Jangan Diabaikan, Cash Flow Per Share Adalah Indikator Penting

0
59
Jangan Diabaikan, Cash Flow Per Share Adalah Indikator Penting

Jangan Diabaikan, Cash Flow Per Share Adalah Indikator PentingCash flow per share adalah salah satu istilah dalam dunia investasi dan finansial yang dalam bahasa Indonesia berarti aliran kas per saham. Dalam dunia investasi, istilah ini kerap juga dikaitkan dengan salah satu metode investasi bernama price to cash flow ratio (P/CF Ratio). Metode ini dikenal sebagai salah satu cara untuk menentukan harga saham yang diperjualbelikan di pasar saham.

Cash Flow per Share adalah Indikator

Walaupun memiliki nama yang hampir mirip, sebenarnya keduanya cukup berbeda. Cash flow per share merupakan suatu perhitungan dimana aliran kas masing-masing saham dihitung berdasarkan pembagian arus kas yang diterima selama kurung waktu tertentu (umumnya triwulan atau tahunan) dengan jumlah keseluruhan saham yang beredar dalam waktu yang sama. Secara sederhana, cash flow per share merupakan indikator nilai saham suatu perusahaan. Semakin banyak cash flow per share yang dihasilkan maka investor semakin memberikan harga mahal pada tiap lembar saham perusahaan tersebut. Untuk menghitung cash flow per share tersebut terdapat rumus sendiri yang sudah ditetapkan. Berikut adalah cara menghitungnya:

Cash flow per share (CFPS) = (arus kas – deviden pilihan) / jumlah saham yang beredar.

Sementara itu, price to cash flow per share atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai harga terhadap arus kas merupakan rasio valuasi investasi (umumnya saham) yang digunakan oleh investor untuk memperkirakan daya tarik  suatu saham suatu perusahaan dengan membandingkan antara arus kas perusahaan dengan harga sahamnya.  Secara sederhana,  price to cash flow per share menunjukkan seberapa besar uang yang harus dibayarkan oleh investor untuk arus kas yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Dengan menggunakan metode ini, cashflow yang digunakan hanyalah cash flow dari operasional aktif. Metode perhitungannya sendiri bisa Anda lihat pada rumus di bawah ini.

Price to cash flow per share (PCFPS) = harga saham / CFPS

Baca juga:

Jangan Sampai Salah Kira, Amortisasi Adalah Hal Yang Biasa

Baca Juga:  Peluang Bisnis Rumahan Usaha Souvenir Pernikahan

Manfaat Laporan Cash Flow

Jika Anda seorang investor yang sudah cukup berpengalaman dan ingin meningkatkan keuntungan, memahami dan mengetahui laporan cash flow suatu perusahaan sangatlah penting.  Terlebih jika Anda ingin mengambil alih mayoritas saham di suatu perusahaan atau berencana untuk hold forever saham perusahaan untuk kepentingan tertentu seperti sebagai mesin dividen contohnya.

Walaupun terlihat mudah, tapi sebenarnya perhitungan cash flow cukup rumit. Sebagai contoh, Anda hanya bisa menggunakan price to cash flow per share  pada saham-saham yang memiliki cashflow positif namun laba bersihnya justru negatif akibat beberapa hal seperti noncash charge semacam amortisasi, selisih kurs dan sebagainya. Hal itulah yang membuat perhitungan kadang tidak valid sehingga Anda membutuhkan metode lain yang lebih sesuai.

Selain price to cash flow per share, Anda juga bisa menggunakan price to earnings ratio guna mengukur valuasi yang lebih efisien. Selain efisien, metode ini juga lebih bisa dipercaya dan sudah sering digunakan oleh para investor dan trader saham. Hal ini dikarenakan dengan metode tersebut aliran kas tidak akan mudah dimanipulasi sehingga hasil analisa lebih akurat dan bisa lebih mampu dipertanggungjawabkan.

Dilihat dari penjelasan di atas, perhitungan nilai saham memang cukup menguras tenaga. Perhitungan yang dilakukan walaupun terlihat sederhana namun perlu kehati-hatian yang cukup tinggi. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan banyak sekali data dan informasi yang berkaitan dengan pasar saham untuk bisa menentukan valuasi saham yang diinginkan. Cash flow per share adalah salah satu dari bagian kecil yang harus dipelajari dan tidak boleh diabaikan agar bisa sukses memilih investasi yang tepat.  

Baca juga:

Mengenal Keuntungan Dan Kerugian Dari Investasi Apartemen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here