Contoh Surat Pengunduran Diri yang Sopan dan Mudah Dipahami

0
296
surat pengunduran diri resign

Idearmanto.com – Seperti menulis surat lamaran pekerjaan, menulis surat pengunduran diri yang baik juga merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya untuk mundur dari sebuah perusahaan anda perlu tetap menjaga perasaan dari perusahaan anda saat ini sehingga akan memudahkan proses pengunduran diri anda. Untuk anda yang ingin membuat surat pengunduran diri yang sopan, mudah dimengerti dan juga profesional berikut ini adalah Contoh Surat Pengunduran Diri dan penjelasan tiap paragraf dari surat pengunduran diri anda.

Baca juga:

Paragraf 1 : Identifikasi Diri Anda

Ketika anda akan membuat sebuah surat pengunduran diri pastikan bahwa anda memberikan informasi yang jelas mengenai siap yang sedang membuat surat yaitu diri anda. Pastikan anda memberikan informasi mengenai nama anda, posisi anda dan juga nama perusahaan anda. Hal ini mungkin akan terdengar nyleneh terutama jika anda bekerja di perusahaan kecil dan bos anda mengenal anda dengan baik. Akan tetapi karena surat pengunduran diri adalah surat untuk memberikan ending secara resmi, maka memberikan identifikasi diri anda akan sangat penting untuk dimasukkan.

Setelah anda menulis identitas diri anda ikuti dengan pernyataan singkat mengenai keinginan anda untuk mengundurkan diri. Selain itu, pastikan anda juga memasukkan tanggal terakhir anda menjadi bagian dari perusahaan anda juga sangat penting. Pasalnya, hal pertama yang akan ditanyakan oleh bos anda ketika anda mengajukan pernyataan pengunduran diri adalah kapan anda akan mengundurkan diri.

Paragraf 2 : Berkaca pada Hal yang Positif dari Perusahaan 

Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah mengenai hal-hal positif yang anda terima dari perusahaan. Ambil beberapa waktu untuk melihat seberapa anda telah bertumbuh di dalam perusahaan dan apa yang membuat anda merasa berterima kasih dengan waktu yang diberikan oleh perusahaan pada saat bergabung di perusahaan anda saat ini. Jika bisa, ambil contoh yang lebih spesifik contohnya seperti kesempatan program pembangunan profesionalitas yang diberikan oleh perusahaan atau suasana supportif yang didapatkan selama bekerja dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal ini merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan karena perusahaan yang memperkerjakan anda akan merasa senang jika anda sebagai pekerja merasa nyaman dan berterimakasih dengan pengalaman dan pertumbuhan yang dialami saat bergabung di perusahaan tersebut. Dalam paragraf ini anda juga bisa memasukkan di perusahaan mana anda akan bekerja setelahnya. Anda juga bisa memasukkan alasan anda melakukan pengunduran diri jika memiliki alasan lain seperti ingin melanjutkan pendidikan atau berpindah industri untuk mengejar passion anda.

Paragraf 3 : Menawarkan Diri untuk Membantu dalam Proses Transisi

Pada paragraf 3 anda bisa memberikan jaminan pada perusahaan bahwa anda ingin membantu proses transisi sehingga pihak perusahaan tidak merasa kesusahan dalam proses perubahan tersebut.

Paragraf 4 : Berikan Kontak Informasi Personal 

Selanjutnya adalah mengenai kontak informasi anda. Dalam Contoh Surat Pengunduran Diri di bawah kami akan memberikan contoh cara untuk memberikan informasi anda. Informasi pribadi anda merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini disebabkan karena kontak pribadi dapat menjadi asuransi bagi pihak perusahaan jika ada hal yang berjalan tidak benar dalam proses Training yang anda lakukan pada pekerja baru. Hal ini juga merupakan salah satu hal yang menunjukkan bahwa anda melakukan pengunduran diri dengan baik dan tidak bermaksud buruk untuk menjatuhkan perusahaan.

Contoh dari Surat Pengunduran Diri yang Sopan dan Profesional :

20 Agustus 2019

Surat Pengunduran Diri

Kepada Ibu Rismah Sidarina,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah Liliana Nawastuti memberikan informasi bahwa saya akan mundur dari posisi saya sebagai Data Analis dari perusahaan Mitra Kencana mulai dari 18 Agustus 2019 mendatang.

Saya sangat menghargai kesempatan untuk bekerja dan bertumbuh secara profesional di perusahaan ini selama hampir 4 tahun. Saya menikmati setiap fasilitas dan suasana yang di bangun oleh Mitra Kencana guna meningkatkan efektivitas kerja dan juga pembangunan diri saya sebagai tenaga profesional di bidang ini. Saya juga berterima kasih dengan program-program pembangunan kualitas diri yang diberikan oleh perusahaan yang akhirnya memberikan saya banyak sekali manfaat dalam pembangunan karir saya.

Ada banyak sekali hal positif yang saya dapatkan dari perusahaan. Akan tetapi disebabkan karena masalah pribadi yaitu karena saya akan segera menikah dan melanjutkan hidup di kota lain, maka mengajukan pengunduran diri dari perusahaan ini menjadi keputusan paling bijaksana yang bisa diambil saat ini.

Jika di butuhkan, saya akan membantu proses transisi antara saya dengan pekerja baru yang menggantikan posisi saja. Dimulai dari tanggal efektif saya mengajukan pengunduran diri saya bisa bekerja sebagai freelancer di perusahaan Mitra Kencana sebagai upaya transfer ilmu pada pengganti saya.

Sekali lagi, saya berterima kasih untuk kesempatan yang Mitra Kencana berikan pada saya sebagai seorang profesional. Saya berharap yang terbaik untuk perusahaan Mitra Kencana dan berharap saya dan perusahaan dapat membangun hubungan yang baik. Oleh karena itu, jika dibutuhkan suatu hari nanti, anda bisa menghubungi saya di alamat email [email protected].Com.

Dengan hormat,

(Tanda tangan)

(Liliana Nawastuti)

Hal-hal yang Boleh Dimasukkan dalam Surat Pengunduran Diri

Selain memberikan tuntunan dalam membuat surat pengunduran diri kami juga akan memberikan beberapa hal yang sebaiknya tidak dimasukkan dalam surat pengunduran diri anda salah satu hal yang sebaiknya dihindari dalam penulisan surat pengunduran diri adalah mengenai komplain dan hal negatif yang anda rasakan pada saat berada di perusahaan. Hal ini mungkin akan membuat anda bos anda merasa kesal dan membuat anda merasa kesulitan pada saat menjalankan proses pengunduran diri.

Tips dalam Membuat Sebuah Surat Pengunduran Diri

Selain membuat surat pengunduran diri sesuai dengan bagian-bagiannya, pastikan anda juga mengetahui beberapa tips membuat pengunduran diri yang baik dan mudah untuk dipahami. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

  • Buat surat pengunduran diri singkat dan padat dan hindari membuat surat pengunduran diri dengan jumlah lebih dari 1 halaman.
  • Gunakan font yang formal dan tradisional seperti Times New Roman, Arial atau Calibri. Untuk ukuran hurufnya anda bisa menggunakan huruf sebesar 10 pts atau 12 pts.
  • Gunakan spasi single. Selain menggunakan spasi single, pastikan juga anda memberikan spasi pada tiap paragraf. Gunakan margin 1 inch untuk dan juga pastikan anda menggunakan alignment kiri untuk surat pengunduran diri anda.
  • Pastikan surat pengunduran diri bebas typo dengan membacanya dan mengeditkan berulang

Berikan surat pengunduran diri anda pada atasan anda langsung. Jangan meminta rekan untuk memberikannya. Selain itu pastikan suat yang anda buat sesuai dengan Contoh Surat Pengunduran Diri yang kami berikan juga di proses sesuai dengan permintaan anda dengan melakukan follow up setelah penyerahannya.

Artikel menarik lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here