Cara Mengirimkan Video Berukuran Besar dari iPhone

0
98
Cara Mengirimkan Video dengan Airdrop

Idearmanto.com – iPhone memang memiliki hasil rekaman video yang sangat baik dan berkualitas tinggi, namun yang jadi permasalahan adalah video dengan kualitas tinggi tersebut memiliki ukuran yang tidak kecil. Saya yakin anda sering kebingungan dengan bagaimana cara mengirimkan video berukuran besar dari iPhone dengan cepat?

Apapun alasan anda untuk memindahkan suatu atau beberapa video dari iPhone, baik itu dengan alasan karena memori anda yang hampir penuh atau bisa jadi anda ingin melakukan backup ini dengan MacBook yang ada atau secara online, yang jelas dengan artikel ini yang akan membahas cara berbagi video di iPhone ke perangkat yang anda tuju atau pilih tidaklah sesulit yang anda bayangkan.

Jika anda telah mencoba membagikan video berukuran besar(biasanya berdurasi lebih darii 2 menit) ke orang yang anda tuju maka akan muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa video anda perlu dipotong atau dikecilkan ukurannya(kompres).

Batasan yang diberikan oleh iPhone untuk anda mengirimkan video melalui email hanya sebesar 20 MB. Namun jangan khawatir, beberapa cara yang akan saya sampaikan dibawah membuat anda bisa mengatasi batasan tersebut tanpa harus menyunting(edit) dan bisa dengan full resolusi serta tanpa kehilangan satu detik pun.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita simak penjelasannya :

Cara Mengirimkan Video Berukuran Besar dari iPhone dengan AirDrop

Pertama, Dekatkan iPhone dengan perangkat yang ingin dituju, kali ini saya akan mencotohkan dengan MacBook.

Kedua, Kita akan ubah pengaturan AirDrop yang ada di masing-masing perangkat baik sebagai penerima dan juga sebagai pengirim

Pada iPhone anda :

  • Buka menu Settings, lalu General, lalu tekan AirDrop. Jika sudah, anda bisa pilih Contacts Only atau Everyone.Cara Mengirimkan Video Berukuran Besar dari iPhone

Pada MacBook anda :

  • Cari halaman AirDrop dengan menggunakan fitur Spotlight atau bisa juga menggunakan aplikasi Finder, jika teman-teman menggunakan Windows sebelumnya, Finder adalah windows explorer-nya MacOS. Lalu klik pada bagian Allow me to be discovered by, kemudian klik Contacts Only atau Everyone.Cara Mengirimkan Video Berukuran Besar dari iPhone

Ketiga, Buka aplikasi Photos di iPhone anda, kemudian pilih video dengan ukuran besar yang ingin anda kirimkan.

Keempat, Jika anda sudah membuka video yang dipilih, lihat tombol share yang ada dipojok bawah kiri. Kemudian klik tombol share tersebut.

Kelima, Akan ada halaman share yang muncul setelah menekan tombol share. Pada bagian Tap to Share with AirDrop, anda akan melihat daftar perangkat yang bisa menerima file video anda. Silahkan pilih perangkat yang anda tuju. Jika tidak muncul perangkat yang dituju maka tunggu beberapa saat lagi karena iPhone akan me-refresh nya secara otomatis.Cara Mengirimkan Video Berukuran Besar dari iPhone

Keenam, Proses transfer akan otomatis terjadi.Cara Mengirimkan Video Berukuran Besar dari iPhone

Jika sudah selesai, silakan anda cek folder Downloads pada MacBook anda, pada folder tersebut akan ada video yang sudah anda transfer dari iPhone.

Baca juga:

Cara Mengirimkan Video Berukuran Besar dari iPhone dengan Google Drive

Cara lainnya adalah anda bisa menggunakan Google Drive untuk mengirimkan video yang memiliki ukuran hingga lebih dari 2 GB. Anda bisa saja menggunakan seperti Dropbox, OneDrive, dll. Namun menurut saya Google Drive yang paling familiar di masyarakat kita karena mayoritas masyarakat sudah memiliki akun Gmail yang bisa kita gunakan untuk mengakses Google Drive.

Google Drive menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Berikut langkah-langkah yang bisa anda coba untuk membagikan video dari iPhone anda :

Pertama, Download di App Store dan install Google Drive di iPhone anda jika anda belum memilikinya.

Kedua, Buka aplikasi Google Drive, lalu anda akan diminta untuk memasukan akun Gmail anda.

Ketiga, Klik tombol plus(+) yang ada dipojok kanan bawah.

Keempat, Tekan tombol Upload.

Kelima, Lalu pilih Photos and Videos.

Keenam, Anda akan masuk pada aplikasi Photos. Di halaman ini anda pilih folder Videos.

Ketujuh, Pilih dan tekan video yang ingin anda masukan ke Google Drive. Kemudian tekan tombol Upload.

Kedelapan, Proses upload video anda akan berlangsung.

Kesembilan, Jika telah selesai, pada halaman MyDrive, klik tombol elipsis seperti pada gambar dibawah.

Kesepuluh, Kemudian tekan pilihan Recent.

Kesebelas, Pada halaman Recent anda akan melihat video yang sudah di upload tadi berada di posisi paling atas. Tekan tombol tiga titik yang ada dipojok kanan video anda.

Keduabelas, Pilih Copy link maka link dari video anda akan tersalin.

Ketigabelas, Langkah terakhir yakni paste link tadi ke WhatsApp, Email atau apapun yang anda tuju agar mereka bisa mendownload dan melihat video tersebut.

Selamat kini anda telah bisa membagikan video iPhone dengan ukuran besar tanpa ribet. Artikel ini terinspirasi dari lifewire.com.

Demikian informasi 2 Cara Membagikan Video Berukuran Besar dari iPhone yang bisa anda praktekkan saat ini juga. Silakan share artikel ini jika anda merasakan manfaatnya dan jika ada kendala, silakan isi di kolom komentar dibawah. Sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here