Cara Mengurangi iPhone Storage dengan Menghapus Data WhatsApp

0
115

Cara Mengurangi iPhone Storage dengan Menghapus Data WhatsApp – Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa WhatsApp merupakan aplikasi sosial media yang paling populer saat ini. Bahkan pada tahun 2014 lalu, Facebook berhasil mengakuisisi aplikasi layanan messaging satu ini.

Tidak hanya di iPhone, WhatsApp hampir berada disemua smartphone modern. Hal yang tidak banyak diketahui oleh orang banyak adalah WhatsApp salah satu aplikasi yang ‘memakan’ cukup banyak memori penyimpanan atau storage. Terutama jika kamu sering memiliki banyak pesan atau chat secara personal maupun yang ada di grup.

Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahasa mengenai :

Jika anda seperti saya yakni sebagai pengguna iPhone yang storage-nya dipenuhi oleh aplikasi Photos pada peringkat pertama lalu disusul oleh WhatsApp, maka kamu bisa ikuti cara yang akan dipaparkan dibawah. Saya yakin banyak chat yang berisikan ‘Documents & Data’ yang tidak anda butuhkan lagi pada iPhone anda.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membantu anda untuk mengurangi beban storage yang berfokus pada Documents & Data yang dikonsumsi oleh WhatsApp.

Cara Mengurangi iPhone Storage dengan Menghapus Documents & Data WhatsApp

Mari kita simak bersama bagaimana kita dapat mengurangi storage dengan menghapus Documents & Data yang menumpuk pada WhatsApp :

Pertama. Buka aplikasi WhatsApp di iPhone kamu.

Kedua. Ketuk tombol menu Settings yang terletak di pojok kanan bawah.

Cara Mengurangi iPhone Storage dengan Menghapus Data WhatsApp

Ketiga. Ketuk tombol Data and Storage Usage.

Cara Mengurangi iPhone Storage dengan Menghapus Data WhatsApp

Keempat. Kemudia kamu ketuk pilihan paling bawah yakni Storage Usage.

Kelima. Pada menu Storage Usage kamu dapat melihat daftar dari semua chat baik dari chat pribadi maupun grup. Disisi sebelah kanan kamu akan melihat jumlah total berapa besar dari ukuran Documents & Data yang terkandung pada chat kamu dengan kontak yang ada.

Keenam. Ketuk chat yang ingin kamu hapus kontennya. Kemudian pada halaman berikutnya terdapat informasi mengenai ukuran storage dari Text, Contacts, Locations, Photos, GIFs, Videos, dll. Ketuk tombol manage yang berada di paling bawah. Selanjutnya kamu akan diberi opsi untuk memilih apa saja jenis konten yang ingin kamu hapus dari chat tersebut. Jika sudah melakukan checklist, ketuk tombol Clear yang ada di paling bawah.

Cara Mengurangi iPhone Storage dengan Menghapus Data WhatsApp

Langkah keenam diatas merupakan langkah terakhir untuk artikel tutorial kali ini. Kamu dapat mengikuti kembali langkah keenam untuk mendapatkan storage yang lebih banyak pada iPhone kamu.

Jika telah selesai, kamu dapat mengecek kembali seberapa besarnya storage yang kamu miliki dengan cara membuka menu Settings kemudian General dan ketuk tombol iPhone Storage.

Hal semacam diatas bisa kamu rutinkan untuk membuat storage iPhone tidak mudah kehabisan. Satu hal yang perlu diingat adalah ketika kamu menghapus konten chat dari WhatsApp maka konten tersebut akan hilang secara permanen. Jadi harap pertimbangkan dengan baik, chat mana yang benar-benar kamu ingin hilangkan.

Demikian artikel singkat yang saya buat, semoga bermanfaat bagi kamu yang selama ini kebingungan mengapa iPhone kamu sering kehabisan storage. Terima kasih dan sukses selalu!

Artikel Lainnya yang Kamu Sukai :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here