Cara Rotate Video di iPhone dengan Mudah

0
96
Cara Rotate Video yang benar

Cara Rotate Video di iPhone dengan Mudah – Ketika kita sedang merekam video yang ternyata terletak pada posisi orientasi yang salah atau memiliki video di iPhone kita dengan kesalahan yang sama juga rasanya sungguh menjengkelkan. Disaat kita memutar video tersebut tentu kita tidak dapat melihatnya dengan nyaman sebagaimana mestinya.

Kesalahan orientasi saat merekam video bisa terjadi dalam beberapa sebab namun satu hal yang paling sering terjadi pada hampir setiap pengguna setia iPhone yakni sebelum anda menekan tombol record video, iPhone tidak bisa mendeteksi diposisi apakah tangan anda berada secara vertikal ataupun horisontal ketika menggenggam iPhone.

Pada aplikasi Photos yang dimiliki oleh iPhone, kita bisa melihat dan amati bahwa aplikasi ini tidak memiliki fitur untuk melakukan rotate atau rotasi sebuah video. Maka dari itu kita perlu memasang sebuah aplikasi gratis untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Baca juga:

Anda dapat melakukan rotate video pada Mac atau iPhone anda. Namun saya lebih menyarankan jika videonya sudah ada didalam iPhone maka anda bisa mempraktekannya langsung tanpa harus mentransfer terlebih dahulu file video tersebut dari Mac anda.

Cara Rotate Video di iPhone dengan Mudah dan Gratis

Versi iPhone :

Pertama, download RFV (Rotate & Flip Video) di App Store iPhone anda.Cara Rotate Video yang benar

Kedua, buka aplikasi RFV lalu klik tombol video yang ada dipojok kiri bawah.Cara Rotate Video yang benar

Ketiga, pilih Video dan tekan kumpulan folder Videos yang ada. Kemudian tekan salah satu video yang dituju, tekan Select.Cara Rotate Video yang benar

Keempat, tunggu loading video kemudian anda bisa memilih 3 tombol selain tombol video diatas. Anda bisa membolak-balikan orientasi ke atas bawah video, berputar hingga 90° dan berputar kekiri dan kekanan. Jika telah menentukan posisi yang pas atau diinginkan maka tekan tombol Save yang ada di pojok kanan atas.

Versi Mac :

Pertama, buka aplikasi iMovie yang ada di Mac anda. Jika belum ada silakan download terlebih dahulu di App Store.

Kedua, dibagian tab Media pilih Import Media.

Ketiga, pilih video yang ingin anda rotate lalu klik Import Selected.

Keempat, klik thumbnail video yang ada disebelah kiri. Kemudian klik ikon crop yang ada disisi bagian kanan. Lihat pada gambar panah dibawah.

Kelima, anda bisa klik kedua tombol rotate yang ada. Bisa anda putar baik ke kiri dan ke kanan.

Keenam, hasilnya bisa diliat seperti dibawah.

Ketujuh, untuk menyimpan video silakan klik File yang berada diatas. Kemudian pilih Share, lalu File….Akan muncul kotak dialog konfirmasi penyimpanan seperti dibawah dan klik Next.

Kedelapan, tentukan nama video dan folder penyimpanannya lalu klik Save.

Demikian informasi mengenai cara rotate video di iPhone yang bisa anda lakukan baik langsung dari iPhone ataupun Mac. Beritahu saya jika anda mengalami kendala dalam melakukan cara yang sudah dipaparkan diatas. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here