Cara Menyimpan Video YouTube Ke Galeri Smartphone

0
116

Cara Menyimpan Video YouTube Ke Galeri Smartphone Praktis Tanpa Ribet – Tidak dapat dipungkiri, saat ini Youtube telah berubah menjadi sumber hiburan utama bagi sebagian besar masyarakat khususnya generasi muda. Hal ini dikarenakan situs ini menyediakan jutaan video dengan berbagai tema mulai dari kecantikan, hiburan, musik hingga video-video aneh yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Dengan begitu banyak video menarik yang bisa diakses secara gratis maka tidak heran banyak pengguna yang menggemari Youtube bahkan hingga menyimpan videonya ke gawai masing-masing.

Sayangnya, belum banyak orang terutama generasi yang lebih tua tahu bagaimana cara menyimpan video Youtube ke galeri smartphone/gawai masing-masing sehingga sering membuat mereka menghabiskan data lebih banyak untuk menonton video berulang-ulang.

Sebelumnya kita telah membahas :

Daftar Isi

Cara Menyimpan Video Youtube ke Galeri Menggunakan Aplikasi Resmi

Dengan jumlah video yang mencapai jutaan, pihak Youtube sangat memahami jika banyak penggunanya yang ingin menyimpan/mengunduh video di Youtube ke dalam perangkat mereka. Setidaknya terdapat 2 cara  menyimpan video Youtube ke galeri yaitu dengan menggunakan aplikasi resmi dan tanpa aplikasi. Perlu Anda ketahui, jika Anda menggunakan cara pertama Anda hanya bisa melakukannya melalui aplikasi yang umumnya sudah terpasang pada smartphone Android atau Iphone yang Anda miliki. Jika Anda penasaran berikut langkah-langkah menyimpan video Youtube ke galeri lengkap dengan segala hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Tentukan video yang ingin disimpan

Setelah Anda menentukan video yang ingin disimpan, Anda tinggal menekan tombol Download yang berada pada bagian bawah judul video. tombol tersebut memiliki gambar berupa lingkaran dengan anak panah yang menuju kearah bawah.

Cara Menyimpan Video YouTube Ke Galeri Smartphone

2. Menunggu hingga proses selesai

Ketika Anda menekan tombol Download maka secara otomatis video Anda akan segera tersimpan. Proses penyimpanan ditandai dengan adanya tulisan Downloading serta gambar anak panah yang berubah warna menjadi biru. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu hingga proses penyimpanan selesai. Jika ingin melihat proses unduhan maka Anda tinggal mengetuk opsi View.

Setelah prosesnya selesai, video tersebut sudah bisa Anda tonton offline secara gratis selama 30 hari penuh.  Setelah lewat 30 hari, maka Anda harus mengulangi proses penyimpanan lagi agar bisa menonton video tersebut secara offline.

Cara Menyimpan Video YouTube Ke Galeri Smartphone

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua video bisa disimpan dan ditonton secara offline menggunakan aplikasi yang tersedia. Karena alasan hak cipta, beberapa video terutama video musik, film dan beberapa video yang berkaitan dengan hak cipta lainnya tidak bisa Anda simpan sembarangan karena konten tersebut secara resmi telah dilindungi hukum. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Masih ada cara menyimpan video Youtube ke galeri menggunakan fitur Youtube premium. Dengan fitur tersebut. Anda bisa menyimpan berbagai video musik secara resmi dengan opsi pembayaran.

Cara Menyimpan Video Youtube ke Galeri tanpa Aplikasi Khusus

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa menyimpan video Youtube tanpa aplikasi tambahan. Dengan cara ini, Anda tidak hanya bisa menyimpan video Youtube di galeri smartphone saja namun juga di komputer atau laptop. Caranya juga sangat praktis, Anda hanya perlu jaringan internet yang stabil untuk melakukannya. Berikut cara menyimpan video Youtube ke galeri tanpa menggunakan aplikasi.

1. Mengkopi URL video Youtube

Setelah Anda menentukan video mana yang ingin disimpan langkah selanjutnya adalh mengkopi URL video tersebut kemudian membuka situs SaveFrom.net. Pada salah satu tombolnya terdapat pilihan menu Share yang ada di bawah judul video lalu kemudian pilih menu Copy link  untuk menyalin URL tersebut ke clipboard smartphone Anda.

2. Buka situs SaveFrom.net

Sebenarnya selain situs tersebut terdapat beberapa situs yang memberikan layanan serupa. Namun situs SafeFrom.net ini lebih dikenal karena praktis digunakan. Fitur-fiturnya pun cukup lengkap dan mudah dipahami. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan berbagai video dari situs lainnya selain Youtube. Anda hanya tinggal menempelkan URL dari video yang ingin disimpan tadi ketempat yang sudah tersedia lalu tunggu prosesnya hingga selesai.

3. Simpan video ke galeri

Setelah menempelkan URL, Anda akan diberi berbagai pilihan format video serta resolusi yang bisa Anda pilih. Untuk menyimpan video tersebut ke galeri Anda maka Anda hanya perlu mengklik tombol Unduh dan secara otomatis video tersebut akan tersimpan ke perangkat Anda. Jika Anda menggunakan SaveFrom.net di komputer, maka biasanya video akan berada dalam file hasil download dan harus dipindah ke file atau perangkat lain agar tidak mudah hilang.

Biasanya waktu untuk menyimpan 1 buah video sekitar 5 menit saja tergantung durasi video serta kualitas video yang diinginkan. Semakin lama durasi dan semakin tinggi kualitas video yang diinginkan maka waktunya bisa semakin lama. Oleh karena itu, pastikan sinyal internet Anda stabil dan tidak mudah hilang.

Perlu Anda ingat jika cara ini harus digunakan secara bertanggung jawab.hal ini dikarenakan metode ini bisa digunakan untuk menyimpan video yang tidak bisa disimpan menggunakan aplikasi resmi Youtube atau dengan kata lain video yang memiliki hak cipta. Sebaiknya pergunakan metode ini hanya untuk kepentingan pendidikan atau pembelajaran dan jangan menyalahgunakan cara ini untuk mencuri hasil karya orang lain.

Ikut berkontribusi bagi komunitas Youtube

Selain menyimpan video secara gratis, Anda juga sangat disarankan untuk berkontribusi terhadap komunitas Youtube dengan berbagai cara yang mampu Anda lakukan. Salah satu yang paling populer adalah memberikan terjemahan atau subtitle pada video-video di Youtube.

Mellaui terjemahan tersebut, Anda akan membantu para penonton yang memiliki masalah pendengaran agar bisa menikmati video di Youtube dengan lebih baik. Selain itu, usahakan untuk memberikan komentar yang bernada positif baik kepada content creator selaku pemilik saluran di Youtube maupun ke penonton lain. Komentar-komentar positif akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan komunitas Youtube di masa yang akan datang.

Selain itu, Anda juga bisa berkontribusi dalam melaporkan video yang tidak sesuai dengan ketentuan Youtube seperti video berisi kekerasan, pelecehan hingga berita hoax. Bagi Anda pecinta musik, Anda bisa ikut berkontribusi untuk melaporkan video-video yang dianggap melanggar hak cipta sehingga bisa segera ditangani.

Di era dengan keterbukaan informasi seperti sekarang ini, terlalu banyak informasi yang beredar justru bisa memicu kebingungan di masyarakat. Salah satu contohnya adalah banyaknya berita hoax atau miss informasi tentang pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini. Dengan kontribusi Anda sebagai pengguna Youtube maka Anda berkesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan edukasi dan pemahaman bagi orang lain terutama orang-orang yang masih awam di internet seperti anak-anak dan orang tua.

Kedua kelompok usia tersebut dinilai rentan terpapar informasi menyesatkan yang bisa menimbulkan efek negatif bagi perkembangan otak serta perilaku di dunia nyata. Sudah banyak terjadi kasus dimana pengguna Youtube mengalami beberapa kerugian akibat kesalahan informasi yang disampaikan oleh para konten creator yang tidak bertanggung jawab. Bahkan beberapa diantaranya sampai menjalani perawatan akibat luka yang cukup serius. 

Artikel lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here