Cara Menghilangkan Tombol Mikrofon pada Keyboard iPhone atau iPad Anda

0
242
Menghilangkan Tombol Mikrofon

Cara Menghilangkan Tombol Mikrofon pada Keyboard iPhone atau iPad Anda – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tombol mikrofon selalu muncul pada keyboard iPhone atau iPad baik kita sedang chat dan memasukan akun login serta aktivitas-aktivitas lainnya yang digunakan untuk mengetik. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas 10 Settings iPhone yang harus anda ubah agar anda dapat menikmati penggunaan iPhone secara maksimal yang sebelumnya belum pernah anda dapatkan.

Tombol mikrofon pada keyboard disini berfungsi agar kita bisa mengirimkan voice-to-text atau pesan suara kepada orang yang kita tuju. Namun sebagian besar orang jarang melakukan hal ini dan sering juga kita secara tidak sengaja menyentuh tombol tersebut dimana ini tentunya sangat mengganggu.

Jadi ada baiknya kali ini saya ingin membahas dengan bahasan sederhana yaitu Bagaimana cara menghilangkan tombol mikrofon pada keyboard iPhone atau iPad anda. Saya ingin menerangkan kepada anda bagaimana cara menghapus tombol tersebut dengan cara yang sangat mudah dan bisa anda praktekkan saat ini juga tanpa harus install aplikasi tambahan dan update iOS-nya terlebih dahulu.

Sebelum memasuki langkah ini, hal yang perlu diingat adalah jika anda menghapus tombol mikrofon iPhone atau iPad, anda juga tidak akan bisa menikmati fitur text-to-speech yang ada di iOS, jika anda belum tahu apa itu text-to-speech, text-to-speech merupakan sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk mengubah sebuah teks menjadi bentuk suara seperti yang biasa kita temukan pada Google Translate. Secara hemat saya, fitur ini sangat jarang sekali digunakan oleh pengguna iPhone atau iPad di Indonesia.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Tombol Mikrofon pada Keyboard iPhone atau iPad

Pertama-tama buka menu Settings pada iPhone atau iPad anda. Kemudian scroll ke bawah dan pilih menu General.

mikrofon pada iphone

Pada halaman menu General scroll ke bawah lagi dan pilih opsi Keyboard yang ada dibawah opsi Date & Time.

Pada halaman Keyboards terdapat bagian Dictation dan ada opsi Enable Dictation dalam keadaan ON atau menyala. Tekan tombolnya untuk menonaktifkan fitur ini. Lihat pada gambar untuk lebih jelasnya.

Selanjutnya akan muncul konfirmasi untuk menonaktifkan fitur ini, disini anda pilih Turn Off Dictation.

Menghilangkan Tombol Mikrofon

Voila! coba anda cek lagi sekarang pada bagian bawah keyboard sudah tidak terdapat lagi tombol keyboard yang selama ini mengganggu jika kita tidak pernah memakainya.

Menghilangkan Tombol Mikrofon

Jika suatu saat anda memutuskan ingin mengembalikan tombol mikrofon pada keyboard iPhone atau iPad anda, caranya gampang, anda bisa nyalakan kembali pilihan ON/OFF yang ada dibagian Enable Dictation sebelumnya. Artikel kali ini terinspirasi dari artikel yang telah di publish oleh OSXDaily dengan berbabagi tambahan dari sumber lain dan hasil pemikiran sendiri.

Demikian pembahasan singkat dari Cara Menghilangkan Tombol Mikrofon pada Keyboard iPhone atau iPad Anda. Semoga bermanfaat dan berikan komentar kalian di kolom komentar dibawah. Jangan lupa untuk selalu dukung blog ini dengan membagikan artikel ini ke media sosial kalian via tombol share yang ada dibawah. Sekian dan terima kasih.

Artikel lainnya:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here