Cara Perbaiki VGA Onboard yang Rusak

0
333
VGA onboard bermasalah

Idearmanto.com – Apakah Anda sedang mencari solusi memperbaiki VGA onboard yang rusak? Jika Anda datang kesini dengan tujuan itu, maka sangat tepat. Ya kami di sini akan berikan cara perbaiki VGA onboard yang rusak. VGA onboard adalah VGA yang umumnya sudah tertanam langsung pada motherboard computer. Jenis VGA ini tidak akan dapat Anda lepaskan karena sudah menyatu dengan motherboard.

Pada dasarnya VGA onboard sangat jarang bisa dapat diperbaiki karena masuk dalam komponen hardware. Banyak service computer yang mendapatkan tugas untuk memperbaiki VGA onboard, namun mereka umumnya menyarakan kepada pelanggan untuk langsung menggantinya dengan yang baru saja atau memberikan solusi VGA tambahan di dalamnya.

Baca juga:

Hal buruk yang mungkin Anda belum tahu adalah Anda tidak mengetahui jenis VGA apa yang cocok untuk computer Anda. Untuk itu sebaiknya kenali dan cari tahu dulu jenis VGA apa yang telah tertanam di computer Anda sebelum menggantinya. Sama dengan artikel yang telah kami berikan sebelumnya tentang pembahasan memperbaiki VGA card yang rusak. Dimana kerusakan VGA akan menampilkan sebuah masalah ringan yang muncul pada layar monitor Anda akibat dari artifak.

Bahkan yang lebih parahnya lagi adalah computer Anda tidak dapat dihidupkan sama sekali. Umumnya jika kerusakan ini akan terjadi maka computer Anda akan menunjukan ciri-ciri VGA yang rusak. Sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk perbaiki VGA onboard yang rusak, maka Anda perlu untuk menganalisnya terlebih dahulu. Namun seblum masuk ke topik utama tentang pembahasan cara perbaiki VGA onboard yang rusak. Anda sebaiknya kenali lebih dahulu apa itu VGA onboard.

Apa itu VGA Onboard?

VGA onboard adalah istilah lain dari VGA card yang langsung tertanam pada system computer langsung di dalam motherboard. VGA jenis ini sangat umum di temukan pada computer dan menjadi salah satu perangkat keras yang dapat mentarsfer data sinya digital dari dalam CPU untuk menampulkan sebuah gambar pada layar computer kita. VGA onboard dan VGA card merupakan dua jenis VGA yang paling umum di gunakan hingga sekarang.

Perbedaannya sangat jelas terlihat dari keduanya, jika pada VGA onboard sudah tertanam pada motherboard sedangkan VGA card masih dapat dilepas. Untuk perbedaan lain yang tampak adalah pada performa kerja dari keduanya. Pada VGA onboard belum mempunya akselerasi pada hardware dan untuk VGA card memilikinya. Hal ini juga yang akan pengaruhi performa dari masing-masing VGA tadi yang akan menampilkan visual gambar pada layar computer. VGA card justru cenderung lebih pada performa grafis tinggi jika di bandingkan dengan VGA onboard.

Hal ini yang menjadi kendala juga bagi banyak orang, karena sebagian orang inginkan sebuah tampilan visual yang lebih baik sehingga mereka cenderung menggunakan VGA card dibandingkan dengan VGA onboard. Dengan performa yang lebih baik VGA card saat ini tetap menjadi pilihan nomer satu bagi kebanyakan orang, karena dapat memberikan kenyamanan untuk pekerjaan.

Nah di lihat secara keselurahannya bahwa VGA onboard memiliki performa yang jauh lebih rendah di bandingkan dengan fungsi VGA card. Pada VGA onboard hanya mampu jalankan fungsi dasar contohnya terjemahkan sinyal digital ke sinyal grafis dalam computer. Namun meskipun hanya mampu jalankan fungsi dasar, pada VGA onboard mampu untuk terima jumlah RAM degan kapasitas yang besar. Namun tetap tidak dapat melebihi kemampuan yang di miliki oleh VGA card.

Oleh sebab itu penggunaan VGA onboard tidak cocok untuk bermain video game dan jalankan software besar seperti 3D yang menampilkan visual grafis berkualitas tinggi. Hingga hari ini sudah banyak orang yang nonaktifkan penggunaan VGA onboard, karena mereka merasa kurang cocok dalam performa dan penggunaannya.

Nah itulah sedikit tentang penjelasan singkat apa itu VGA onboard. Sekarang Anda dapat menyimak bagaimana cara perbaiki VGA onboard yang rusak berikut ini.

Cara Perbaiki VGA Onboard yang Rusak

Ada 3 penyebab utama mengapa VGA onboard mengalami kegagalan atau kerusakan. Masalah ini terjadi karena adanya kegagalan sub sistem pada tampilan grafis yang ada pada VGA onboard tidak mampu untuk bekerja secara maksimal. Biasanya ini bisa terjadi akibat dari 3 masalah ini yaitu software, hardware, atau kontrol BIOSnya. Dari sekian banyak kasus yang ada, umumnya terjadi pada masalah hardwarenya. VGA onboard jika telah mengalami kerusakan dapat Anda perbaiki secara efektif dan sekalipun orang yang ahli dibidangnya.

Hal umum yang dapat Anda cepat tahu ketika VGA onboard akan rusak adalah adanya masalah pada hardware. Hal ini untuk Anda dapat mengembalikan motherboard VGA onboard yang bermasalah saat pembuatan atau Anda bisa menambahkan VGA card tambahan. Namun jika yang terjadi pada permasalahan di softwarenya Anda masih dapat mengatasinya. Nah ini umumnya terjadi pada kesalahan di pengaturan BIOSnya. Untuk perbaiki VGA onboard yang mengalami masalah pada BIOS Anda dapat melakukan reset CMOS di VGA onboard.

Complementary Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yaitu sebuah komponen yang ada dalam perangkat motherboard dan itu tertanam pada computer. CMOS memiliki fungsi yang sama seperti RAM dan ini khusus namum punya ukuran yang lebih kecil hanya 64 byte. CMOS dapat menyimpan pengaturan untuk BIOS saat computer Anda mati.

CMOS sendiri di dalam computer berfungsi untuk menyimpan semua informasi dasar seperti progam diagnose, progam konfigurasi, dan pengaturan informasi wkatu dan tanggal yang tidak data hilang meski computer dalam keadaan mati. Nah langsung saja jika Anda tidak sabar ingin tahu cara perbaiki VGA onboard yang rusak, silahkan simak ulasan kami berikut ini.

  • Sama dengan halnya Anda jika ingin bekerja menggunakan komponen pada perangkat computer,yaitu pastikanlah sumber daya listriknya yang ada di sana telah hilang. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara mencabut semua kabel yang menempel.
  • Apabila Anda sudah lakukan hal tersebut, sekrangan buka panel penutup yang menempel pada case CPU Anda.
  • Berikan tanpa pada lokasi dari tiga jumper untuk melakukan reset CMOS pada motherboard Anda.
  • Pada motherboard Anda biasanya akan memiliki 2 pin shorting jumer yang diberi label.
  • Sekarang lepaskan pin jumper shorting satu dan dua, selanjutnya Anda mengganti dengan jumper tadi ke pin dua dan tiga.
  • Kemudian Anda sekarang tekan tombol power di computer Anda. Hal ini dilakukan untuk membuat system yang ada pada computer Anda tidak akan menyala.
  • Sekarang Anda dapat lepaskan jumper yang akan Anda reset baik itu di pin dua tau di pin tiga. Selanjutnya gantilah pin tadi ke pin satu dan pin dua.
  • Maka hasilnya computer Anda akan meminta masukan setup dan Anda akan melihat pengaturan default computer. Sebaiknya Anda dapat memastikan pada setup wkatu dan tanggal yang di masukan dengan benar dan sesuai. Hal ini dikarenakan untuk melakukan proses pengaturan lainnya yang dihubungkan pada BIOS.

Itulah cara perbaiki VGA onboard yang bermasalah atau rusak. Apabila Anda telah melakukan reset CMOS ini maka tidak akan memberikan efek dan Anda juga tidak akan melihat apapun di layar computer Anda saat dihidupkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, terima kasih telah menyimak hingga akhir artikel kami di sini.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here