Cara Mengubah Tampilan LaunchPad untuk Memudahkan Anda Membuka Aplikasi pada Mac

0
184
fitur hidden launchpad

Cara Mengubah Tampilan LaunchPad Pada Mac – Jika teman-teman pengguna Mac baik itu MacBook Air, MacBook Pro, iMac, iMac Pro, dsb tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur Launchpad yang ada di sistem operasi macOS. Jika anda pemakai pemula atau yang masih belum tahu, Launchpad adalah sebuah fitur yang memudahkan anda untuk mengakses kumpulan aplikasi yang terinstall di Mac anda, biasanya kita temukan pada area dock Mac anda dengan icon seperti pesawat roket. Anda bisa melihat gambarnya dibawah.

Namun jika anda memiliki aplikasi yang banyak, membuka Launchpad yang ada di dock bukanlah hal yang terlalu menyenangkan karena anda akan terus melakukan scroll untuk mendapatkan aplikasi yang ingin anda buka, belum lagi jika anda lupa dengan icon aplikasinya.

Baca juga:

Tidak hanya pengguna baru Mac akan tetapi pengguna Mac lama pun banyak yang tidak mengetahui mengatasi masalah yang ada diatas dengan fitur hidden Launchpad sehingga kita dapat mengubah tampilan Launchpad pada Mac yang merepotkan sebelumnya.

Cara Membuka Tampilan Menu Launchpad yang Lebih Efisien

Pertama-tama anda dapat mengakses menu Launchpad yang ada di Dock dengan mouse atau trackpad. Namun jika pada biasanya anda hanya mengklik icon menu launchpad yang seperti sudah saya sebutkan diatas lalu melepaskannya, kali ini kamu klik+tahanĀ iconnya sampai menu Launchpad akan muncul. Anda akan melihat perbedaan dari menu Launchpad sebelumnya, kini menu Launchpad berbentuk List vertikal dan anda juga bisa mengakses dari folder yang ada pada aplikasinya. Bagi anda yang familiar dengan sistem operasi keluaran Windows, list menu vertikal ini mirip dengan Start Menu-nya Windows.

Untuk membuka folder dari aplikasi yang ada, arahkan pointer mouse ke aplikasi tersebut maka anda akan melihat menu baru yang ada disebelahnya. Sangat mudah bukan? anda hanya perlu melihat tulisan dari aplikasi yang akan anda pilih tanpa harus mengingat-ingat icon dari aplikasi tersebut dan harus scroll atau menggeser beberapa halaman karena aplikasi yang anda miliki berjumlah banyak. MacOS juga memudahkan anda dengan menyusun atau mengurutkan aplikasi-aplikasi yang ada berdasarkan hurup alfabet pertama dari nama aplikasi tersebut.

Demikian pembahasan singkat kali ini mengenai Cara Mengubah Tampilan LaunchPad, Apakah anda sudah mengetahui akan hal ini? Lalu, apakah anda lebih memilih tampilan standar dari Launchpad yang anda ketahui selama ini atau anda lebih nyaman dengan tampilan yang baru yang sudah saya sebutkan caranya diatas?

Silakan isi pendapat anda di kolom komentar yang ada dibawah, semoga artikel sederhana ini membawa manfaat bagi anda semua dan jika anda ingin berbagi dan men-support blog saya ini, anda bisa melakukannya dengan menekan tombol share beberapa media sosial yang sudah saya siapkan dibawah, sekian dan terima kasih. Artikel ini terinspirasi oleh artikel yg di publish ioshacker.com dengan ditambah beberapa perubahan dan sumber lainnya.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here