Cara Mengubah Folder Penyimpanan Screenshots di Laptop MacBook

0
188
cara screenshots mac

Cara Mengubah Folder Penyimpanan Screenshots di Laptop MacBook – Saya rasa sebagian besar dari kita pengguna Mac baik itu MacBook, MacBook air, MacBook Pro, iMac, iMac Pro dan sebagainya sudah mengetahui bagaimana caranya untuk melakukan Screenshot pada sistem operasi Mac karena memang sangat mudah. Hanya dengan menekan pada tombol keyboard Shift > Command (⌘) > 5 pada macOS Mojave untuk me-Screenshot dalam bentuk gambar dan merekam aktivitas pada Mac anda.

Namun bagi anda yang belum tahu, dengan cara tersebut juga anda diberikan control atau pilihan seperti “Capture Entire Screen”, “Capture Selected Windows”, “Capture Selected Portion”, “Record Entire Screen” dan “Record Selected Portion”.

Capture Entire Screen adalah sebuah opsi jika anda menginginkan tangkapan layar utuh dari layar mac yang anda bisa lihat sekarang. Untuk Capture Selected Windows, opsi ini akan menangkap satu layar utuh dari aplikasi yang sedang aktif saja, sedangkan pilihan Capture Selected Portion hanya sebatas garis kotak yang anda arahkan.

Baca juga:

Pada bagian Video, Mac memiliki dua opsi yakni Record Entire Screen dan Record Selected Portion. Sesuai dengan namanya Record Entire Screen berfungsi untuk merekam aktivitas anda pada keseluruhan area layar dan merubahnya dalam bentuk video sedangkan Record Selected Portion memungkinkan anda untuk merekam aktivitas sesuai dengan porsi layar yang anda inginkan atau pada sebatas garis kotak yang ada.

Lalu Bagaimana Cara Mengubah Folder Penyimpanan Screenshots di Laptop MacBook?

Secara default ketika anda melakukan screenshot pada Mac anda, hasil dari screenshot tersebut tersimpan pada folder “Desktop”. Banyak pemula bahkan pengguna Mac lama pun tidak tahu bahwa folder penyimpanan screenshots bisa diubah maka dari itu terbesit di benak saya untuk membuat artikel sederhana ini.

Tanpa panjang lebar lagi saya akan jelaskan caranya. Ada dua cara untuk mengubah folder penyimpanan screenshots, cara ini tergantung pada versi macOS yang anda miliki saat ini.

Cara Mengubah Folder Penyimpanan Screenshots di macOS Mojave

Cara ini khusus untuk anda yang sudah menginstall sistem operasi terbaru yakni macOS Mojave. Jika iya, yuk ikuti langkah-langkah berikut:

Tekan tombol Shift > Command (⌘) > lalu klik pada bagian kanan yang terdapat pilihan “Options” disebelah kiri “Record”. Kemudian pada list “Save to” akan ada pilihan folder-folder yang bisa kamu tuju sebagai tempat penyimpanan atau folder seperti Desktop, Documents, Clipboard, Mail, Messages, Preview. Jika anda ingin menyimpan selain dari nama-nama folder yang ada tadi, silakan pilih Other Location dan akan dapat menentukan di folder mana hasil screenshot anda akan disimpan.

Lalu Bagaimana Cara Mengubah Folder Penyimpanan Screenshots di macOS Versi Lama?

Cara ini lebih rumit dibandingkan cara sebelumnya dikarenakan anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu yaitu Lightshot Screenshot , maka dari itu saya sangat menyarankan anda untuk update macOS anda ke versi yang paling baru. Disaat penulisan artikel ini, macOS yang paling baru adalah macOS Mojave versi 10.14.1.

Jika anda tetap nyaman dengan macOS yang ada, maka ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama-tama download aplikasi Lightshot Screenshot, anda bisa mengunduhnya disini. Kemudian ketika sudah selesai mengunduh, install aplikasi Lightshot Screenshot. Lalu buka aplikasi-nya dan tekan tombol Shift > Command (⌘) > 9. Untuk mengambil screenshot Drag area yang kamu ingin tangkap, jika sudah lepas maka akan muncul banyak opsi berupa tombol-tombol, namun yang anda piliha adalah tombol dengan icon Save seperti yang saya lingkari pada gambar dibawah.

Kemudian akan muncul Save Dialog, anda bisa mengganti nama gambar hasil screenshot dan pada pilihan “Where” anda bisa mengganti folder penyimpanan screenshot.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Cara Mengubah Folder Penyimpanan Screenshots di Laptop MacBook, semoga bermanfaat ya.

Adakah dari teman-teman yang sudah berhasil mempraktekan cara diatas? Jika menemukan kendala bisa beritahu saya di kolom komentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here