Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Menarik untuk Segala Posisi

0
190
Surat Lamaran Pekerjaan

Idearmanto.com – Untuk anda yang sedang memiliki kesulitan dalam membuat surat lamaran, berikut ini adalah penjelasan dari bagian-bagian dari surat lamaran sekaligus Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang bisa kami berikan.

Apa itu Surat Lamaran?

Surat lamaran sudah pasti merupakan surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Surat ini biasanya memiliki 3 pokok yaitu :

  • Pokok mengenai pekerjaan anda yang relevan
  • Kecocokan antara pandangan anda dengan pandangan perusahaan dan juga tujuannya.
  • Dan menunjukkan sedikit sikap atau personalitas anda.

Sebuah surat lamaran yang kuat akan menjadi bagian yang membuat anda di pertimbangkan dalam pekerjaan anda.

Baca juga:

Tujuan dari Surat Lamaran :

Bagi anda surat lamaran seharusnya tidak hanya berupa surat untuk melamar pekerjaan. Akan tetapi dalam surat tersebut harus ada nilai-nilai yang membuat anda terlihat lebih menonjol daripada pelamar lainnya. Oleh karena itu, dalam surat lamaran anda harus memiliki unsur berikut supaya tujuan anda yaitu menjadi kandidat yang lebih menarik akan berhasil. Lalu apa saja unsur yang perlu diperhatikan untuk membuat sebuah surat lamaran yang menarik? Berikut ini ulasannya.

  • Memperkenalkan diri dengan baik
  • Membuat anda nampak seperti pilihan terbaik untuk pekerjaan tersebut
  • Memiliki keinginan kuat untuk bekerja di perusahaan yang anda incar
  • Lengkapi hal-hal yang tidak bisa anda ungkapkan pada CV anda

Bagian-bagian dari Surat Lamaran Pekerjaan :

Setelah mengetahui apa itu surat lamaran dan juga tujuan dari surat lamaran, maka kita akan beranjak pada bagian-bagian dari surat lamaran. Apa saja bagian-bagian dari surat lamaran ini?

  • Informasi anda

Informasi adalah dasar dari sebuah surat lamaran untuk pekerjaan anda. Dalam informasi ini anda akan memasukkan detail informasi yang anda miliki. Selain memberikan informasi anda, informasi dari perusahaan yang anda lamar juga perlu dimasukkan dalam bagian anda. Pastikan anda menuliskan detail informasi dari perusahaan dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan karena kesalahan dalam penulisan detail alamat dari perusahaan mungkin akan mempengaruhi daya tarik anda sebagai calon pelamar.

  • Salutation

Merupakan bagian yang digunakan untuk mengalamatkan surat lamaran anda. Buat bagian ini seperti seoran profesional dengan mengalamatkan pada orang yang tepat sasaran. Pada bagian ini pastikan anda menyapa pembaca surat lamaran anda secara resmi. Dalam bagian ini banyak orang yang menggunakan sapaan umum seperti “kepada bapak/ibu yang terhormat” sebagai pembukanya. Hal ini merupakan salah satu hal yang sesungguhnya baiknya dihindari. Pasalnya menggunakan kalimat ini membuat surat lamaran anda seakan-akan dibuat oleh mesin.

Jika ingin surat lamaran pekerjaan anda meninggalkan kesan yang besar bagi pembacanya, maka sebaiknya anda melakukan Research terlebih dahulu untuk mengetahui kepada bagian apa dan siapa kepala dari bagian yang akan menerima surat lamaran anda tersebut. Hal ini memang akan membutuhkan usaha akan tetapi akan tetapi merupakan sebuah cara yang tepat dan terjamin untuk membuat surat lamaran anda menjadi lebih kuat.

  • Intro

Untuk anda yang akan membuat intro atau bagian pembuka, maka pastikan anda membuatnya dengan benar. Dalam bagian ini anda perlu melakukan penjelasan mengenai diri anda dan juga penjelasan bagaimana anda bisa menemukan pekerjaan tersebut. Dalam bagian ini dan tidak perlu terlalu berlebihan akan tetapi pastikan ia memiliki pengaruh yang kuat.

  • Body

Merupakan bagian yang akan menjelaskan mengenai kemampuan anda dan juga mengapa anda adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi pada perusahaan tersebut. Pada paragraf kedua dari sebuah surat lamaran pekerjaan anda harus meyakinkan bahwa anda adalah orang yang memiliki pengalaman sehingga lowongan yang kosong dalam perusahaan tersebut merupakan lowongan yang sangat tepat untuk anda.

Anda bisa melakukannya dengan memberikan penjelasan mengenai bagaimana pekerjaan anda sebelumnya, mengenai skill dan kemampuan anda yang memenuhi apa yang mereka butuhkan. Untuk memastikan skill yang anda butuhkan sesuai dengan yang dicari perusahaan anda bias menggunakan poin dari penjelasan lowongan pekerjaan untuk meyakinkan perusahaan bahwa anda adalah kandidat yang tepat. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan adalah jika pada lowong di sebutan bahwa kandidat pelamar harus memiliki TOEFL 500, maka anda bisa menjelaskan di mana anda belajar bahasa Inggris jika lembaga belajar anda adalah lembaga yang bonafide dan juga memberitahukan mengenai nilai TOEFL yang anda miliki.

Selain menjelaskan mengenai skill yang anda miliki. Bagian ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan kepribadian anda yang unggul. Anda bisa memisahkan paragraf ini dengan paragraf penjelasan mengenai kemampuan yang anda miliki.

Sebuah surat lamaran yang terbaik adalah ketika perusahaan yang anda lamar tahu caranya menghubungi anda untuk melakukan interview.

Contoh Surat Lamaran untuk Pekerjaan :

15 Agustus 2019

Kirana Puspita Sari

Email : [email protected] | 0881-0902-8012 | Jl. Kepodang V, Jogjakarta

Kepada Yth,

Ridwan Mustafa (nama dari manajer atau kepala bagian HR )

(alamat perusahaan)

(kota perusahaan, negara)

(nomor telepon perusahaan)

(alamat email perusahaan)

 

Dengan hormat,

Saya menulis surat lamaran pekerjaan ini untuk mengisi posisi (lowongan pekerjaan) sesuai yang di iklankan pada (sumber informasi lowongan kerja). Saya yakin jika pengalaman saya selama 12 tahun di bidang tersebut akan membuat saya menjadi kandidat yang ideal untuk posisi ini.

Selama perjalanan karir saya, saya telah bekerja sebagai ( pengalaman kerja yang berkaitan ) di ( perusahaan anda sebelumnya ). Saya adalah salah satu orang yang berperan penting dalam beberapa proyek yang menjadi tanggung jawab dari divisi saya tersebut. ( sebutkan tanggung jawab terbesar anda dalam pekerjaan anda sebelumnya ).

Saya banyak mendapatkan perhatikan dengan kemampuan saya di bidang :

  • Kemampuan dalam mengatur proyek yang penting dan juga memiliki waktu yang singkat
  • Membangun inovasi dalam menyelesaikan masalah
  • Menyesuaikan ekspektasi dengan hasil proyek yang saya handle
  • (sebutkan skill lain anda yang berhubungan dengan posisi yang anda incar)

Selain itu, selama bekerja di ( perusahaan lama anda ) saya juga memiliki beberapa prestasi.

  • Seperti mengeksekusi proyek yang memiliki budget yang tinggi
  • Bekerja dan mengatur tim dengan yang berhubungan dengan klien internasional
  • Berkontribusi dalam menyukseskan proyek ( sebut proyek paling menarik dari pekerjaan anda sebelumnya )

Selain hal-hal di atas, saya juga memiliki background akademik yang kuat sebagai dasar dari pekerjaan saya. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 saya di (jurusan anda), saya juga melakukan ( bisa sebut pendidikan formal atau non formal yang mendukung anda untuk memperkuat dasar pengetahuan ke pekerjaan yang terkait ). Saya juga berencana untuk mendapatkan sertifikasi dan gelar ( rencana pendidikan lanjutan yang sesuai dengan ekspektasi dari perusahaan. Jangan terlalu berlebihan. Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan saja ).

Saya percaya bahwa kualitas dan pengalaman saya akan membuat saya menjadi salah satu faktor pendukung penting dalam kemajuan perusahaan anda. Jika anda ingin tahu lebih banyak mengenai informasi dan diri saya, anda bisa menghubungi saya di kontak yang sudah saya berikan.

       Hormat saya,

(Tanda tangan)

(Kirana Puspita Sari)

Demikianlah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here