Cara Merekam Zoom Meeting di iPhone atau iPad

0
55
Cara Merekam Zoom Meeting di iPhone atau iPad

Cara Merekam Zoom Meeting di iPhone atau iPad – Di situasi seperti saat ini banyak orang yang tidak dapat bertemu secara langsung baik pertemuan formal maupun non formal. Istilah work from home atau bekerja dari rumah pun makin sering kita dengar akhir-akhir ini. Aplikasi Zoom seakan menjawab tantangan dari permasalahan komunikasi jarak jauh antar orang perorangan. Saat ini Zoom telah digunakan tidak hanya orang yang bekerja kantoran namun juga antar mahasiswa dan dosen atau antar guru dan murid-muridnya.

Baik kamu pengguna Zoom pada komputer atau iOS, fitur-fitur yang ada pada Zoom lebih banyak dibandingkan aplikasi sejenisnya. Kamu dapat merekam pertemuan virtual di Zoom dalam bentuk video dengan iPhone atau iPad sebagaimana kamu juga dapat melakukannya di komputer. Hal seperti inilah yang membuat Zoom menjadi pilihan banyak orang saat ini untuk memudahkan aktivitas pekerjaan mereka.

Untuk iPhone saya juga pernah membahas beberapa hal ini:

Ketentuan untuk Merekam Zoom Meeting di iPhone atau iPad

Ketika teman-teman ingin merekam ada aplikasi Zoom di iPhone atau iPad, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan.

Pertama, kamu tidak dapat merekam Zoom meeting lalu menyimpannya secara offline di iPhone atau iPad kamu. Satu-satunya cara supaya kamu dapat membuka hasil rekaman zoom meeting adalah dengan menyimpannya di Zoom cloud.

Kedua, rekaman melalui Zoom cloud hanya dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki lisensi atau licensed users. Licensed users hanya dapat dimiliki oleh Host atau co-Host Zoom meeting teman-teman sekalian. Maka dari itu hanya kedua kategori itulah yang dapat merekam Zoom meeting kamu.

Nah sampai disini ada baiknya teman-teman sekalian berunding satu sama lain untuk memiliki akun lisensi jika ingin zoom meeting-nya dapat direkam. Saya lihat ada beberapa penjual di marketplace seperti Shopee dan Blibli yang menjual lisensi Zoom meeting, mungkin teman-teman dapat membelinya disana dan mendapatkan harga terbaik.

Baca Juga:  Cara Convert Youtube ke Mp3 Langsung dari Iphone Anda Secara Gratis

Jika si Host meeting memiliki lisensi akun, maka dia dapat menunjuk peserta Zoom meeting untuk menjadi co-Host yang nantinya juga dapat merekam pertemuan virtual-nya melalui Zoom cloud dan sebagai co-Host kamu tidak memerlukan lisensi akun dalam artian sebagai free user kamu sudah bisa merekam Zoom meeting ini baik itu di komputer atau iPhone dan iPad.

Lalu Bagaimana Cara Merekam Zoom Meeting di iPhone atau iPad?

Setelah kamu mengetahui syarat-syarat untuk merekam Zoom meeting seperti yang dijelaskan diatas, maka untuk berikutnya saatnya kamu mengikuti langkah-langkah sederhana yang ada dibawah:

Pertama, setelah kamu baru memasuki atau join dalam suatu Zoom meeting maka kamu ketuk tombol ‘More’ yang ada di pojok kanan bawah dengan ikon tiga titik.

Kedua, pada layar berikut akan muncul beberapa pilihan. Ketuk tombol ‘Record to the Cloud’ dan proses rekam Zoom meeting akan dimulai. Proses rekaman sini sudah meliputi video, audio, dan percakapan yang terjadi selama Zoom meeting berlangsung.

Ketiga, untuk fungsi pause atau stop rekaman kamu dapat mengetuk pilihan Recording yang ada di pojok kiri atas layar kamu. Setelahnya akan muncul 2 tombol pilihan untuk Pause dan Stop. Tombol Pause dan Stop juga bisa kamu temukan dengan mengetuk tombol ‘More’ kembali seperti pada langkah pertama sebelumnya.

Keempat, setelah kamu memberhentikan proses rekaman dalam selang beberapa menit hasil rekaman akan tersimpan di Zoom web portal dan Host Zoom meeting kamu akan mendapatkan email yang berisikan link hasil rekaman Zoom meeting yang tadi.

Nah itulah tadi salah satu fitur unggulan dari aplikasi Zoom yang dimana fitur ini tidak dapat kita temukan pada aplikasi sejenisnya.

Jika bermanfaat jangan lupa untuk share artikel ini ya. Sekian dan terima kasih.

Silakan lihat tips iPhone lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here