Cara Perbaiki VGA Card yang Rusak dengan Mudah

0
186
Cara Perbaiki VGA Card yang Rusak dengan murah

Idearmanto.com – Disini kami bertanya pada Anda, apakah pernah VGA card Anda mengalami kerusakan? Jika ya mari baca informasi lengkap yang kami tuliskan di sini. Sebenarnya VGA card yang mengalami kerusakan akan memunulkan sebuah tanda artifak di layar PC atau laptop Anda. Gambar artifak tersebut menunjukan bahwa ini merupakan tanda visual yang tampak pada layar computer kita.

Tanda tersebut dapat terlihat jelas seperti garis-garis aneh. Nah jika Anda temukan masalah seperti ini maka itu merupakan salah satu tanda kerusakan pada VGA Anda. Namun sebelum kita lanjutkan ke pembahasan utama, mari kita kenali lebih dekat terlebih dahulu apa itu VGA card.

Masuk di dunia modern seperti sekarang, penggunaan VGA menjadi sebuah standar tayangan grafis yang tetap diproduksi obelh beberapa pabrik kartu grafis PC. Akan tetapi Anda juga perlu tahu tentang jenis-jenis VGA card yang ada di dunia ini, karena setiap VGA card memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada pemakaian VGA kualitas yang lebih tinggi biasanya untuk kebutuhan computer bermain video game demi menampilkan kualitas gambar HD. Namun ada juga yang menggunakannya untuk kebutuhan pekerjaan, seperti desain grafis 2D dan 3D.

Baca juga:

Fungsi VGA card

Graphic card yakni sebutan lain dari VGA card serta mempunyai fungsi sebagai perangkat keras (hardware) yang dapat terjemahkan sebuah sinyal digital dari computer ke dalam layar monitor dengan tampilan grafis. VGA card (kartu VGA) ini menjadi salah satu komponen paling penting untuk monitor dan juga sebagai perangkat outpot dari PC (Komputer). VGA juga memiliki fungsi untuk pengguna bermain video game dengan tampilan visual HD yang lebih baik dan nyaman. Dengan desian grafis yang memiliki kualitas baik, maka pengguna akan lebih mudah melihat hasilnya seperti untuk urusan pekerjaan di desain grafis. Sekarang masuk ke era yang lebih modern VGA telah memiliki fitur Graphic Accelarator Chipset dan ini menjadi sebuah teknologi terbaru dari berbagai jenis-jenis VGA yang telah ada. Chipshet tersebut mampu untuk membuat akselerasi hingga menampilkan kualitas 3 dimensi (3D) pada sebuah tampilan grafis dan itu juga sudah terintegrasi dengan chipset.

Cara Perbaiki VGA Card yang Rusak

Saat Anda tahu bahwa tampilan layar monitor menampilkan gambar yang aneh, tentunya hal tersebut membuat Anda tidak suka bukan. Pastinya Anda mencari tahu apa penyebab dari kerusakan yang timbul di dalam layar monitor Anda. Hal ini di karenakan oleh VGA yang Anda miliki mengalami kerusakan. Kerusakan ini di akibatkan oleh tampilan visual artifak yang tidak bekerja dengan baik dan sempurna. Lalu apa saja tanda-tanda dari VGA yang rusak, mari simak lebih jelasnya di sini.

Ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaiki VGA yang rusak. Namun sebelum melanjutkannya ada baiknya untuk Anda melakukan pengecekan VGA card terlebih dahulu sebelum Anda memperbaikinya. Nah langsung saja baca dengan perlahan dan teliti langkah-langkah yang kami tuliskan berikut ini.

  • Untuk langkah pertama adalah anda harus melepaskan baut yang menempel dan juga heatsink di papan kartu grafis Anda.
  • Selanjutnya adalah bersihkan semua debu yang tertempel pada papan kartu grafis Anda. Anda dapat menggunakan kuas pembersih atau benda lainnya yang memiliki fungsi sama sebagai pembersih debu.
  • Lalu Anda perhatikan apakah ada pasta yang tertempel pada chip di papan kartu grafis Anda. Apa bila pasta tersebut telah terkikis habis, sebaiknya Anda bersihkan dahulu debu yang tertempel dan kemudian tambahkan kembali pasta pada papan kartu grafis Anda. Hal tersebut dapat membantu sebagai pendingin pada papan VGA dan akan kembali berjalan normal.
  • Setelah proses ini selesai, Anda dapat kembali pasangkan kipas dan papan VGA ke motherboard computer Anda.
  • Terakhir adalah Anda nyalakan kembali computer dan cek apakah VGA tersebut dapat berjalan dengan normal atau tidak. Namun jika VGA Anda masih tidak dapat bekerja dengan baik dan memunculkan tanda artifak coba gunakan cara lain di bawah ini.

Alternatif Cara Perbaiki VGA Card yang Rusak

Ada beberapa cara yang unik dan bisa dikatakan cukup terbilang ekstrime dari beberapa sumber yang ada di internet untuk memperbaiki VGA card yang rusak. Namun cara ini bisa dikatakan sebagai alternative ke dua setelah cara pertama yang kami bagikan tadi sebelum Anda mengganti yang baru. Sebenarnya cara ini hampir sama dengan langkah pertama tadi, Anda hanya perlu untuk membersihkan papan VGA card namun di sini menggunakan air deterjen dan kemudian keringkan. Sebelum melanjutkan kelangkahnya sebaiknya Anda baca dulu beberapa hal penting berikut ini.

  • Langkah ini merupakan salah satu cara untuk memperbaiki VGA card namun membersihkan komponen pada papan dan juga bersihkan semua kotoran yang ada pada kaki-kaki komponen papan VGA card.
  • Untuk di bilang aman dan bahayanya sebenarnya langkah ini tergantung pada bagaimana dalam proses pengeringan. Namun untuk memastikan lebih amannya maka Anda harus dapat pastikan bahwa semua komponen ang ada telah bersih dan itu benar-benar tidak ada kotoran yang kembali menempel sebelum Anda melakukan pemasangan.
  • Nah perlu Anda garis bawahi disini, bahwa tidak semua kerusakan VGA card yang terjadi harus Anda perbaiki menggunakan cara ini. Karena cara ini juga memiliki resiko yang cukup tinggi kegagalannya. Mungkin hanya faktor keberuntungan yang dapat selamatkan ini.

Langsung Saja Berikut Ini adalah Alternatif Cara Perbaiki VGA Card yang Rusak :

  • Untuk yang pertama Anda wajib membersihkan papan VGA card terlebih dahulu. Sama dengan langkah di atas yang sudah kami tuliskan tadi. Jangan sampai ketinggalan untuk lepaskan fan dari heatsink, karena jika ini tidak dilepaskan maka bagian tersebut akan terendam air dan mungkin akan rusak.
  • Selanjutnya adalah membuka papan VGA dan Anda lanjutkan dengan merendam papan VGA tadi ke dalam ember yang sudah anda beri campuran air deterjen. Masukan seluru bagian papan VGA tadi hingga terendam air semua.
  • Tunggu kira-kira hingga 15 menit lamanya.
  • Apabila waktu tersebut telah berakhir, sekarang Anda harus melakukan proses pembersihan papan VGA dengan cara menggosok hingga semua bagian yang ada bersih total.
  • Kemudian Anda bilas dengan air bersih papan VGA tadi.
  • Yang tidak boleh ketinggalan di sini adalah Anda jangan sampai lupa untuk bersihkan juga bagian heatsink fan di papan VGA menggunakan langkah yang sama tadi.
  • Setelah itu bilas juga heatsink fun VGA tersebut dengan air bersih.
  • Sebaiknya gunakan pengering komponen menggunakan hair dryer rambut. Namun jika Anda tidak punya alat ini, maka Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari, tetapi pastikan bahwa semua komponen yang ada telah kering semua.
  • Jika Anda menggunakan pengering hair dryer pastikan Anda dapat megarahkan ke bagian chip berwana hitam atau bagian chipset VGA hingga benar-benar kering.
  • Setelah proses pengeringan selesai, pastikan ulang untuk mengecek kembali apakah sudah kering semua sebelum Anda pasang kembali. Tambahkan juga thermal paste kedalam permukaan chipset VGA pada saat Anda akan memasangnya.
  • Terakhir rakit kembali semua komponen yang Anda lepas tadi ke papan VGA. Nyalakan computer Anda dan lihat hasilnya apakah masih ada tanda artifak atau tidak. Jika sudah hilang maka Anda telah berhasil, namun jika sama saran terakhir kami ada Anda harus mengganti yang baru.

Terima kasih telah berkunjung di sini, semoga dengan adanya informasi dari kami tentang cara perbaiki VGA card yang rusak dapat menambah pengetahuan Anda.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here