah Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo ini.

Google Maps : https://goo.gl/maps/BxqYunNTCoL2

7. TAMAN WISATA KALIURANG

credit: @hara_juna

Taman wisata di Jogja ini sudah pasti populer di kalangan para wisatawan. Terletak di wilayah Utara Yogyakarta berdekatan dengan Gunung Merapi membuat udara di Taman Wisata Kaliurang cenderung dingin di malam hari dan sejuk di siang hari. Taman Wisata Kaliurang selalu menjadi kawasan favorit para warga masyarakat Yogyakarta, para mahasiswa, maupun para wisatawan yang melarikan diri dari penatnya aktivitas di Kota. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Taman Wisata Kaliurang, seperti wisata kuliner makan sate kelinci dan jadah tempe, mengunjungi museum budaya Ullen Sentalu, dan juga menginap di beberapa homestay, hotel, villa, maupun penginapan yang tersebar di seluruh penjuru wilayah Kaliurang.

Google Maps : https://goo.gl/maps/6He5QkUjV3v

8. TAMAN ADVENTURE TEGALARUM

Berbeda dengan wahana wisata lainnya, tempat ini menyajikan sebuah pengalaman menarik bagi para pengunjungnya. Ditempat ini, para pengunjung akan diajak berpetualang dengan menyusuri arus sungai dan hamparan persawahan yang menarik hati. Taman Adventure Tegalarum berlokasdi di Desa Wisata Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Google Maps : https://goo.gl/maps/89Jzv8WC63E2

9. TAMAN PELANGI

Liburan Seru dengan Rekomendasi Tempat Wisata Malam Di Jogja!

Taman Pelangi di Jogja merupakan sebuah tempat wisata yang didalamnya menyajikan berbagai macam lampion dengan bentuk bentuk khas yang menawan. Tempat ini akan lebih bagus jika kamu kunjungi pada malam hari. Letaknya tepat berada di plataran Monumen Yogya Kembali yang terletak di Ringroad Utara Yogyakarta.

Google Maps : https://goo.gl/maps/fhp7o4z6wQL2

10. TAMAN DENGGUNG

Terletak di Dusun Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman, taman ini cocok dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Terdapat banyak wahana permainan yang bisa memanjakan anak anak dan tempat bersantai yang teduh. Tidak lupa banyaknya pedagang makanan yang menyajikan dagangan makanan ringan membuat kamu merasakan suasana piknik yang sesungguhnya padahal hanya berjarak beberapa meter dari Jalan Raya Jogja Magelang yang selalu ramai dengan lalu lalang kendaraan bermotor setiap saat.

Google Maps : https://goo.gl/maps/Gh1q27bNjXF2

11. TAMAN BUNGA HUTAN PINUS MANGUNAN

credit: @iwan_haniyoto

Taman bunga di Yogyakarta ini berada di kawasan Hutan Pinus Mangunan yang saat ini sudah dikelola secara apik oleh warga sekitar dan dinas terkait. Untuk dapat mencapai taman bunga ini, kamu harus membeli tiket masuk ke Hutan Pinus terlebih dulu dan melakukan trackking selama sekitar 5 menit ke atas menanjak. Namun jangan khawatir, jalan disini sudah dirapikan sedemikian rupa sehingga tidak menyulitkan pengunjung. Setelah sampai di kebun bunga, jangan lupa selfie dengan latar belakang bunga bunga cantik untuk diunggah ke akun medsosmu ya.

Google Maps :

12. TAMAN LEMBAH UGM

credit: @arif.m.n

Lembah UGM berada di kawasan Kampus Universitas Gadjah Mada yang sangat terkenal. Dulu, sebelum dipugar, tempat ini selalu kebanjiran saat musim hujan datang. Namun sekarang, taman lembah UGM sudah ditata dengan rapi dan apik sehingga dapat dijadikan tempat untuk jogging bagi para mahasiswa dan juga warga sekitar. Ada danau buatan yang sering dijadikan spot untuk memancing dan juga jogging track baru yang menambah fresh tampilan lembah UGM. Di Minggu pagi, ada Pasar Sunmor yang berjajar di sekitaran Taman Lembah UGM.

Google Maps :

13. TAMAN BERMAIN KIDS FUN

Taman bermain yang legendaris ini sudah ada sejak berpuluh puluh tahun silam dan masih eksis hingga sekarang ditengah banyaknya wisata wisata baru di Yogyakarta. Layaknya taman bermain lainnya, ditempat ini kamu bisa menemukan berbagai macam wahana permainan untuk anak anak maupun dewasa seperti gokart, komedi putar, roller coaster, dan masih banyak lagi.

Google Maps :

14. TAMAN LAMPION KALIURANG

Taman rekreasi di Jogja ini sudah dibuka selama kurang lebih 2 tahun terakhir dan selalu mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Terletak di kawasan Taman Rekreasi Kaliurang, taman lampion ini menyuguhkan berbagai macam lampion dengan bentuk yang menarik. Kawasan ini cukup dingin sehingga jika kamu berkunjung kesini jangan lupa memakai jaket agar fotomu yang diunggah ke medsos semakin oke.

Google Maps :

15. TAMAN TEBING BREKSI

Tebing breksi merupakan wisata di Yogyakarta yang baru dan cukup asyik untuk didatangi apalagi bagi kalian yang doyan fotografi. Di temapt ini menawarkan banyak sekali spot foto keren yang instagramable. Tebing breksi merupakan sebuah bongkahan bebatuan yang dipahat dengan ukiran cantik dengan cerita pewayangan. Tempat ini juga sering dijadikan lahan untuk menggelar event event budaya di Yogyakarta.

Google Maps :

16. TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI

Sebuah kawasan yang terdiri dari area hutan tropis bernuansa vulkanis ini berdekatan dengan Gunung Merapi yang terkenal. Taman Nasional Gunung Merapi merupakan sebuah kawasan wisata yang cukup luas dengan berbagai macam tujuan yang bisa kamu datangi, seperti museum kenangan Kaliadem, beberapa spot yang dulunya terkena terjangan wedhus gembel, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang hobi mendaki, di tempat ini juga disediakan pos pendakian yang merupakan gerbang untuk mendaki puncak Merapi yang fenomenal.

Google Maps :

17. TAMAN GAJAH WONG EDUPARK

Wisata taman di Jogja yang berlokasi di Gambiran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta ini merupakan sebuah Kampung wisata yang terletak di tepi sungai. Di Taman Gajah Wong ini terdapat sarana untuk kebugaran jasmani serta Ruang Terbuka Hijau yang daat digunakan oleh siapapun dengan gratis.

Google Maps :

18. TAMAN BUNGA AMARYLLIS

Taman bunga di Jogja yang satu ini sempat hits pada beberapa waktu lalu. Terletak di Jalan Jogja Wonosari tepatnya berada di Dusun Ngasem Ayu, Desa Salam, Pathuk, Yogyakarta lokasinya cukup mudah dijangkau dan bahkan terlihat dari jalan sehingga menarik minat pengunjung. Kebun Bunga Brambangan atau Bunga Amaryllis ini memang baru saja dibuka, namun akibat ulah para pengunjung yang seenaknya sendiri kebun bunga ini menjadi rusak seketika dan tanamannya banyak yang mati. Hal ini sempat viral di medsos dan menjadi sebuah perhatian publik.

Google Maps :

19. TAMAN WANA WINULANG

Taman seluas 1 hektar ini baru dibangun tahun 2012 lalu dan berlokasi di samping Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulonprogo. Taman Wana Winulang dilengkapi dengan fasilitas berupa gazebo dan ruang untuk diskusi. Meskipun dikemas cukup menarik, namun taman ini cukup sepi setiap harinya. Hanya terlihat beberapa anak kecil yang berlarian di sore hari, selebihnya taman ini tampak sepi.

Google Maps :

20. TAMAN BUDAYA YOGYAKARTA

Taman Budaya Yogyakarta merupakan sebuah tempat berupa gedung yang sangat luas dan biasanya dijadikan spot untuk menyelenggarakan event budaya di Yogyakarta. Sebuta saja event Pasar Kangen, Festival Kesenian Yogyakarta, dan juga Pameran Seni terbesar di Yogya serta beberapa pertunjukan lainnya yang pernah menggunakan bangunan Taman Budaya Yogyakarta. Memang lokasinya berada di tengah kota sehingga terjangkau didatangi dari seluruh penjuru Kota Yogyakarta.

Google Maps :

21. TAMAN KOTA YOGYAKARTA

Taman kota di Jogja ini berlokasi di kawasan Jembatan Kleringan, Kotabaru. Selain sebagai Ruang Terbuka Hijau, kawasan yang berada di pinggir Kali Code atau Sungai Code ini sekarang sudah ditata sedemikian rupa sehingga menjadi cantik dan layak untuk dikunjungi. Jika malam hari ada beberapa penjual kopi joss yang mangkal menjajakan dagangannya. Bahkan, ditempat ini sudah beberapa kali diselenggarakan event budaya Yogyakarta yang selalu ramai pengunjung. Keberadaan taman kota ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana penyerapan air dan juga menjadi paru paru Kota Yogyakarta yang saat ini sudah mulai mirip dengan Kota Metropolitan Jakarta yang dipenuhi dengan pohon pohon beton disana sini.

Google Maps :

22. TAMAN BAMBU AIR WADUK SERMO

Taman bambu air menawarkan sebuah tempat wisata yang berbeda. Di taman ini kamu bisa menemukan taman yang terapung di tengah waduk yang terbuat dari bambu bambu unik yang tersusun rapi di atas tong plastik yang telah disusun digabung dengan kerangka besi. Dijamin, fotomu akan semakin kece ditambah dengan properti yang sudah disediakan oleh pihak pengelola di tempat ini.

Google Maps :

23. TAMAN MUNGGUR WADUK SERMO

Taman munggur berlokasi di Dusun Klepu, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo. Di taman ini kamu bisa menghabiskan waktu dengan bersantai di pinggir waduk sembari menghirup udara segar nan asri.

Google Maps :

24. TAMAN BUAH MANGUNAN

Taman buah di Jogja berikutnya berada di wilayah Mangunan, Imogiri. Dari atas ketinggian taman buah ini, kamu bisa menyaksikan aliran Sungai Oya yang berkelok kelok mirip Sungai Amazon. Selain bisa berkeliling kebun buah, kamu juga bisa melihat pembibitan sapi ditempat ini.

Google Maps :

25. THE WORLD LANDMARKS MERAPI PARK

Tempat ini baru saja dibuka setelah lebaran tahun 2017. Di tempat ini kamu bisa melihat berbagai macam landmarks dunia dengan ukuran mini yang menjadi background foto. Ada berbagai macam landmarks dunia yang terkenal seperti rumah Belanda lengkap dengan kincir anginnya.

Google Maps :

26. TAMAN BUAH LANGKA SEDAYU

Terakhir, ada taman buah yang bisa dijadikan destinasi untuk berwisata sekaligus edukasi. Namanya lebih dikenal dengan Agrowisata Edukatif Kebun Buah Langka Sedayu yang beralamat di Jalan Wates km 12, Dusun Sundi Kidul, Argorejo, Sedayu, Bantul. Selain melihat berbagai buah yang langka, kamu juga bisa mencicipinya lho. Jangan lupa juga untuk membeli buah buahan ini untuk oleh oleh sanak saudara dirumah.

Google Maps :

Mungkin taman di Jogja tidak sebanyak taman taman yang ada di kota kota besar lainnya di Indonesia. Namun, kamu jangan pernah menyesal berkunjung ke Yogyakarta karena masih sangat banyak destinasi wisata lain yang menunggu untuk didatangi yang menyajikan keindahan dan keelokan potensi daerahnya, baik itu yang berada di wilayah Utara, Selatan, Barat, maupun Timur wilayah Yogyakarta.

Oke, mungkin cukup sekian informasi yang bisa kami berikan. Semoga bisa menambah referensi bagi kamu yang sedang kebingungan mencari taman di Jogja yang bagus untuk dikunjungi di akhir pekan ini.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here