Cara Rekam Video di iPhone dengan kualitas 4K

0
165
buat film pake iphone

Cara Rekam Video di iPhone dengan kualitas 4K – Smartphone saat ini berlomba-lomba untuk menghadirkan kamera yang canggih dan mutakhir yang mampu menghasilkan foto yang lebih detail dan tajam serta dapat merekam video dengan definisi yang tinggi hingga 4K. Tidak terkecuali dengan iPhone.

Pada pengaturan pabrik atau bawaan dari iPhone itu sendiri, secara default iPhone merekam video dengan kualitas 1080p HD at 60 fps. Tentulah bagi anda yang menyukai rekaman video yang lebih tajam menginginkan hasilnya bisa semaksimal mungkin hingga 4K.

Berdasarkan keterangan perbandingan besarnya perkiraan ruang yang dibutuhkan untuk masing-masing kualitas video dalam rekaman 1 menit yang tertulis pada iPhone kita :

  • 1 menit video dengan kualitas 720p HD 30 fps memakan space sebesar 40 MB
  • 1 menit video dengan kualitas 1080p HD 30 fps memakan space sebesar 60 MB
  • 1 menit video dengan kualitas 1080p HD 60 fps memakan space sebesar 90 MB
  • 1 menit video dengan kualitas 4K 24 fps memakan space sebesar 135 MB
  • 1 menit video dengan kualitas 4K 30 fps memakan space sebesar 170 MB
  • 1 menit video dengan kualitas 4K 60 fps memakan space sebesar 400 MB

Dengan artian jika kamu memiliki ruang memori yang besar, kamu bisa melanjutkan untuk merekam video dengan kualitas yang paling tinggi yakni 4K 60 fps.

Bahasan kita sebelumnya :

Bagi teman-teman yang belum tahu kualitas 4K adalah kualitas video dengan resolusi 4x lipat lebih baik dibandingkan 1080p HD. Satu hal yang perlu diingat adalah fitur 4K ini hanya tersedia di beberapa model iPhone.

iPhone pertama kali mengenalkan rekaman video dengan kualitas 4K 30 fps adalah iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. iPhone 7 dan iPhone 7 plus pun juga demikian. Semua model iPhone 8 dan iPhone X terdapat fitur 4K 24 fps, 4K 30 fps dan 4K 60 fps.

Baca Juga:  Cara Memunculkan Prakiraan Cuara yang ada di Lock Screen iPhone Anda

Lantas bagaimana caranya mengubah pengaturan agar iPhone saya dapat merekam video 4K?

Berikut Cara Rekam Video di iPhone dengan kualitas 4K dengan Mudah :

Pertama : Buka menu Settings yang ada di Home Screen.

Cara Rekam Video di iPhone dengan kualitas 4K

Kedua : Pada menu Settings, scroll ke bawah dan ketuk pilihan Camera. Bisa juga ketik ‘Camera’ di kotak pencarian yang diatas untuk mempermudah.

Cara Rekam Video di iPhone dengan kualitas 4K

Ketiga : Pada menu Camera, ketuk Record Video.

Keempat : Pada menu Record Video, pilih kualitas video 4K at 24 fps, 4K at 30 fps, atau 4K at 60 fps.

Seperti yang saya sudah singgung sebelumnya, rekam video dengan kualitas 4K akan memakan ruang memori yang cukup besar. Jika kamu memiliki keterbatasan pada hal tersebut, maka saran saya kamu dapat menggunakan Flash Disk USB OTG untuk iPhone yang telah banyak dijual di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dll. Untuk kisaran harga 150-400 ribu rupiah, tergantung pada kapasitas dari memori yang dimiliki flash disk tersebut.

Demikian tutorial singkat kali ini. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, bisa tuliskan pertanyaan anda di kolom komentar. Mohon share artikel ini agar kerabat anda dapat juga merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Masih mencari tips iPhone?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here