Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Root

0
132
Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Root

Idearmanto.com – Bagi pengguna Android, pasti memanfaatkan perangkat ini dengan menggunakan berbagai aplikasi untuk keperluan. Akan tetapi, terdapat aplikasi pribadi dimana orang lain tidak boleh melihatnya. Salah satunya mengenai keamanan privasi saat Android dipinjam oleh teman maupun keluarga. Berikut ini Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Root :

Menggunakan Sistem Setting

Saat membeli Smartphone, biasanya terdapat aplikasi bawaan pabrik yang kadang kala tidak dibutuhkan oleh pengguna. Namun, aplikasi tersebut tidak bisa dihapus atau di uninstall. Solusinya cukup mudah, hanya melakukan disable pada aplikasi tersebut. Cara satu ini cukup tergolong cara menyembunyikan aplikasi dari smartphone yang paling dasar, sebab langkah-langkahnya mudah diikuti dan tidak rumit. Sebab secara umum, setiap smartphone dilengkapi dengan fitur penyembunyi aplikasi.

  • Caranya, buka menu Setting lalu pilih Apps jika di jendela pengaturan atau setting terdapat sejumlah menu, maka pilih menu perangkat atau Devices terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, pilih Application Manager dan tekan tab All. Jika sudah selesai, buka aplikasi tersebut yang akan disembunyikan dan pilih tombol Disable.
  • Namun perlu diingat, melakukan disable pada aplikasi maka semua versi update aplikasi yang pernah didownload akan hilang.
  • Dengan cara ini, maka aplikasi yang sudah disembunyikan tidak akan muncul di homescreen.

Baca juga:

Menggunakan Microsoft Launcher

Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Root
credit: play.google.com

Untuk menyembunyikan aplikasi bukan bawaan pabrik, maka dapat menggunakan aplikasi Microsoft Launcher. Langkah pertama adalah mendownload aplikasi Microsoft launcher terlebih dahulu di Google Play Store yang memiliki kapasitas memori sebesar 32 MB dan aplikasi ini berjalan pada sistem Android minimum 4.2.

  • Setelah proses download aplikasi selesai, buka aplikasi dan tekan tombol titik tiga yang terdapat di menu utama, lalu pilih tab Hidden Apps.
  • Di menu ini akan menampilkan aplikasi-aplikasi yang sudah disembunyikan, untuk menambah daftar aplikasi yang akan disembunyikan maka pilih tombol Hide Apss yang terletak disebelah kanan aplikasi.
  • Namun, jika ingin mengembalikan aplikasi ke dalam mode tidak tersembunyi, cukup tekan tombol Unhide.

Menggunakan Nova Launcher

Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Root
credit: play.google.com

Menggunakan aplikasi ini terbilang cukup unik, sebab pengguna dapat mengganti nama dan ikon aplikasi yang akan disembunyikan sehingga orang lain tidak curiga.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah download aplikasi ini di Google Play Store dengan ukuran memori sebesar 7.5 MB.
  • Selanjutnya, memilih aplikasi yang akan diubah namanya dan tahan lama, lalu pilih menu Edit.
  • Ubah nama aplikasi dengan nama yang dikehendaki, namun untuk menyakinkan pengguna perlu mengganti ikon dengan cara klik pada gambar ikon.
  • Secara otomatis akan muncul opsi Built in yang berfungsi untuk menggunakan ikon dari aplikasi yang terdapat pada smartphone atau galeri aplikasi.
  • Pilih ikon yang sesuai dengan nama aplikasi, setelahnya pengguna cukup menekan tombol Done.

Menggunakan Apex Launcher

Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Root
credit: play.google.com

Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Root dapat menggunakan aplikasi Apex Launcher yang tersedia di Google Play Store dengan kapasitas memori 11 MB. Caranya tidak berbeda dengan aplikasi Microsoft Launcher.

  • Buka aplikasi Apex Launcher, untuk menyembunyikan aplikasi tahan lama pada layar muka.
  • lalu buka menu pengaturan atau Setting dan pilih menu Hidden Apps.
  • Selanjutnya, pilih tombol Add Hidden Apps.
  • Pengguna cukup mencetang aplikasi-aplikasi yang akan disembunyikan dari menu utama.

Itulah Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Root yang dapat dilakukan dengan mudah di smartphone sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat orang lain meminjam smartphone tanpa mengakses aplikasi privat.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here